by

Urutan Film Spiderman: Buat Kamu yang Pengen Marathon Film-Filmnya, nih!

Nama superhero Spiderman mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu, film yang identik digandrungi oleh anak-anak ini nyatanya kini tak hanya anak-anak saja yang menggandrunginya. Bahkan orang dewasa pun juga menggemari superhero yang satu ini. Apalagi setelah film Spiderman: No Way Home yang dirilis pada tanggal 15 Desember 2021, film ini banyak menuai pujian dan banyak penggemar yang berbondong-bondong untuk ingin menontonnya.

Buat kamu yang kepo atau penasaran dengan film-film Spiderman, berikut ini urutan film Spiderman berdasarkan perilisannya di bioskop.

1. Spiderman 2002

Spider-Man (2002 film) - Wikipedia

Urutan film Spiderman yang pertama yaitu film Spiderman yang dirilis pada tanggal 22 Mei 2002. Film ini disutradarai oleh Sam Raimi dan diperankan oleh Tobey Maguire, yang menjadi sosok Peter Parker atau Spiderman.

Di film ini Tobey Maguire memerankan sosok Peter Parker sebagai seorang mahasiswa yang hidupnya malang. Peter Parker bukan dikenal sebagai sosok mahasiswa yang populer atau berprestasi, ia hanya sosok mahasiswa biasa yang tidak memiliki banyak teman dan malah cenderung selalu mengalah pada temannya.

Hingga suatu hari ketika mengikuti salah satu kegiatan yang diadakan oleh jurusannya, Peter Parker mengalami kejadian yang sama sekali tidak ia bayangkan, hingga pada akhirnya ia mendapatkan kekuatan laba-laba.

Di film ini musuh pertama dari Spiderman ialah Norman Osborn atau Green Goblin, yang diperankan dengan apik oleh Willem Dafoe.

2. Spiderman 2 (2004)

Spider-Man 2 (2004) - IMDb

Masih diperankan oleh Tobey Maguire, film Spiderman 2 ini melanjutkan kisah Peter Parker yang merasakan kekecewaan yang begitu dalam pada hidupnya setelah pamannya meninggal, sehingga kekuatan yang ia punyai hilang. Kemudian di film ini Spiderman harus menghadapi sosok musuh baru, yaitu Dr. Otto Octavius (Alfred Molina).

Baca Juga  Review Drama Live On: Kamu Tidak Hidup Sendirian

Sebelum menjadi sosok jahat, Dr. Otto Octavius ini merupakan seorang penemu, dosen, serta ilmuan yang begitu jenius dan dihormati. Sayangnya sebuah eksperimen yang ia lakukan tidak berhasil secara maksimal, sehingga menyebabkan tentakel mesin yang tidak bisa ia kendalikan menjadi masuk dalam tubuh serta otaknya, sehingga ia menjadi sosok jahat si musuh Spiderman.

3. Spiderman 3 (2007)

FILM - Spider-Man 3 (2007) - Tribunnewswiki.com Mobile

Film Spiderman 3 menjadi penutup dari trylogi film Spiderman, yang diperankan oleh Tobey Maguire dan disutradarai oleh Sam Raimi. Pada film Spiderman 3 ini Peter Parker atau Spiderman harus melawan sosok Eddie Brock (Topher Grace) dan Sandman, yang diperankan oleh Thomas Haden Church.

Salah satu yang membuat film ini begitu menyesakkan ialah saat sahabat dari Spiderman, yaitu Harry, harus meregang nyawa, sehingga Peter Parker begitu merasa kehilangan oleh sosok sahabat.

4. The Amazing Spiderman (2012)

The Amazing Spider-Man (2012) - IMDb

Selang beberapa tahun setelah trylogi film Spiderman dirilis, pada tahun 2012 dirilis kembali film Spiderman yang diberi judul The Amazing Spiderman. Film Spiderman ini tidak lagi diperankan oleh sosok Tobey Maguire, tapi diperankan oleh Andrew Garfield dan disutradarai oleh Marc Webb.

Di film ini sosok Peter Parker diceritakan mendapatkan kekuatan berupa jaring laba-laba. Bedanya dengan film Spiderman yang sebelum-sebelumnya, jika di tiga film Spiderman sebelumnya ada sosok Marry Jane, di film Spiderman kali ini muncul sosok wanita yang disukai oleh Peter yang bernama Gwen Stacy. Gwen Stacy diperankan oleh sosok Emma Stone. Untuk musuhnya sendiri, di film kali ini musuh dari Spiderman ialah The Lizard yang diperankan oleh sosok Rhys Ifans.

5. The Amazing Spiderman 2 (2014)

The Amazing Spider-Man 2 (2014) - IMDb

Kembali melanjutkan kisah Peter di The Amazing Spiderman 2, di film kedua ini Spiderman harus melawan sosok Green Goblin (Dane DeHaan) dan Electro (Jamie Foxx). Tak hanya melulu soal Spiderman yang harus melawan musuh-musuhnya, di film kali ini kamu juga akan disuguhkan dengan kisah romantisme Spiderman dengan Gwen Stacy, yang begitu tragis sebab Gwen meninggal dunia karena ia gagal diselamatkan oleh Spiderman.

Baca Juga  5 Film tentang Pandemi, Jadi Pelajaran agar Tidak Remeh Covid-19

Sayangnya film The Amazing Spiderman 2 ini menjadi penutup dari film Spiderman yang dibintangi oleh Andrew, karena sekuel lainnya batal untuk diproduksi.

6. Spiderman: Homecoming (2017)

Spider-Man: Homecoming - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tidak melanjutkan untuk memproduksi The Amazing Spiderman 3, Sony Pictures memutuskan untuk berkolaborasi dengan Marvel Studios untuk membawa Spiderman dalam Marvel Cinematic Universe. Untuk  pemeran utama di film Spiderman kali ini ialah Tom Holland, yang pertama kali diperkenalkan melalui film Captain America: Civil War yang kemudian memiliki film solonya sendiri, yaitu Spiderman: Homecoming yang dirilis pada tahun 2017.

Tak jauh berbeda dengan film sebelumnya, karakter Peter Parker dalam film ini juga diceritakan merupakan sosok mahasiswa yang biasa saja dan tidak terlalu menonjol. Dalam kisahnya untuk menghadapi para musuh, Spiderman nantinya dibantu oleh dua orang, yaitu sahabatnya sendiri, Ned (Jacob Batalon) dan calon pacarnya, yaitu MJ (Zendaya).

Jika di film Spiderman sebelumnya sosok Bibi May digambarkan sebagai wanita tua, di film kali ini sosok Bibi May tampil lebih muda. Untuk musuhnya sendiri, musuh Spiderman dalam film kali ini ialah Vulture yang diperankan oleh Michael Keaton.

7. Spiderman: Far From Home (2019)

Spider-Man: Far From Home - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kembali melanjutkan kisah Peter Parker, dalam film Spiderman: Far From Home kali ini sosok Peter harus bangkit dari keterpurukannya pasca kematian Tony Stark. Kemudian Peter harus menghadapi musuhnya yang begitu manipulative, yaitu Mysterio (Jake Gyllenhaal). Di film ini tampaknya menjadi awal mula dari hubungan Peter dengan MJ yang semakin dalam, sehingga muncullah benih-benih cinta dari keduanya.

Buat kamu yang ingin nonton Spiderman: No Way Home, pastikan kamu menonton film ini dulu ya, sebab film ini nantinya masih berkaitan dengan film Spiderman: No Way Home.

Baca Juga  Simak Yuk, 4 Pesan Positif Film Detektif Terbaru Enola Holmes
8. Spiderman: No Way Home (2021)

review film Spiderman: No Way Home

Melanjutkan kisah Peter di film yang sebelumnya, di film kali ini Peter harus dibuat kesulitan karena ulah dari Mysterio yang mengungkap identitas asli Spiderman, sehingga Peter menjadi buronan dari teman, warga, dan para wartawan pastinya. Karena identitas Peter Parker sebagai Spiderman sudah terbongkar, hidup Peter menjadi kacau dan berdampak pada keluarga, sahabat, serta pacarnya. Karena Peter ingin bertanggung jawab, ia pun meminta bantuan Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) agar semua orang menjadi lupa jika dirinya ini merupakan sosok dibalik Spiderman. Namun, sayangnya permintaan Peter malah mengacaukan alam semesta, sehingga beberapa karakter Spiderman dari film sebelumnya bermunculan di film ini.

Itu tadi urutan film Spiderman. Buat kamu yang berniat menonton film Spiderman: No Way Home yang kini tengah menjadi bahan perbincangan, sebelum menontonnya kamu juga bisa loh menonton film-film spiderman yang sebelum-sebelumnya.

Comment

Artikel Terkait