by

Daftar 7 Keajaiban Dunia yang Terletak di Indonesia, Ada Apa Saja?

Bumi merupakan tempat eksotis dengan berbagai isi yang beraneka ragam, contohnya ialah keindahan alam dan hiruk pikuk kehidupan manusia yang mengisinya setiap hari. Terlepas dari semua itu, ternyata ada belahan bumi yang bisa dikatakan spesial dan legendaris, hal ini disebabkan karena adanya hal-hal yang dianggap oleh sebagian besar manusia sebagai sebuah keajaiban.

Berbicara mengenai keajaiban, di bumi yang kamu tinggali ini terdapat puluhan bahkan ratusan peninggalan sejarah yang disebut-sebut keren dan sangat terasa euforia keadaannya. Beberapa keajaiban dunia tersebut ada yang dari Indonesia loh! Lalu apa saja keajaiban dunia yang berasal dari Indonesia? Berikut ulasan lengkapnya!

Keajaiban Dunia yang Terdapat di Indonesia

Seperti yang dikatakan di atas, bahwa di dunia ini terdapat banyak hal yang terkadang tidak bisa dipahami secara logika bagi manusia seperti kita. Hal ini biasa disebut dengan keajaiban dunia, biasanya akan berupa wisata alam dan hal unik lainnya. Berbagai keajaiban dunia ini tak terletak di tempat yang sama melainkan menyebar di berbagai belahan bumi.

Perbedaan lokasi di bumi sekaligus faktor manusia menjadikan banyaknya kemunculan beberapa tempat ajaib di dunia. Di antara mereka ada dari Indonesia dan juga negara luar lain, di negeri Indonesia ini sudah pernah diklaim UNESCO, sebagai salah satu negara penyumbang keajaiban dunia yang tak kalah banyak dari negara lain. Penasaran apa saja sih keajaiban dunia yang ada di Indonesia? Berikut daftarnya:

1. Raja Ampat

wayag island raja ampat - raja ampat potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pernah jalan-jalan ke daerah rumah honai alias Papua? Mungkin kamu sudah pernah mendengar nama ini sebelumnya. Memang benar, nama raja Ampat sempat menjadi populer setelah lokasi wisata tersebut telah dieksploitasi oleh beberapa pihak bahkan sempat dikunjungi oleh UNESCO. Pasca kejadian tersebut, secara langsung raja Ampat dinobatkan sebagai salah satu keajaiban dunia yang berasa dari Indonesia.

Baca Juga  5 Sahabat Terdekat Nabi Muhammad SAW yang Paling Populer!

Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan, raja ampat memiliki panorama yang indah nan alami yang menggambarkan dunia timur khas. Hawa angin yang sejuk sekaligus keindahan lautannya yang jernih, tak menjadikan bosan para pengunjung bahkan turis sekalipun.

2. Candi Borobudur

patung buddha dengan sinar matahari melalui pagoda di borobudur, indonesia - candi borobudur potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pernah dibangun oleh raja Pikatan di tahun 750-850 Masehi, tak menjadikan salah satu peninggalan sejarah ini terlupakan begitu saja. Pasalnya semakin kesini semakin banyak pengunjung baik itu pribumi maupun turis. Borobudur layaknya seperti wisata peninggalan sejarah yang dirasa tidak masuk akal, hal ini karena bentuknya yang besar disertai ukiran relief yang tak kalah indah dari zaman ini.

3. Pulau Komodo

potret naga komodo - pulau komodo potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kamu tinggal di wilayah Nusa tenggara timur? Mungkin sudah sangat mengenal dengan wisata populer satu ini. Siapa lagi kalau bukan pulau komodo yang menyediakan penuh habitat fauna dari hewan berkaki empat ini. Beberapa tahun silam pihak UNESCO menobatkan pulau komodo sebagai salah satu tempat keajaiban dunia. Hal ini menimbang bahwa lebih dari 50% spesies komodo hidup dan berkembang biak disini.

Tercatat terdapat ribuan spesies komodo yang terdapat di pulau satu ini, terhitung sejumlah 2800 ekor komodo yang menempati daerah ini. Tak hanya itu, terdapat beberapa spesies timuran lain semisal rusa dan kuda poni yang tak kalah keren. Pulau ini menjadi salah satu pulau dengan habitat fauna yang banyak dan masih terjaga dengan baik.

4. Kawah Ijen

kawah gunung api ijen dilihat dari gunung merapi di indonesia - kawah ijen potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tak hanya di wilayah barat semisal Islandia saja yang rupanya memiliki fenomena alam api biru, ternyata di wilayah Jawa timur tepatnya di kawah Ijen juga menyimpan misteri alam yang sama. Kedua tempat itu kini menjadi satu-satunya tempat yang memiliki fenomena alam api biru. Hal ini bisa terlihat nyata jika kamu menyaksikannya di pagi hari setelah fajar.

Baca Juga  5 Kampus Paling Elite di Indonesia, Kampus Kamu Termasuk Nggak nih?
5. Danau Toba

danau toba yang indah, indonesia - danau toba potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Mungkin di masa kecil kamu pernah mendengar dongeng tentang pak Toba, inilah yang juga mendasari bagaimana sebuah keajaiban alam di di Indonesia bisa terbentuk. Seperti namanya di dongeng, danau ini bernama danau Toba dan terletak di provinsi Sumatera Utara. Hal yang membuat penampakan alam ini menjadi fenomena ajaib ialah adanya pulau kecil di tengah danau yang luas, bahkan UNESCO pernah menobatkannya sebagai warisan sejarah.

6. Bunga Rafflesia Arnoldi

raflessia arnoldi - bunga rafflesia arnoldi potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kamu yang tinggal di daerah Sumatra pasti sudah pernah mendengar nama raflesia Arnoldi, ialah sebuah bunga yang memiliki ukuran diameter yang amat lebar dengan ciri khas menyengatkan bau yang tajam. Sesuai dengan namanya, bunga ini ditemukan pertama kali oleh sang penjajah Inggris, yakni Thomas Stamford Raffles di Bengkulu. Adapun saat ini bunga tersebut disimpan di kebun raya Bogor sebagai keajaiban dunia alami.

7. Pegunungan Jayawijaya

Salju Gunung Jayawijaya di Papua Tak Lagi Abadi, BMKG Prediksi Bisa Punah 3  Tahun Lagi - Bagian 1

Nah, untuk keajaiban dunia yang terakhir ada pegunungan yang sangat menjulang tinggi di Indonesia bernama Jayawijaya. Pegunungan ini terletak di Papua dan berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Hal yang menjadikannya sebagai salah satu daftar keajaiban dunia, ialah ketinggiannya dan juga fenomena es yang terkesan abadi menutupi atas puncak.

Pegunungan ini memiliki ketinggian sekitar 4900 meter diatas permukaan air laut, sehingga wajar apabila suhu yang ditimbulkan akan semakin dingin. Hal inilah yang juga mengakibatkan adanya tumpukan es yang menyelimuti atas gunung.

Nah, itulah tadi 7 keajaiban dunia yang berasal dari Indonesia. Dari daftar di atas apakah ada salah satu poin yang berada di daerah tempat tinggal kamu? Berminat untuk mengunjunginya?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya