by

Ini Dia 6 Jenis Self Reward yang Menyenangkan

Jika merasa tidak pernah lepas dari kesibukan maka luangkan waktu sejenak untuk melakukan self reward. Sebab Anda adalah manusia yang tetap membutuhkan rasa nyaman dan rasa senang. Nah, jenis self reward sendiri merupakan bentuk penghargaan kepada diri akibat rasa lelah dan capai.

Ada banyak jenis self reward yang bisa digunakan oleh Anda. Silakan dipilih yang sekiranya menyenangkan dan bisa mengusir penat. Untuk mengetahui list-nya mari baca ulasan yang ada di bawah ini:

1. Pergi Tamasya ke Tempat yang Indah

pasangan bersantai di pantai menikmati laut yang indah di pulau tropis - tamasya potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pergi tamasya ke tempat yang indah merupakan jenis self reward yang paling ideal. Karena sepulangnya, Anda pasti mendapatkan suasana hati yang baru lagi menyenangkan. Bukan tidak mungkin pasca pelesir, hasil kerja justru lebih baik dari sebelumnya. Hal ini karena di saat itu, pikiran benar-benar relaks dan nyaman.

Oleh sebab itu, banyak perusahaan mengagendakan waktu tamasya tahunan bagi karyawannya. Tentunya yang diharapkan adalah adanya peningkatan etos kerja sekaligus loyalitas mereka. Sedangkan tanpa tamasya, para karyawan akan merasa lelah sehingga mereka bekerja tanpa arah yang jelas.

Anda disarankan untuk bertamasya maksimal satu bulan sekali. Ini untuk relaksasi bahkan refreshing setelah 30 hari melaksanakan tugas profesi. Nah, kalau rumah berdekatan dengan tempat yang indah, maka datang saja setiap hari minggu. Bisa juga berkunjung setiap hari tepatnya di pagi hari sebelum berangkat ke kantor.

2. Berbelanja alias Shopping

teman wanita keluar untuk berbelanja di mal kota - shoping potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Berbelanja atau shopping tidak hanya aktivitas untuk memenuhi kebutuhan dan hasrat semata. Tetapi lebih jauh dari itu, juga ada self reward di dalamnya. Asumsi-nya ialah, sebagian penghasilan bulanan boleh dialokasikan untuk belanja produk impian. Biasanya jenis penghargaan diri semacam ini disukai oleh kalangan perempuan.

Baca Juga  3 Game Karya Anak Indonesia Terbaik yang Patut Dicoba!

Anda boleh saja mengimpikan produk-produk tertentu. Setelah itu tanamkan niat, kalau awal bulan depan, keinginan tersebut harus tercapai. Lalu mulailah bekerja dengan giat dan berintegritas. Jika sudah waktu gajian, baru Anda membelinya. Rasakan bagaimana perubahan suasana hati dan jiwa di kala itu.

Self reward semacam ini tidak terlarang untuk dilakukan. Namun, durasi-nya tidak boleh berlebihan karena bisa memicu perilaku boros. Anda tetap harus bijak dalam mengatur keuangan. Apalagi kalau penghasilan bulanan tidak terlalu memadai. Jadi, berbelanjalah tetapi tetap sesuaikan dengan budget yang ada.

3. Makan-Makan di Luar Rumah

selimut piknik dengan makanan dan minuman lezat di luar ruangan pada hari yang cerah - tamasya potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jenis self reward yang berikutnya ialah makan-makan di luar rumah. Ini juga sebentuk penghargaan diri yang bagus setelah seharian beraktivitas. Jangan lupa nguliner-nya bersama seluruh keluarga biar lebih bermakna. Bisa juga berupa makan romantis bersama istri.

Sekalipun hanya sekadar makan-makan, efeknya bagi psikologi dan kejiwaan tetap positif. Paling tidak, di waktu tersebut, Anda tidak lagi memikirkan pekerjaan beserta keruwetannya. Sehingga pikiran lebih rileks dan santai. Namun sepulangnya dari restoran, Anda harus mulai bersiap diri untuk menyambut aktivitas esok hari.

Usahakan mencari rumah makan yang akan melahirkan kepuasan di dalam jiwa. Baik dari segi rasa, tempat maupun dari segi pelayanan. Kalau Anda makan di tempat yang mengecewakan, justru pikiran akan semakin ruwet. Akhirnya hasrat untuk menenangkan diri menjadi gagal.

4. Menonton Televisi

pemuda asia cina berteriak dan bersorak untuk dukungan timnya saat menonton olahraga di televisi dari rumah bersama teman-temannya. rayakan kemenangan saat tim olahraga memenangkan kejuaraan teman-teman bersorak, berteriak - nonton potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Untuk memberikan penghargaan terhadap diri (self reward), sejatinya tidak perlu yang mahal-mahal karena yang terpenting aktivitas, yang dilakukan benar-benar melahirkan rasa nyaman dan ketenangan. Sekalipun hanya sekadar menonton televisi bersama keluarga.

Sekalipun demikian, tetaplah memilih tontonan televisi yang menarik. Serta menjauhi berita-berita yang justru membuat emosi meninggi, karena tontonan semacam ini tidak akan membuat pikiran lebih nyaman dan rileks. Justru yang muncul adalah pikiran stres yang akan mengganggu nalar dan konsentrasi berpikir.

Baca Juga  Mengapa Kamar Mandi Harus Bersih? Ini Alasannya

Yang perlu diperhatikan adalah jangan menonton televisi sampai larut malam. Sekalipun keesokan harinya Anda tidak masuk kantor karena bertepatan dengan akhir pekan. Lebih baik tonton televisi dengan durasi wajar. Karena jika bergadang, keesokan harinya Anda pasti mengantuk sehingga hilanglah masa liburan yang ditunggu-tunggu.

5. Bermain Game di Android

pria memainkan game mobile - gamin potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Game di android juga bisa dijadikan sebagai alat self reward. Terutama permainan kategori ringan yang tidak terlalu membutuhkan konsentrasi tinggi. Seperti game perang, benteng, dan sejenisnya. Pilih saja permainan yang bisa dimainkan oleh seluruh kalangan.

Kalau pun Anda menyukai permainan yang sejatinya untuk anak-anak, maka tidak mengapa memainkannya karena yang dibutuhkan adalah ketenangan dan relaksasi pikiran saja. Malah yang berisiko jika Anda memainkan game online yang jelimet. Alih-alih ingin menikmati liburan, malah pikiran semakin tidak karuan.

Silakan mainkan permainan apa pun yang ada di android. Namun pastikan, hanya untuk pengisi waktu saja bukan untuk seharian penuh. Lebih baik Anda menggunakan banyak waktu untuk hal-hal yang lebih positif. Seperti untuk membaca, menulis, bersilaturahmi dan beribadah.

6. Membaca Buku di Sore Hari

ilustrasi karakter buku baca manusia - read book ilustrasi stok

Ingin mendapatkan self reward yang mencerdaskan? Silakan baca buku di sore hari. Ini merupakan aktivitas yang sangat positif bahkan bisa meningkatkan pengembangan diri. Pihak atasan pun akan senang kalau liburan para karyawannya diisi dengan membaca, karena dia sadar kalau si karyawan akan semakin cerdas.

Kalau ingin melahirkan suasana membaca yang tidak membosankan, silakan lakukan aktivitas sembari ditemani secangkir teh manis. Jangan lupakan juga sepiring ubi goreng yang hangat. Jika ini yang Anda dapatkan saat membaca dijamin keesokan harinya pasti ingin mengulanginya kembali.

Baca Juga  6 Cara Mengatasi Sembelit yang Harus Kamu Ketahui

Itulah jenis self reward atau penghargaan diri yang layak untuk dicoba. Namun, niatkan semuanya demi menenangkan pikiran, sehingga keesokan harinya bisa bekerja dengan lebih nyaman. Jangan lupa, ambillah semua penghargaan tetapi yang sekiranya sesuai dengan budget. Dan tidak juga dengan kadar yang berlebihan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya