by

Rekomendasi Channel Youtube Edukatif untuk Anak-Anak

Saat ini Youtube menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh orang dengan segala kalangan. Entah itu anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan orang tua banyak yang menggunakan aplikasi tersebut.

Hal ini bukan tanpa sebab, Youtube merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengunggah dan juga menonton video edukasi, hiburan dan lain sebagainya. Buat Bunda yang memiliki anak-anak yang masih kecil dan suka membuka Youtube, sebaiknya Bunda arahkan untuk menonton video yang edukatif.

Berikut ini rekomendasi channel Youtube edukatif, yang isinya video yang berkualitas yang bisa Bunda perlihatkan untuk anak-anak.

1. Nussa Official: Kisah Nusa si Anak yang Sholehah

Rekomendasi channel Youtube edukatif pertama untuk anak-anak ialah channel Nussa Official. Channel yang satu ini merupakan channel yang berisi kartun animasi yang sangat mengedukasi. Dengan dua tokoh utamanya, yaitu sepasang adik kakak yang bernama Nussa dan Rara.

Nussa merupakan seorang anak laki-laki yang berpakaian gamis lengkap dengan peci putihnya, sedangkan Rara yang merupakan adik dari Nussa, digambarkan sebagai seorang anak perempuan yang berusia lima tahun yang berpakaian gamis lengkap dengan jilbabnya.

Sosok Nussa ini diciptakan sebagai seorang disabilitas yang pada kaki kirinya terpasang kaki palsu, hal ini menjadi bukti bahwa walaupun Nussa memiliki kekurangan, tetapi kekurangan tersebut bukanlah halangan untuknya dalam mencapai impian yang ia inginkan. Kemudian, karakter Rara dibuat sebagai sosok anak perempuan yang ceria dan begitu menggemaskan.

Kisah Nussa bersama dengan keluarganya ini sangatlah menginspirasi, sebab tiap-tiap video yang berisi kisah Nussa ini akan banyak sekali pesan moral yang bisa dipetik, seperti pesan keagamaan yang mengandung banyak nilai kehidupan. Oleh sebab itu, tak heran channel Youtube yang mencapai 7 juta subscriber ini, menjadi salah satu channel yang direkomendasikan untuk ditonton anak-anak.

Baca Juga  Hal-hal Apa Saja yang Dilakukan Setelah Lulus Atau Gagal SNMPTN
2. National Geographic Kids: Cocok Buat Si Kecil yang Suka dengan Hewan dan Tumbuhan

Anak Bunda suka menonton hal-hal yang berbau flora, fauna atau alam semesta? Bunda bisa nih memperlihatkan channel National Geographic Kids untuk si kecil. Channel yang satu ini berisi konten yang berkaitan dengan alam semester beserta flora dan faunanya.

Bunda jangan khawatir jika anak-anak akan merasa bosan saat menonton konten dari channel yang satu ini, sebab konten dari National Geographic ini menyajikan video yang menyenangkan, pengambilan gambar yang sinematik, sehingga menarik untuk ditonton.

Nah, untuk bahasa yang digunakan, video yang diunggah oleh National Geographic ini menggunakan bahasa inggris. Oleh sebab itu, anak membutuhkan pendampingan orang tua untuk bisa menerjemahkan maksud atau isi dari video. Channel yang satu ini sangatlah menarik karena banyak mengulas mengenai keajaiban dunia dan lingkungan sekitar.

3. Kok Bisa? : Channel Buat Menjawab Pertanyaan-Pertanyaan si Kecil

Bunda mungkin beberapa kali pernah mendapatkan pertanyaan sederhana, tetapi cukup sulit untuk Bunda jelaskan pada anak, seperti “Mengapa panjang usia hewan-hewan itu berbeda” “mengapa suara bisa habis” dan lain sebagainya.

Nah, buat Bunda yang mempunyai anak yang suka bertanya hal-hal tersebut, Bunda bisa mempertontonkan si kecil video dari konten channel Kok Bisa?

Penyajian dari konten Kok Bisa? Ini berupa motion grafis yang sangat mudah untuk dipahami anak-anak dan begitu menarik, sehingga anak-anak menjadi tidak bosan Ketika menonton video dari channel Youtube ini.

Belum lagi mungkin selama Bunda mendampingi anak untuk menonton video dari channel ini, Bunda menjadi ikut-ikutan penasaran dan rasa penasaran itu bisa terjawab, hihihihi.

4. Cocomelon: Channel yang Cocok Ditonton Anak-Anak Usia Prasekolah

Channel yang satu ini mungkin menjadi salah satu channel Youtube yang cukup lama dibuatnya, yaitu pada tahun 2006. Channel yang satu ini mempunyai tokoh utama, yaitu seorang bayi laki-laki yang menggemaskan. Sama seperti sasarannya, yaitu anak-anak usia prasekolah, channel yang satu ini mempunyai banyak konten yang berupa lagu untuk anak-anak.

Baca Juga  Rekomendasi 5 Wisata Terbaru dan Paling Hits di Blitar!

Salah satu lagu yang mungkin sudah sering Bunda dengar ialah ABC song. Selain ABC Song masih banyak lagu anak-anak lainnya yang bisa Bunda dengar dari channel ini. Channel yang satu ini banyak mengunggah lagu yang berisi ajakan anak untuk mengingat huruf, nama-nama anggota tubuh, nama-nama hewan, dan lain sebagainya. Jangan khawatir jika anak akan kebosanan, sebab lagu-lagu dalam channel Cocomelon ini disajikan dalam 2D dan bahkan 3D.

5. Pinkfong: Channel Youtube Pemilik Lagu Baby Shark

Bunda mungkin kerap mendengar lagu yang berjudul “Baby Shark”. Nah, lagu tersebut merupakan lagu milik channel Youtube Pinkfong. Tak hanya anak-anak saja, tetapi saat lagu ini booming, orang dewasa pun banyak yang menyanyikan hingga menarikannya. Karena beberapa waktu lalu lagu tersebut sangatlah viral, saat ini Channel Youtube Pinkfong mempunyai subscriber menjadi 44 juta. Woah, angka yang fantastis bukan?

Tak hanya mempunyai lagu “Baby Shark” yang pernah viral beberapa waktu yang lalu, channel yang satu ini juga mempunyai banyak video edukasi lain berupa video-video yang mengajarkan anak mengenai alam, hewan, tumbuhan, hingga transportasi. Tak hanya melalui video kontennya saja untuk mengedukasi anak-anak, Pinkfong juga memiliki aplikasi, mainan, bahkan buku edukasi untuk anak-anak.

Nah, itu tadi rekomendasi channel youtube edukatif untuk anak-anak yang bisa Bunda tontonkan pada si kecil. Walaupun channel youtube tersebut khusus anak-anak, tetapi Bunda jangan sampai lengah untuk tidak mengawasi anak-anak, ya! Bunda atau Ayah harus tetap ikut andil dalam pengawasan anak saat anak bermain ponsel atau membuka Youtube.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya