by

Kritisisme Pendidikan Dalam Film The Three Idiots

Ada banyak kritisisme pendidikan dalam film The Three Idiots yang dibintangi Amir Khan dan Kareena Kapoor. Sejatinya, nilai kritis ini harus dilihat dan dianalisis oleh para pemangku kebijakan terkait pendidikan, mungkin ada sisi baik yang bisa diterapkan di dalam dinamika pendidikan lokal. Memang sih ini hanya sebuah film saja, tetapi nalar idealisme-nya tidak dimungkiri tetap ada.

Pertanyaannya adalah nilai kritik seperti apa yang ada di dalam film genre komedi yang dibumbui drama romantisisme ini? Nah, di bawah ini terdapat beberapa nilai kritik yang dimaksud yang bisa dibaca dan dipahami oleh seluruh pembaca. Jadi silakan disimak saja, ini kritik yang dimaksud:

1. Arogansi Pengajar Memicu Down Psikologi Pembelajar

Di dalam film ini terdapat satu adegan yang menampilkan arogansi seorang dosen sekaligus rektor sebuah universitas. Arogansi yang dimaksud, adalah mencampakkan hasil karya kreativitas mahasiswa tanpa bertanya visi dan misi dari proses kreatifnya. Bahkan si rektor tersebut tidak melihat sama sekali, tetapi justru langsung meminta si mahasiswa untuk menelepon orang tuanya kalau dia tidak lulus tahun ini.

Si mahasiswa akhirnya merasa kecewa dan ditunjukkan kekecewaanny, pada sebuah jalan penyelesaian yang cukup tragis yaitu gantung diri. Sayangnya, sang rektor tetap berdiam dalam arogansinya ketika Rancho (Amir Khan), menyatakan kalau kematian temannya tersebut bukan murni bunuh diri melainkan pembunuhan.

Lihat bagaimana arogansi seorang pengajar yang tidak menghargai hasil karya mahasiswanya sedikitpun. Sebuah sikap yang amat sangat tidak terpuji, padahal esensi seorang pengajar adalah beri tauladan yang baik terlebih dahulu baru lakukan didikan yang tepat.

2. Masih Banyak Dosen yang Literer tetapi Tidak Paham Konsep Nalar Literatur

Di dalam film The Three Idiots ini juga ditampilkan kritik terhadap dosen yang literer, tetapi tidak paham dengan konsep nalar literatur. Hal ini ditunjukkan pada sebuah adegan ketika seorang dosen menyalahkan Rancho (Amir Khan), yang menjawab pertanyaan seputar definisi mesin dengan jawaban nalar dari buku yang dibaca.

Baca Juga  Apa Itu Musik Klasik? Mari Kita Simak Ulasan Seputar Musik Berikut Ini

Anehnya, si dosen malah mengaku takjub kepada jawaban Chatur Ramalingam, yang kesemuanya murni dari menghafal bukan menalar. Nah, ketika Rancho protes kalau jawaban dirinya sama dengan jawaban Chatur, malah si dosen marah dan mengusirnya keluar kelas. Rancho memang keluar kelas, namun uniknya dia kembali masuk dan mengatakan sebuah jawaban yang sama dengan jawaban Chatur, tetapi dengan kalimat yang lebih sempurna.

Si dosen akhirnya kebingungan apalagi disertai dengan teriakan dari mahasiswa yang lain. Ini merupakan potret pengajar yang kurang up to date. Mereka masih beranggapan kalau definisi yang ada di dalam buku adalah mutlak benar. Sedangkan jawaban penalaran darinya adalah salah. Padahal siapapun yang bisa menalar sebuah literatur dengan tepat, berarti dia paham teori tersebut apalagi sampai mampu mengubahnya dengan diksi yang lebih mudah.

3. Fisika Bukan Semata Teori, tetapi Pertolongan Pertama dalam Kehidupan

Kritisisme Pendidikan dalam Film The Three Idiots, yang berikutnya terkait dengan pemahaman kalau fisika hanya teori saja, padahal ada esensi pertolongan pertama di dalam kehidupan ketika teori tersebut diterapkan menjadi perilaku (praktik).

Rancho merupakan remaja yang bandel bahkan dianggap idiot bersama tiga temannya, Farhan Qureshi (Madhavan) dan Raju Rastogi (Sharman Joshi). Dia amat kesulitan untuk belajar di kelas dengan betah, sehingga lebih sering diusir karena berdebat dengan dosen pengajarnya.

Namun, di angle pertengahan yang menjadi klimaks dari film beralur campuran ini, Rancho menunjukkan kapasitasnya sebagai fisikawan praktis. Ya, dia berhasil membantu kelahiran kakak dari Pia (Kareena Kapor) hanya dengan berbekal alat vacum cleaner yang disambungkan pada pembangkit listrik sederhana.

Tentunya ini menunjukkan kalau, teori fisika tetap penting untuk diajarkan, tetapi praktik fisika jauh lebih penting untuk dikenalkan. Apalagi esensi dari praktik ini adalah menyelamatkan kehidupan. Nah, nilai kritik ini mungkin ingin diarahkan pada pendidikan yang masih menganggap teori adalah saklek alias sudah terdoktrinal ke dalam kurikulum.

Baca Juga  Simak Yuk, 4 Pesan Positif Film Detektif Terbaru Enola Holmes
4. Sekolah Outdoor Lebih Hebat dari Sekolah Berbasis Classical

Idealisme dari film ini yang juga ingin ditunjukkan, ialah sekolah outdoor ternyata lebih hebat dan lebih berfaedah daripada sekolah yang hanya berbasis classical atau di dalam kelas. Hal ini dimunculkan di angle terakhir ketika Raju, Pia dan Farhan kebingungan saat mencari Rancho yang nama aslinya adalah Phunsuk Wangdu.

Ternyata si Wangdu atau Chotee ini telah menjadi seorang guru di lembaga sekolah yang sangat unik. Keunikan yang dimaksud adalah, sekolah tersebut berbasis alam. Seluruh siswanya tumpah ruah di luar kelas belajar mengaktualisasi diri sesuai bakat dan minatnya masing-masing. Teman-temannya ini semakin kagum kepada Wangdu atau Rancho yang ternyata juga seorang ilmuan dengan 100 hak paten.

Di dalam angle ini, sejatinya sang sineas ingin menunjukkan kalau pembelajaran yang hebat bukan pembelajaran yang semata dilakukan di dalam kelas. Justru pembelajaran terbaik adalah pembelajaran praktik yang dilakukan di luar kelas. Faktanya memang demikian, dimana siswa ataupun maha siswa tetap lebih suka belajar di luar yang lebih nyaman, plural dan bebas merdeka, daripada belajar di dalam kelas yang membosankan.

Bagaimana, kritisisme Pendidikan dalam Film The Three Idiots cukup mengena bukan? Maka dari itu, kalau ingin melihat pendidikan yang proporsional, maka silakan tonton film Bollywood ini. Dijamin, ada paradigma berpikir baru yang muncul di dalam otak kita semua.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait