by

Yuk Cek Rangkuman Fakta Menarik yang Pernah Terjadi di Olimpiade Tokyo 2020

Olimpiade Tokyo atau Tokyo Olimpics 2020 telah selesai digelar nih! Nah, supaya para Sobat LintasHaba nggak ketinggalan infonya, kali ini kami akan memberikan bahasan terkait peristiwa unik yang terjadi selama Tokyo Olimpics loh

Pelaksanaan Olimpiade Tokyo ini diselenggarakan pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021, dan meski sempat ditunda selama setahun akibat dari pandemi. Ajang olahraga terbesar di dunia ini tetap mampu membawa kemeriahannya sepanjang pelaksanaannya.

Apalagi ternyata negara Jepang adalah negara pertama yang pernah menjadi tuan rumah olimpiade internasional ini untuk yang kedua kalinya di wilayah Asia, wow! So, berikut ini adalah rangkuman fakta-fakta menarik yang pernah terjadi selama Olimpiade Tokyo 2020, check it out!

Meriah, Pawai Obor Olimpiade Dilaksanakan Selama 121 Hari Loh!

Bagai sebuah tradisi, pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020 ini juga melakukan pawai obor loh. Uniknya, meski kegiatan sempat terhambat akibat dari pandemi Covid-19. Hal ini tak memupuskan harapan Negeri Sakura ini untuk melakukan Pawai Obor Olimpiade. 

Nah, Pawai Obor Olimpiade ini dilaksanakan hingga 121 hari lamanya, dengan melewati hingga 47 prefektur dan 665 kota di Negara Jepang ini, hebat bukan?

Selanjutnya, ada hingga 10.500 pembawa obor yang mengikuti Pawai Obor Olimpiade ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini dilakukan agar kekhawatiran masyarakat Tokyo terkait penyebaran Covid-19 dapat sedikit teratasi.

Tetap Memakai Nama 2020, Yaitu Olimpiade Tokyo 2020

Fakta menarik lainnya datang dari pemakaian nama selama Olimpiade Tokyo 2020 ini Sob! Meski pelaksanaan Olimpiade Tokyo ini pada tahun 2021, tetapi mengikuti scenario awal yang dilaksanakan tahun 2020 dan di tunda akibat pandemi Covid-19. Sama halnya dengan nama dari pelaksanaan EURO 2020, yang menggunakan title tahun 2020 meski dilaksanakan tahun 2021. 

Keputusan ini diambil oleh pihak Komite Olimpiade Tokyo yang menyampaikan bahwa mereka tetap memakai nama resmi Olympic Games Tokyo 2020, serta pemakaian atribusi serba 2020 yang telah diproduksi di tahun sebelumnya.

Selain itu juga berdasarkan survey yang telah dilakukan, bahwa terdapat hingga 62% responden memilih Olimpiade Tokyo 2020 ini ditunda atau dibatalkan sementara.

Bangsa yang Kreatif, Medali Olimpiade Tokyo Dibuat dari Elektronik Bekas

Selama pelaksanaan Olimpiade, tentu yang menjadi sorotan adalah pemenang dari medali-medali. Nah, berbeda dari yang lain medali yang ada pada Olimpiade Tokyo 2020 ini terbuat dari hasil elektronik bekas loh. Medali yang terdiri atas emas, perak dan perunggu ini dibuat dari hasil ektraski 5.21 juta ponsel bekas dan 78 ribu lebih barang elektronik lama.

Bayangkan komponen-komponen dari barang-barang bekas ini dikumpulkan dan diolah hingga menjadi sebuah medali, kreatif dan hebat banget kan!

Jumlah barang bekas yang digunakan dalam pembuatan medali ini memiliki angka yang tak kecil, sehingga barang-barang bekas ini dikumpulkan sebelum olimpiade di mulai. Atau lebih tepatnya sejak April 2017 hingga Maret 2019. Hal ini pun juga menuntut atas permintaan pemerintah Jepang terhadap masyarakatnya.

Olimpiade Tokyo DiNobatkan Sebagai Olimpiade Termahal Dalam Sejarah

Istilah yang termahal selalu mencuri perhatian, adalah cara yang cocok untuk mendeskripsikan fakta menarik dalam Olimpiade Tokyo 2020 ini. Mengapa? Ketahui bahwa Olimpiade Tokyo 2020 ini, awalnya direncanakan akan diselenggarakan pada 24 Juli sampai 9 Agustus 2020 loh.

Sebagai akibat dari pandemi Covid-19 yang terjadi secara global, akhirnya memaksa kegiatan Olimpiade pada musim panas ini diundur hingga tahun berikutnya.

Maka, untuk biaya pelaksanaan Olimpiade Tokyo mengalami pembengkakan tidak dapat dihindari lagi. Pembengkakan terjadi pada kisaran awal yang hanya sebesar US$ 7.6 milliar menjadi US$ 12.6 milliar.

Bahkan menurut laporan dari Reuters, Jepang telah menanggung kerugian hingga US$ 2.8 milliar. Sehingga jika di jumlah keseluruhan biayadalam penyelenggaraan Olimpiade Tokyo ini mencapai US$ 15.4 milliar. 

Tak sampai di sini saja, banyak perusahaan Jepang yang harus membayar lebih dari US$ 3 milliar untuk sponsor. Hingga biaya tambahan sebesar US$ 200 juta sebagai perpanjangan kontrak dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC), karena ditundanya pelaksanaan olimpiade ini.

Parahnya lagi, pelaksanaan Olimpiade Tokyo ini tidak memiliki pemasukan dari penjualan tiket sebagai perwujudan dari aturan baru yang tidak mengizinkan adanya penonton.

Fasilitas Atlet Olimpiade Tokyo 2020 Adalah Hasil Daur Ulang 

Meski Olimpiade Tokyo dinobatkan sebagai olimpiade termahal dalam sejarah, ternyata hampir segala fasilitas yang diterima oleh para atlet di Olimpiade Tokyo 2020 adalah serba baru loh.

Hal ini berkaitan dalam promosi kampanye keberlanjutan di negara Jepang, bahwa negara Jepang berhasil memanfaatkan kembali fasilitas lama yang pernah digunakan pada Olimpiade Tokyo 1964 melalui proses daur ulang.

Nah, fasilitas-fasilitas yang didaur ulang ini seperti pembuatan seragam, podium kemenangan, tempat tidur dan aksesoris benda-benda lainnya untuk kebutuhan Olimpiade Tokyo 2020. Jadi, dari aspek lingkungan pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020 ini menyita lebih banyak perhatian karena keberhasilan Jepang dalam menjaga lingkungan.

Ada yang New, Yaitu Hadirkan Lima Cabang Olahraga Baru Loh!

Fakta menarik yang terakhir, adalah bahwa Olimpiade Tokyo 2020 telah memperkenalkan cabang olahraga baru loh. Di antaranya ada skateboarding, karate, panjat tebing, selancar hingga baseball atau softball.

Awalnya yang berjumlah 28 cabang perlombaan olahraga, kini bertambah lima hingga totalnya menjadi 33 cabang olahraga. Dengan mencapai 339 nomor peserta yang tersebar di 42 lokasi pertandingan yang berbeda-beda.

Dari atlet Indonesia sendiri, terdapat Rio Waida yang mengikuti cabang olahraga baru selancar dan memainkan nomor Man Shortboard. 

Itulah tadi bahasan artikel berjudul “Yuk Cek Rangkuman Fakta Menarik yang Pernah Terjadi di Olimpiade Tokyo 2020”. Sobat LintasHaba, tunggu bahasan menarik lainnya terkait Olimpiade Tokyo hanya di lintashaba.com yaa!

Baca Juga  Update Terbaru! Mengenai Kapan Prakerja Gelombang 15 dibuka Kembali

Comment

Artikel Terkait