by

Legendaris! Berikut Penyanyi Slow Rock Terbaik Indonesia Era 80an

Di tahun 80 dan 90an, Indonesia pernah melahirkan penyanyi slow rock yang tidak kalah dengan penyanyi dari negeri jiran Malaysia. Ada banyak penyanyi slow rock terbaik Indonesia di kala itu, yang popularitasnya begitu luar biasa hingga diakui secara internasional.

Indonesia sendiri, memang memiliki kebudayaan jenis nyanyian yang liris dan mendayu-dayu. Terutama, masyarakat Kalimantan yang memiliki kedekatan kebudayaan dengan suku Melayu yang dianggap memiliki kesenian dengan model langgam semacam ini. Nah, ketika seni tersebut dimodernkan, akhirnya muncul musik aliran slow rock.

Jika membaca ilustrasi di atas, tentu wajar kalau banyak penyanyi slow rock Indonesia yang bagus-bagus. Toh, aliran ini sudah dikenal oleh leluhurnya beberapa ratus tahun yang lampau. Pertanyaannya ialah, siapa saja penyanyi slow rock tersebut? Ini dia ulasannya:

1. Nike Ardila

Bisa dibilang, Nike Ardila merupakan penyanyi slow rock legendaris Indonesia. Pelantun lagu “Seberkas Sinar” dan “Mama, Aku Ingin Pulang” ini bahkan sempat beberapa kali manggung di luar negeri serta telah puluhan kali menyabet gelar sebagai penyanyi terbaik.

Nike Ardila adalah penyanyi pop atau slow rock yang berwajah ayu. Oleh sebab itu, selain menjadi penyanyi, mojang ini juga menjajaki karier sebagai bintang film. Ada puluhan film yang dibintanginya, termasuk Si Lupus yang dimainkannya bersama Ryan Hidayat.

Sayangnya, Nike Ardila tidak dianugerahi umur yang panjang. Perempuan ini meninggal dunia di usia masih cukup belia akibat kecelakaan lalu lintas. Walaupun demikian, kiprahnya di blantika musik Indonesia tidak bisa diremehkan. Maka wajar kalau ia dianugerahi sebagai penyanyi slow rock legendaris tanah air.

2. Poppy Mercury

Poppy Mercury adalah penyanyi slow rock terbaik Indonesia yang juga cukup terkenal. Sudah banyak lagu yang dinyanyikannya termasuk lagu yang berjudul “Antara Jakarta dan Penang” yang sempat viral di tahun 90an. Sayang, penyanyi ini juga tidak sempat merasakan popularitas karena harus meninggal dunia di usia muda.

Baca Juga  Ingin Tahu Suasana Pernikahan Atta Aurel? Yuk Intip Potret Pernikahan Atta Aurel Berikut Ini!

Penyanyi cantik berambut ikal ini, memiliki suara yang khas. Timbre-nya kecil tetapi ada serak yang unik yang membuatnya begitu pas ketika melantunkan lagu genre slow rock. Mungkin kekurangannya terletak pada lengkingan yang tidak terlalu tinggi yang membuat Poppy selalu membawakan lagu dengan nada rendah.

Banyak sekali lagu yang telah dinyanyikan oleh Poppy Mercury. Di antaranya, Terlambat Sudah, Surat Undangan, Badai Asmara, Terlambat Sudah, dan Antara Kau, Dia dan Aku. Luar biasanya, lagu-lagu ini masih hits hingga saat ini karena sering diputar ulang di radio dan Youtube Streaming.

3. Tommy J Pisa

Jika di Malaysia ada Amy Search, di Indonesia punya Tommy J Pisa. Keduanya memiliki jenis vokal yang berbeda tetapi memiliki profesi yang sama yaitu sebagai penyanyi slow rock. Mungkin, hanya Tommy J Pisa yang masih eksis menjadi penyanyi 80an hingga tahun 2000an.

Ada beberapa judul lagu yang telah dipopulerkan oleh Tommy J Pisa. Di antaranya adalah Di Batas Kota Ini, Biarkan Aku Menangis, Rindu Bayangan, Pengantin Remaja dan Biar Ku Cari Jalanku. Lagu-lagu ini yang masih terdengar sampai saat ini.

Menjelang akhir karirnya, Tommy sempat mencoba genre dangdut. Sayang, di profesi ini, Tommy J Pisa tidak sukses sekalipun telah menelurkan beberapa lagu di antaranya, Bandara Cinta dan Air Mata Perkawinan. Sekalipun demikian Tommy J Pisa tetap penyanyi slow rock Indonesia yang layak menjadi legenda.

4. Inka Christie

Pernah dengar lagu Malaysia yang berjudul “Cinta Kita”? Siapa sangka, lagu yang dipopulerkan oleh Amy Search ini dilantunkan bersama penyanyi kenamaan asal Indonesia, Inka Christie. Inilah penyanyi slow rock perempuan dengan lengkingan yang khas. Lagu ini pula yang telah menjadikan Inka sebagai penyanyi slow rock kelas internasional.

Baca Juga  Kenali Apa Itu Doxing, yang Sempat Viral Berkat Rachel Vennya!

Selain meniti karier sebagai penyanyi slow rock duet, Inka Christie juga meniti karier sebagai penyanyi solo. Sudah banyak lagu yang dilantunkan. Seperti, Yang Kedua Kali, Rela, Teratai dan lagu berjudul Cintaku. Sedangkan lagu duet yang hits ada Cinta Kita, Nafas Cinta dan di Buku Ini.

Kini, mungkin Inka Christie sudah tidak muda lagi. Namun, kualitas suaranya masih sangat bagus. Bahkan, dia sempat mengundang decak kagum ketika melantunkan sebait lagu Cinta Kita berduet dengan Sule di sebuah acara talk show. Luar biasanya lagi, si penyanyi cantik ini telah menggunakan hijab.

5. Deddy Dores

Deddy Dores merupakan maestro musik slow rock Indonesia. Penyanyi sekaligus pencipta lagu ini, telah berhasil mengorbitkan banyak penyanyi slow rock yang salah satunya adalah Nike Ardila. Bahkan, lagu Seberkas Sinar yang fenomenal pun merupakan lagu buatannya.

Ada satu lagu yang sangat luar biasa yang pernah dilahirkan oleh seorang Deddy Dores yang sekaligus ia nyanyikan sendiri. Lagunya berjudul “Sebuah Lagu Buat Nike”. Lagu yang benar-benar luar biasa, yang membuat seluruh penggemar Nike harus mengenang kembali almarhumah dengan derai air mata.

Lagu yang dinyanyikan dengan sangat liris dan mendayu-dayu. Luar biasanya lagi, di tengah lagu, ada rekaman Nike menyanyikan lagu Seberkas Sinar yang membuat pendengarnya semakin tercekam dengan kerinduan. Selamat Jalan Adikku, petikan lirik yang menjadi klimaks di lagu ini.

Itulah penyanyi slow rock terbaik Indonesia yang namanya masih terdengar hingga saat ini. Kontribusinya di blantika musik tanah air yang cukup besar, membuat para biduan ini juga layak dijadikan legenda. Apalagi di antara mereka ada yang telah mengharumkan nama bangsa di kancah permusikan internasional.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait