by

Intip Tradisi 7 Daerah Menjelang 17 Agustus Ini yuk

Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 setelah dijajah dan mengalami masa-masa sulit. Tanggal 17 Agustus merupakan tanggal bersejarah bagi bangsa Indonesia, bagaimana tidak? Pada tanggal ini merupakan hari kemerdekaan  Indonesia. Dimana, bangsa Indonesia lepas dari penjajahan. Maka hari ini disambut dengan penuh suka cita oleh bangsa Indonesia.

Tidak heran apabila bangsa Indonesia kerap kali menyambut tanggal ini dengan berbagai macam kegiatan, sebagai tanda perayaan serta rasa syukur. Dalam menyambut 17 Agustus, tiap daerah  memiliki ciri khas sendiri ketika menjelang tanggal  17 Agustus. Inilah berbagai macam perayaan dari berbagai daerah  menjelang hari kemerdekaan!

1. Semarang, Obor Estafet

ilustrasi vektor isometrik torchbearer sports 3d - obor estafet ilustrasi stok

Di kota semarang tepatnya di Papandayan, Gajahmungkur, Semarang, Jawa Tengah, kerap mengadakan acara Obor Estafet yang sudah dijalankan hampir kurang lebih 30 tahun. Setiap peserta yang mengikuti acara ini haruslah membawa obor sambil berlari.

Masyarakat Semarang percaya bahwa obor menyimbolkan semangat para pejuang kemerdekaan Indonesia. Diharapkan warga semarang dapat mencontohkan atau meneladani semangat yang dimiliki oleh para pejuang, yang telah berjuang merebut kemerdekaan Indonesia dalam hidup dan meneruskan perjuangan para pejuang dahulu.

2. Palembang, Telok Abang
Telok abang
sriwijayaradio.com

Tradisi selanjutnya dari daerah Palembang, menjelang 17 Agustus pasti akan banyak yang jualan Telok Abang. Telok Abang ini merupakan mainan yang terbuat dari gabus yang dibentuk menjadi pesawat terbang, kapal laut dan kereta.

Mainan ini akan banyak kamu jumpai di jalan-jalan ketika menjelang 17 Agustus, dan uniknya mainan ini dilengkapi oleh telur rebus yang dicat dengan warna merah kemudian ditancapkan di bagian tengah kapal.

3. Malang, Barikan
tradisi unik 17 agustus
langgam.id

Pada tanggal 16 Agustus malamnya, masyarakat Malang kerap kali mengadakan acara rutinan tiap tahunnya. Acara ini merupakan bentuk syukur masyarakat terhadap kemenangan bangsa Indonesia. Biasanya dalam acara syukuran ini masyarakat akan menyanyikan lagu kemerdekaan, makan bersama, renungan kemerdekaan dan berdoa sama.

Baca Juga  Beberapa Musik Video di Bawah Ini Akan Membuatmu Tercengang

Selain ungkapkan rasa syukur, acara ini pun dipertunjukan untuk mempererat tali silaturahmi masyarakat disana. Acara ini tentu membuat masyarakat penuh suka cita. Jika kalian berkunjung ke  Malang dan diberikan kesempatan mengikuti acara ini, maka ikutilah. Kamu akan merasakan hubungan kekeluargaan antar tetangga yang sangat erat disini.

4. Batam, Lomba Sampan Layar

selancar angin di funchal, madeira island, portugal - lomba sampan layar\ potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Masyarakat Batam memiliki tradisi yang tidak kalah meriah dengan daerah-daerah lain. Tradisi ini awalnya hanya mainan tahunan yang dimiliki warga Batam, kemudian lama kelamaan menjadi tradisi tahunan ketika 17 Agustus. Acara ini sudah berlangsung pada tahun 1965 dan biasanya diselenggarakan setelah upacara 17 Agustus.

Pada pelaksanaannya dan jika kamu memiliki kesempatan untuk melihatnya. Kamu akan melihat berbagai perahu-perahu berlayar, dengan warna warni yang indah dan tentunya ini membuat suasana menjadi tambah meriah.

Acara ini juga biasanya tidak hanya dilihat oleh masyarakat lokal, tetapi oleh warga  domestik hingga mancanegara. Hal ini karena acara ini sudah populer hingga mancanegara. Dengan kemeriahan yang luar biasa, ini tentunya akan membuat mu lebih  bersemangat menikmati acaranya, bukan?

5. Banjarmasin, Lomba Dayung

tim dayung - lomba dayung potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Lomba Dayung perahu di Banjarmasin selalu menarik perhatian, hal ini bukan tanpa sebab. Lomba dayung ini sudah rutin dilakukan  sejak tahun  1924. Dahulunya, lomba ini hanya diperuntukan warga sekitar, tetapi seiring berjalannya waktu anggotanya pun dapat berasal dari provinsi tetangga.

Acara ini setiap tahunnya dilakukan di Sungai Martapura, tepatnya ketika hari kemerdekaan. Lomba ini menjadi hiburan sekaligus menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi, dengan cara yang sangat menyenangkan untuk warga Banjarmasin.

Jika kamu ingin menyaksikan lomba ini langsung, silahkan saja langsung berkunjung ke Banjarmasin menjelang hari kemerdekaan. Selain itu, acara ini pun merupakan suatu bentuk penyambutan hari kemerdekaan.

Baca Juga  Fakta dan Review Film The Box Chanyeol EXO: Saat Mimpimu Harus Menjadi Nyata
6. Kebumen, Sepak Bola Durian
Image result for sepak bola durian hd
vidio.com

Namanya cukup unik bukan? Seperti yang kita tahu bahwa durian menjadi salah satu buah yang digemari oleh masyarakat Indonesia dan termasuk salah satu buah mahal. Namun apa jadinya, apabila buah ini  dijadikan bola untuk permainan sepak bola?

Iya seperti namanya, daerah ini memiliki tradisi bermain sepak bola durian yang dilakukan ketika tanggal 17 Agustus. Terdengar cukup ekstrim dan sekaligus tidak terbayang  bagaimana cara bermainnya.

Ternyata yang bermain sepak bola durian ini, bukanlah sembarang orang. Melainkan Anggota Laskar Densus 99 dan anggota Forum spiritual. Sehingga, memang dilakukan oleh orang-orang yang profesional. Biasanya sebelum permainan atau bermain sepak bola durian akan diadakan doa bersama, meminta kelancaran kepada Sang Pencipta.

7. Bandung, Pawai Jampana
Tradisi Pawai Jampana Khas Masyarakat Bandung | infobudaya.net
infobudaya.net

Bagi masyarakat Bandung, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Pawai Japana. Apa itu Pawai Japana? Ini adalah tradisi warga Bandung ketika hari kemerdekaan. Biasanya para warga Bandung akan pawai  sambil membawa tandu besar. Dimana Tandu ini berisikan aneka hasil bumi, berbagai macam makanan dan hasil kerajinan dari warga Bandung.

Semua barang yang dibawa oleh para pawai yang meliputi hasil bumi, kerajinan dan makanan yang tadi akan diperebutkan oleh orang yang menyaksikan pawai. Hasil dari rebutan pawai ini akan dimakan secara bersamaan oleh para warga. Tentu hal semacam ini dapat menyatukan kekompakan warga sekaligus menjadi hiburan tersendiri, bukan?

Indonesia memanglah kental dengan tradisi termasuk tradisi  dalam menyambut tanggal 17 Agustus, tradisi-tradisi inilah yang kerap kali dalam prakteknya memunculkan dan melatih sikap gotong royong, semangat juang tinggi, toleransi dan lain sebagainya. Dari 7 kebiasaan atau tradisi yang diselenggarakan oleh berbagai daerah dalam menyambut 7 Agustus, manakah yang menjadi favoritmu?

Baca Juga  Yuk Cek Rangkuman Fakta Menarik yang Pernah Terjadi di Olimpiade Tokyo 2020

 

 

Comment

Artikel Terkait