by

Bencana Emak-emak di Dapur

Seorang emak pastilah enggak pernah jauh dari dapur, entah itu buat masak makanan untuk sekeluarga, masak mi instan atau semales-malesnya, cuman ngangetin makanan yang belinya udah mateng. Makanya kalau mau nyari emak dan enggak ketemu di mana-mana, pasti adanya di dapur.

Karena pekerjaan emak bukan cuman di dapur, emak musti bisa masak sambil beberes rumah, nyetrika baju yang udah segunung, dan ngebangunin anak-anak yang mau pergi ke sekolah. Buat emak-emak yang masih harus ngantor, pekerjaaannya semakin berat karena harus masak subuh-subuh buat sekeluarga. Karena banyak pekerjaan yang dirangkap, enggak jarang terjadi bencana yang dihadapi oleh emak-emak di dapur.

Mau tahu, kejadian lucu bin aneh apa aja yang bisa terjadi di dapur? Simak tujuh di antaranya, ya sobat.

1. Ketika Lupa Nyalain Rice Cooker

Semua masakan udah mateng. Ada sayur kangkung. ikan tongkol balado sama tempe goreng tepung. Semua udah duduk anteng di meja makan. Pas emak mau mindahin nasi ke meja makan, buka tutup magicom. Eng ing eng … nasinya lupa diceklekin ke bawah alias masih mentah dong ya! huhuhu, sungguh bencana.

2. Asal Nyampurin Telur Saking Mau Gercepnya ya bun

Bikin kue bolu buat dibawa ke rumah saudara yang lagi hajatan, resepnya nyomot di google yang pakai delapan telur. Pertama masukin dulu gula ke baskom, terus pecahin deh telur satu per satu sambil dimasukin ke baskom. Satu, dua, tiga sampai tujuh telor udah masuk. Pas pecahin telor yang terakhir ternyata … alamaaak, telornya busuk! Mana udah langsung kecampur sama yang lain. Duh mak mak.

3. Lupa Nutup Wajan adalah Bencana Selanjutnya

Buka puasa tinggal setengah jam lagi. Lauk dan sayur udah siap. Kolak pisang sama es buah juga udah tinggal disendokin. Tinggal goreng bakwan jagung pesenan si kakak aja, untung masih ada minyak bekas goreng kerupuk tadi siang, lumayan deh masih cukup.

Baca Juga  Meme Jadul Makanan Bulan Puasa, Mana Nih yang Relate Sama Kamu?

Pas mau nyalain kompor baru lihat minyaknya, rupanya lupa ditutup. Di dalam minyaknya kemasukan mbahnya kecoak yang super gede. Hiii … jijik banget, mana minyak cuman segitu-gitunya. Oalah mak mak.

4. Efek Lupa

Bantuin Bu RT di dapurnya bikin kue lapis tepung beras warna putih campur ijo, maksudnya sih mau diikutin lomba kue di PKK Kelurahan. Tepung, gula, garamdan santan udah diadonin, santannya juga kental. Pokoknya sip dah.

Emak ngambil sepuhan kue warna ijo, tuang sedikit ke adonan, langsung aduk rata. Ijonya cakep banget. Selesai ngaduk baru nyadar kalau adonannya belum dibagi dua alias semuanya ijo. Mana sorenya tuh kue mau dibawa ke Kelurahan sama Bu RT. Bener-bener bencana buat emak-emak di dapur ya sob.

5. Salah Masukin Bumbu Bikin Menangis

Emak bikin bubur kacang ijo di dapur. Pas mau dikasih gula, ngambil gula jawa dulu di kulkas, ditambah gula putih, langsung dicemplungin bareng. Waktu dimakan sama si bapak, kenapa mukanya agak-agak meringis gitu, ya? Ditanya dong sama si bapak,

“Mak, kok buburnya ada pedes-pedesnya dikit, ya?”

“Ah, yang bener? Coba sini emak cobain,” kata emak sambil ikut nyobain buburnya.

Ternyata bener, ada pedes-pedesnya. Karena penasaran, emak langsung lihat bungkusan gula merah yang masih sisa di dalam kulkas. Ternyata di plastik pembungkusnya ada tulisan, “Bumbu pecel madiun.” hadeh hadeh..

6. Perkara Gigi Kambing

Pas lebaran haji, emak dikasih kepala kambing sama Pak RT yang habis motong kambing tiga ekor. Emak semangat banget masaknya soalnya si bapak sama anak-anak semuanya fans berat gulai kambing. Udah setengah hari di dapur, akhirnya mateng juga tuh gulai kepala kambing sepanci gede.

Baca Juga  Belajar Dari Cinderella: Miliki 8 Hal Ini Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

Di meja makan, semua lagi asyik makan gulai yang rasanya pedes dan mantap banget. Si bapak nambah berkali-kali padahal udah keringetan parah.

Tiba-tiba, jagoan emak yang namanya Popon, umur delapan tahun, ngambek sambil nangis dan lari masuk ke kamar. Dipanggil-panggil tetap nggak mau. Si bapak yang penasaran ngambil piring makan si Popon dan ngelihat isinya. Pantesan aja Popon ngambek. Di dalam piringnya, tergeletak dengan manis … tiga buah gigi kambing. Hih serem ya.

7. Kerjaan si Atun, Jambu Air Malah dikupas

Emak lagi bikin rujak serut buat dibawa ke acara arisan keluarga dibantuin sama ART baru, si Atun yang baru aja datang dari kampung. Emak lagi repot bikin bumbu rujaknya dan enggak merhatiin si Atun yang lagi sibuk ngupas dan marutin buah-buahan.

Pas buah-buahannya udah selesai diparut semua, emak heran kenapa warnanya pucat banget. Padahal tadi emak bela-belain beli jambu air merah gede-gede, yang harganya lumayan mahal supaya warna rujaknya ada merah-merahnya. Si Atun langsung dipanggil,

“Tun, tadi jambu airnya udah diparut semua?”

“Udah, Bu, udah Atun campur sama yang lain.”

“Kok jambunya enggak merah? Kan ibu beli sekilo tadi.”

“Anu, Bu. Jambunya Atun kupas semua kulitnya, biar bersih!”

8. Gara-gara Terlalu Bersih

Emak mau bikin martabak mini isi daging cincang buat cemilan sore-sore, mumpung hari libur dan semua ada di rumah. Emak lagi ngiris daun bawang sama bawang bombay. Atun disuruh nyuci daging cincang yang mau ditumis. Pas emak ngambil dagingnya langsung melotot,

“Hah? Kenapa dagingnya jadi dikit banget? Padahal tadi beli di pasar setengah kilo,” batin emak. Atun langsung ditanyain,

Baca Juga  Review Film Mulan, Film Disney yang Didubbing Yuki Kato hingga Luna Maya

“Tun, ini dagingnya kamu apain? Kok jadi sedikit banget?”

“Enggak diapa-apain, Bu. Cuman dicuci aja.”

“Gimana cara nyucinya?”

“Dicuci di air keran, Bu, berkali-kali. Habis, Atun lihat dagingnya masih merah terus. Atun cuci deh sampai putih. Sekarang udah enggak merah lagi, ‘kan, Bu?’

“iya, Atun, nggak merah lagi tapi jadi sedikit banget. Kalau nyuci daging tuh musti pakai saringan!”

Begitulah keribetan emak-emak di dapur setiap hari, yang harus masakin macam-macam masakan sesuai selera orang serumah yang seringkali beda-beda. Segitu repotnya pun, emak paling males kalau si bapak ikut-ikutan masak di dapur. Bukan takut masakannya enggak enak, tapi perabotan seisi dapur dipakai semua, kayak orang mau masak buat hajatan aja.

Ada lagi, sih, satu pekerjaan yang sering jadi bencana buat emak-emak di dapur. Apalagi kalau bukan masang tabung gas melon tiga kiloan yang enggak selalu berhasil. Kalau pas dipasang terus bunyi, cesss … emak langsung kabuuur ….

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya