by

Deretan Fakta Menarik Dari Atlet Angkat Besi ‘Nurul Akmal’ Dalam Olimpiade Tokyo 2020

Heiyoo, kami kembali lagi nih dengan bahasan terkait Olimpiade Tokyo 2020. Setelah artikel yang terbit dengan judul “Yuk Cek Rangkuman Fakta Menarik yang Pernah Terjadi di Olimpiade Tokyo 2020”. Kali ini spesial untuk para Sobat LintasHaba, kami ada bahasan mengenai, salah satu atlet Indonesia yang berhasil menarik perhatian banyak orang. Ia adalah Nurul Akmal, seorang atlet angkat besi yang berjuang di babak final selama ajang ternama Olimpiade Tokyo 2020.

Nah, lanjut saja yuk simak deretan fakta Atlet Angkat Besi asal Aceh bernama Nurul Akmal yang telah berjuang selama Olimpiade Tokyo 2020, check it out!

Salah Satu Pembawa Bendera Indonesia di Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 Loh!

Atlet Angkat Besi, Nurul Akmal atau kerap disapa Amel ini adalah salah satu dari dua atlet yang didapuk sebagai pembawa sang Merah Putih loh. Nurul Akmal bersama atlet Rio Waida berhasil terpilih sebagai pembawa bendera di opening Olimpiade Tokyo 2020.

Saat ini, meski Nurul Akmal belum bisa memberikan persembahan kepada Indonesia berupa medali kemenangan. Tetapi, Nurul Akmal telah menerima banyak pujian dan dukungan atas perjuangannya di Olimpiade Tokyo 2020, hingga menduduki posisi lima besar dalam cabang olahraga angka besi kelas + 87 kg.

Memulai Perjuangan Sebagai Atlet Dari Daerah

Bagi seorang atlet, hanya untuk merebut tiket sebuah ajang perlombaan ternama itu memperlukan perjuangan yang sangat besar. Sehingga, perolehan tiket untuk bertanding mewakili Indonesia dalam Olimpiade Tokyo 2020 ini, merupakan kebanggaan dan puncak karier dari atlet Nurul Akmal. 

Lahir pada tanggal 12 Februari 1993, Nurul Akmal memulai kariernya dalam berbagai kompertisi tingkat daerah loh. Bahkan, dalam suatu interview Nurul Akmal menyampaikan bahwa, ia mencoba cabang olahraga angkat besi ketika ia berada di bangku SMA atau sekitar tahun 2009.

Nurul Akmal atau Amel mengungkapkan bahwa setelah mencoba angkat besi, ia merasa tertantang untuk terus berjuang dengan olahraga ini. Selain itu, meski sebagai anak dari seorang petani, keadaan ini tak membuat Nurul Akmal putus asa dengan apa yang ia cita-citakan. Tetapi, hal itulah yang membuatnya mampu untuk terus bergerak maju tanpa menyerah. Semangat Nurul Akmal!

Berani Berjuang Hingga Lebarkan Sayap di Kancah Internasional

Setelah berjuang dalam perlombaan daerah hingga nasional, kini Nurul Akmal berhasil melanjutkan perjalanannya mencapai tingkat internasional loh. Sejak Nurul Akmal bergabung dalam PABBSI Aceh, ia berhasil menjuarai banyak perlombaan luar negeri. 

Di antaranya, pada tahun 2017 Nurul Akmal berhasil membawa medali perak pertamanya pada kelas + 75 kg di ajang perlombaan Islamic Solidarity Games. Selanjutnya, masih di tahun yang sama berhasil memenangkan perlombaan di Universiade Taipei.

Dan pada tahun 2018 tepatnya pada ajang Asian Games 2018 di Jakarta, Nurul Akmal berhasil menempati posisi keenam dalam kelas + 75kg. Dengan total angkatan 253kg yang terdiri atas snatcg 116kg dan clean and jerk 137kg. Hebat bukan?

Jalan yang Tak Mudah Mampu Membawanya Menembus Olimpiade Tokyo 2020

Tahukah kamu bahwa hadirnya Nurul Akmal dalam Olimpiade Tokyo 2020 ini cukup mengejutkan bagi banyak orang loh? Yap, hal ini berdasarkan urutan posisi tingkat dunia bahwa Nurul Akmal hanya bertengger di urutan ke 14 pada akhir 2020

Selanjutnya, Nurul Akmal yang berada di kelas + 87 kg ini berhasil mengikuti turnamen kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 ini yang digelar sejak 2018 loh. Nah, ajang pertama yang diikuti Nurul Akmal untuk kualifikasi ini adalah IWF World Championships 2018, yang diselenggarakan di Ashgabat, Turkmenistan.

Dengan perolehan total angkatan 251 kg yang terdiri dari snatch 105kg dan clean and jerk 146kg yang menempati posisi ke 12. Tak sampai disini saja, Nurul Akmal berhasil mempertajam catatan kemampuannya dalam EGAT’s Cup International Weighlifting Championships di Thailand, wow! Dengan total angkatan 260kg yang terdiri atas snatch 111kg, juga clean and jerk 149kg, luar biasa!

Tak Mudah, Nurul Akmal Mengalami Pasang Surut di Kualifikasi

Jalan perjuangan selalu tak semulus dengan apa yang di bayangkan, hal ini pun terjadi juga pada atlet angkat besi Nurul Akmal. Setelah dari dua perlombaan diatas (IWF World Championships 2018 dan EGAT’s Cup International Weighlifting Championships), ternyata Nurul Akmal sempat mengalami penurunan catatan dari dua kompetisi berikutnya loh

Yaitu pada ajang perlombaan IWF World Cup 2019 di Fuzhou, China dengan total angkatan 255kg, yang terdiri atas snatch 112kg, juga clean and jerk 143kg.

Kemudian pada perlombaan Asian Championships 2019 di Ningbo, China yang juga melemah dengan total angkatan 250kg, yang terdiri atas snatch 107kg juga clean and jerk 143kg. Meski begitu, Nurul Akmal tetap dapat bertahan dan mengalami peningkatan catatan pada kompetisi loh!

Dampak Dari Pandemi, Atlet Angkat Besi Nurul Akmal Sempat Vakum di Dunia Olahraga

Sepanjang tahun 2020, Nurul Akmal sempat vakum dari berbagai kejuaraan Internasional loh. Hal ini diungkapkan sebagai salah satu dampak dari adanya pandemi Covid-19 Sob! Daaan, sebelum menjalani ajang perlombaan Olimpiade Tokyo 2020, Nurul Akmal tampil dalam Asian Championships yang diselengarakan di Tashkent, Uzbekistan pada April 2021 lalu.

Dari perlombaan itu, Nurul Akmal seorang lifter andalan Indonesia ini mencatatkan total angkatan 251kg yang terdiri dari snatch 111kg juga clean and jerk 140kg.

Itulah tadi deretan fakta menarik dari atlet angkat besi Nurul Akmal yang telah berjuang dalam Olimpiade Tokyo 2020. Meski belum mempersembahkan medali kejuaraan dalam olimpiade ini untuk Indonesia, tetap semangat dan terus berjuang untuk kompetisi di kancah internasional lainnya ya! Salam Merah Putih!

Baca Juga  Potret Cantik Amanda Manopo, Pemeran Andin di Ikatan Cinta Beserta Faktanya

Comment

Artikel Terkait