by

Film Sayap-Sayap Patah dan Faktanya: Film dari Kisah Nyata

Mungkin saat ini film Sayap-Sayap Patah menjadi salah satu film yang tengah booming. Entah di Instagram, Twitter, TikTok, maupun di media-media sosial lainnya beberapa cuplikan video atau foto film ini kerap ditemui. Film yang dirilis pada 18 Agustus 2022 ini, disutradarai oleh Rudi Soedjarwo dan diperankan dengan apik oleh Nicholas Saputra, Ariel Tatum, Iwa K dan artis dalam negeri lainnya. 

Film ini mengisahkan mengenai sepasang suami istri yang terjebak dalam kondisi yang begitu menegangkan. Adji yang diperankan oleh Nicholas Saputra yang merupakan sosok anggota Densus 88, yang selalu menjadi garda terdepan untuk memerangi terorisme, kemudian ada Nani yang diperankan oleh Ariel Tatum yang merupakan sosok istri yang begitu mencintai Adji. 

Hubungan Adji dengan Nani sangatlah harmonis, apalagi ditambah Nani yang tengah hamil membuat hubungan mereka berdua semakin erat, kebahagiaan pun terpancar jelas di wajah mereka setiap harinya.

Namun, walaupun begitu Nani menyimpan rasa khawatir yang besar terhadap pekerjaan Adji yang berbahaya. Apalagi saat Nani hamil dan kehamilannya semakin besar, Adji masih aktif melaksanakan tugasnya sebagai salah satu anggota dari Densus 88. 

Kemudian saat kandungan Nani semakin besar, ia memutuskan untuk pergi ke rumah ibunya demi menjaga kesehatan kandungannya. Sang suami pun juga turut pindah dan bekerja di Jakarta agar bisa berada terus di samping istrinya.

Namun, sayangnya di hari pertama Adji bertugas ia mendapat masalah yang besar, penjara tempat para teroris ditahan telah dibobol dan menyebabkan kerusuhan besar-besaran di dalam sana. 

Para tahanan teroris tersebut menyerang para brimob sebagai bentuk kemarahan mereka, termasuk pada Adji. Adjipun disandera serta diancam oleh para teroris tersebut. Di tengah suasana penyanderaan Adji yang begitu menegangkan, ia tidak tahu bahwa di luar sana sang istri tercinta tengah berjuang keras untuk melahirkan buah hati yang mereka tunggu.

Baca Juga  Kdrama Lovers Udah Nonton Belum? 5 Drama Korea yang Paling Banyak Ditonton Di Tahun 2020

Lalu bagaimana kelanjutan dari kisah Adji dan Nani ini? Buat kamu yang belum menonton film Sayap-Sayap Patah, kamu bisa nih menontonnya di bioskop terdekat rumahmu. 

Nah, itu tadi sinopsis dari film Sayap-Sayap Patah, buat kamu yang belum tahu, berikut ini beberapa fakta dibalik film Sayap-Sayap Patah yang tengah booming ini: 

1. Film Sayap-Sayap Patah Terinspirasi dari Kisah Nyata 

Buat kamu yang belum tahu, sebenarnya film Sayap-Sayap Patah ini alur ceritanya terinspirasi dari kisah nyata saat peristiwa pembobolan rumah tahanan atau penjara Mako Brimob, Kelapa Dua, pada tahun 2018 lalu. Pembobolan rumah tahanan ini dilakukan oleh tahanan kasus terorisme sebanyak 155 tahanan. 

Tidak main-main, peristiwa berdarah tersebut bahkan sampai menyebabkan sebanyak 5 anggota Densus 88 gugur. Berdasarkan inspirasi kisah tersebut, maka tak heran jika kamu akan banyak menemukan scene yang latar belakangnya ialah kantor polisi. 

2. Makna dari Sayap-Sayap Patah 

Kalau kamu masih bingung maksud dari judul film “Sayap-Sayap Patah”, maksud dari judul film tersebut merupakan luka dari Indonesia yang diakibatkan oleh para terorisme. Para terorisme yang telah meresahkan warga Indonesia dan diamankan oleh Densus 88, malah membuat kerusuhan hingga beberapa anggota Densus 88 gugur di medan perang. 

Sedangkan menurut sang penulis film, yaitu Monty Tiwa menggambarkan bahwa penyerangan di Mako Brimob ini dapat membangkitkan rasa optimisme, bahwa ancaman radikalisme merupakan sesuatu yang tidak perlu ditakuti dan diresahkan. 

3. Film Perdana Nicholas Saputra dan Ariel Tatum Beradu Akting 

Siapa sih yang tidak tahu Nicholas Saputra dan Ariel Tatum? Iyap, keduanya merupakan salah satu artis papan atas yang kerap bermain film maupun sinetron. Nama Nicholas Saputra pasti sudah tidak asing lagi bagi pecinta film Ada Apa dengan Cinta, sebab Nicholas yang menjadi pemeran utama di film yang beberapa tahun lalu pernah booming juga di Indonesia. 

Baca Juga  5 Aplikasi Game Offline Seru untuk Android

Kemudian Ariel Tatum merupakan salah satu pemain sinetron yang kerap juga bermain film. Bertahun-tahun lamanya mereka berdua bergelut di dunia entertainment Indonesia, baru saat bermain di film Sayap-Sayap Patah mereka berdua menjadi pemain utamanya.

Walaupun Nicholas Saputra dan Ariel Tatum memiliki jarak usia yang cukup jauh, tapi bukan berarti mereka berdua tampak canggung dalam berakting. Akting mereka berdua malah banyak mendapat pujian dan mengatakan bahwa mereka sangatlah cocok seperti pasangan nyata di real life

4. Momen Nicholas Saputra Pertama Kali Memegang Pistol 

Nicholas Saputra memerankan sosok Adji, di mana Adji ini merupakan seorang petinggi polisi yang menangani bagian kasus terorisme dan mengharuskannya untuk menggunakan pistol untuk bertugas. 

Pada momen tersebut Nicholas Saputra pertama kali memegang pistol, jadi selama ia syuting film Sayap-Sayap Patah ini Nicholas berlatih langsung menggunakan pistol yang nyata. 

5. Iwa K Memanjangkan Janggut Demi Memerankan Sosok Terorisme 

Tak hanya Ariel Tatum dan Nicholas Saputra saja yang aktingnya begitu dalam, tetapi sosok rapper Iwa K juga mencoba untuk memaksimalkan perannya menjadi sosok teroris dalam film ini. Sampai-sampai ia berani memanjangkan janggutnya demi memerankan sosok Leong, salah satu teroris yang ada di lapas tersebut.

6. Tak Hanya Tentang Ketegangan saat Penyerangan, Tetapi juga Tentang Cinta 

Nah, tak hanya menceritakan mengenai suasana tegang yang ada di Mako Brimob saja, film ini juga mengisahkan mengenai drama cinta yang dilakukan oleh Adji dan Nani yang begitu romantis. Kisah mereka berdua begitu dalam, hingga membuat para penonton menjadi baper melihatnya. 

Itu tadi Film Sayap-Sayap Patah beserta fakta-faktanya, sudahkah kamu menontonnya? 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya