by

5 Kegiatan Pengisi Waktu Luang yang Top dan Paling Menguntungkan

Ada banyak kegiatan pengisi waktu luang yang bagus untuk dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Aktivitas-aktivitas semacam ini yang tetap akan melahirkan produktivitas sekalipun sejatinya kita sedang libur atau sudah dalam masa pensiun. Bukan tidak mungkin, kegiatan seperti ini juga bakal mendatangkan pundi-pundi rupiah dengan nominal yang memuaskan.

Nah, di ulasan berikut ini akan dijelaskan tentang kegiatan pengisi waktu luang yang paling top dan menguntungkan. Semuanya diulas secara detil dan jelas, sehingga pembaca bisa mendapatkan info penting darinya. Jadi silakan disimak saja ini kegiatan-kegiatan yang dimaksud:

1. Menulis Sastra

close up siswa perempuan menuliskan catatan dari buku teks yang dibuka. - writing sastra potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Menulis sastra merupakan kegiatan pengisi waktu luang yang sangat bermanfaat. Tidak hanya untuk pengembangan diri, kegiatan ini juga bisa dijadikan sarana untuk terus belajar berkreativitas. Intinya, kalau Anda ingin kreatif sepanjang hayat silakan tulis karya sastra seperti puisi, cerpen maupun novel.

Tak hanya itu, kegemaran menulis sastra di waktu luang, juga bisa mendatangkan kesuksesan finansial. Sudah banyak penulis novel yang kaya raya justru ketika usianya sudah senja atau sudah tiba masa pensiun. Pengarang-pengarang sukses semacam ini juga banyak dari Indonesia seperti HB Jassin dan D Zawawi Imron.

Menulis sastra memang cocok dijadikan kegiatan pengisi waktu luang. Sebab, esensi penulisannya tidak terlalu berat tidak sama dengan esensi kepenulisan karya non fiksi yang terkadang butuh riset dan sejenisnya. Anda bermain bersama cucu di taman pun tidak akan menyurutkan niat menulis puisi, jika memang ada keinginan kuat di dalam jiwa.

2. Membaca Buku

nikmati hidup dengan buku dan kopi ketika dia sendirian - reading book potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Bagi sebagian orang, membaca buku mungkin menjadi aktivitas yang tidak produktif. Alasannya sederhana, karena aktivitas ini tidak berefek langsung pada keberhasilan mendapatkan finansial, atau bisa dibilang membaca hanya sebatas hobi semata.

Baca Juga  6 Cara Mudah Menanam Semangka Hingga Tahap Panen

Padahal kegemaran membaca buku di waktu luang adalah syarat untuk menjaga pola pikir tetap produktif. Maksudnya, tidak mungkin, ada inovasi bisnis kecuali kita suka membaca perkembangan terbaru terkait bisnis. Kita tidak mungkin memiliki semangat untuk terus produktif di usia senja, jika tidak gemar membaca kesuksesan orang ketika pensiun.

Fungsi membaca inilah yang masih kurang dicerna oleh masyarakat. Sehingga aktivitas membaca hanya disandangkan pada kegiatan yang tidak produktif semata. Padahal, membaca adalah aktivitas yang paling dianjurkan untuk pengembangan diri. Jangan lupa, membaca juga menjadi aktifitas hiburan di hari libur. Apalagi kalau membacanya di sore hari yang indah ditemani secangkir teh hangat dan sepiring goreng pisang.

3. Berkebun

wanita muda asia menyiram tanamannya di kebun herbal lucu di rumah. - berkebun potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Berkebun merupakan kegiatan pengisi waktu luang yang bagus dan menguntungkan. Apalagi jika tanaman yang ditanam di kebun tersebut adalah tanaman potensial seperti sayuran, buah-buahan dan semacamnya. Jikapun hasil berkebun tidak dijual ke pasar, mungkin bisa dikonsumsi sendiri sebagai menu harian.

Berkebun merupakan aktivitas yang bisa dilakukan di waktu luang. Fisik juga tidak terlalu diforsir asalkan lahan yang digunakan tidak terlalu luas. Maka dari itu, silakan manfaatkan lahan belakang rumah untuk berkebun, lalu rawat dengan baik terutama ketika sedang libur atau sedang dalam waktu luang yang lain.

Selain tidak melelahkan, aktivitas berkebun juga bermanfaat bagi kesehatan. Apalagi kalau kegiatannya dilakukan di pagi hari ketika sinar matahari masih cukup ideal untuk tubuh. Nah, keringat yang keluar itu menandakan kalau proses pembakaran di dalam tubuh berjalan maksimal. Lemak akan hilang dan vitamin D akan semakin banyak terserap ke dalam badan.

4. Membuka Counter HP

membeli smartphone - phone on store potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Membuka counter HP tidak hanya bisa dilakukan secara full time, tetapi juga dilakukan ketika waktu luang, seperti saat liburan, atau sepulang kerja. Ini juga bukan aktifitas melelahkan karena penjual cukup duduk-duduk di counter sambil menunggu pelanggan yang datang. Bahkan kegiatan ini tidak akan mengganggu kesempatan berkumpul bersama keluarga.

Baca Juga  Tips Merawat Motor Matic Agar Tahan Lama dan Nggak Gampang Rusak

Untuk membuka counter HP sendiri, Anda tidak perlu membangun toko di tempat yang jauh. Membangun di depan rumah juga bisa, bahkan saat ini banyak masyarakat yang menjadikan sebagian teras rumah sebagai counter. Jadi daripada kelayapan malam-malam yang justru menghabiskan uang, masih lebih baik berkumpul bersama keluarga di rumah sambil berjualan pulsa dan token.

Ini juga kegiatan pengisi luang yang sangat bagus. Sebab, selain modal yang dibutuhkan ringan, keuntungan yang didapatkan sangat besar. Pelanggan juga pasti banyak selama masih ada masyarakat yang menggunakan ponsel. Maka dari itu, silakan buka counter kecil-kecilan lalu kelola ketika sedang libur atau pulang kerja.

5. Membuka Jasa Menulis Artikel Blog

pengusaha muda yang fokus mengerjakan dokumen elektronik. - writing website potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Saat ini permintaan artikel blog sangat besar disebabkan oleh semakin banyaknya blogger yang muncul di internet. Sebagian besar dari mereka, tidak bisa membuat artikel berkualitas, atau membutuhkan artikel dalam waktu cepat sehingga membutuhkan jasa penulis yang bermutu. Ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para content writer tanpa harus mengganggu profesi yang utama.

Profesi menjadi penulis ada yang part time. Artinya, profesi ini bisa dilakukan di waktu senggang, seperti sepulang kerja, atau ketika diri sudah pensiun tetapi masih memiliki bakat menulis yang hebat. Luar biasanya, banyak blogger bersedia membayar mahal untuk konten semacam ini.

Ibu rumah tangga sekalipun, bisa menjadikan waktu luangnya sebagai penghasil pundi-pundi rupiah dengan menjadi penulis artikel blog. Toh, selain mendapatkan penghasilan, juga ada manfaat belajar di sana. Sebab, orang yang menulis pasti membaca dan informasi dari bacaan yang dibaca tentu akan masuk ke dalam pikiran dan menjadi penguat dialektika.

Itulah kegiatan pengisi waktu luang yang paling top dan menghasilkan. Silakan dicoba kalau Anda ingin tetap mendapatkan kesuksesan hidup maupun finansial, sekalipun diri sedang di waktu senggang maupun ketika sudah pensiun bekerja. Dijamin, masih ada kepuasan dan kebanggaan yang muncul di dalam hati, ketika diri mampu melakukannya.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait