by

Apa Saja Permainan Seru Bareng Anak?

Permainan seru bareng anak ini dapat bunda coba untuk bermain bersama sang anak. Selain itu, aktivitas ini pun dapat membuat Bunda sedikit santai karena melakukan beberapa hal yang menyenangkan dengan sang buah hati. Permainan ini pun cenderung lebih aman sehingga Bunda tidak perlu khawatir.

Permainan Seru Bareng Anak

Menyenangkan anak tidak selalu harus dengan barang-barang mewah atau mengeluarkan budget yang banyak. Bunda pun masih dapat menyenangkan anak-anak dengan hal-hal sederhana, salah satunya bermain bareng dengan anak-anak. Adapun permainan yang bisa Bunda lakukan bersama dengan Sang buah hati di antaranya!

1. Permainan Seni Peran

ibu cantik dan putri kecilnya bersenang-senang di piknik - mom play with child potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Permainan ini dapat melatih anak-anak untuk menumbuhkan rasa percaya diri dalam dirinya. Selain itu, hal tersebut dapat dijadikan salah salah satu usaha untuk mengasah kreativitas sang anak dan melatih kemampuan dalam bidang sosial.

Adapun permainan yang bisa digunakan adalah koki-kokian, dokter-dokteran, menjadi pengusaha dan lain sebagainya. Dengan bermain seperti itu, anak-anak pun dapat menambah kosa kata yang dimilikinya bahkan sekaligus belajar bahasa asing.

2. Bermain Bowling

ayah mengajar anak dan keluarga bermain bowling di klub bowling pada waktu santai - mom play bowling with child potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Permainan ini tidak selalu hanya untuk orang dewasa saja. Namun, dapat dilakukan oleh anak-anak pula. Tentunya bola yang digunannyakan pun berbeda dengan orang dewasa dan biasanya ada tempat-tempat yang khusus menyediakan permainan bowling untuk kids.

Selain seru, permainan ini pun dapat melatih anak untuk membentuk strategi yang tepat dalam memecahkan masalah. Bahkan dapat membantu  konsentrasi yang dimiliki lebih fokus. Selain bermain di tempat khusus, Bunda pun dapat membuat arena permainan sendiri.

Misalnya dari botol-botol plastik yang diwarnai yang dijadikan pin bowling. Sementara untuk bolanya dapat membeli bola plastik dan usahakan untuk bermain di tempat yang tidak terkena banyak angin, sehingga permainan akan lebih seru dan menyenangkan.

Baca Juga  Deretan Pertanyaan Rutin Saat Lebaran, Kalau Nggak Ada Rasanya Beda dan Gini Nih Cara Ngejawabnya!
3. Permainan Menyentuh Kemudian Menebak

pistol di tangan anak-anak. - anak anak menembak potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Permainan ini sangat bagus untuk sang anak mengenal lebih dalam mengenai objek yang ada di sekitar dengan cara menyentuhnya. Namun, pastikan objek yang akan disentuhnya tersebut memang aman dan tidak akan melukai tangan sang buah hati.

Bunda dapat membuat sebuah kotak dari kardus yang telah dibersihkan dan kemudian buatlah sebuha lobang. Setelah itu, masukan beberapa mainan dan persilahkan anak untuk menebak objek yang mereka sentuh.

4. Memburu Harta Karun

atur peti bajak laut tua yang penuh dengan harta karun, koin emas, vektor, gaya kartun, ilustrasi, terisolasi. untuk game, aplikasi iklan - harta karun ilustrasi stok

Permainan ini pun tidak kalah seru dengan yang lainnya, dimana hal ini cocok untuk si Kecil yang suka sekali tantangan. Dalam permainan ini si kecil akan belajar mengenai problem solving dan kejelian anak dalam melihat petunjuk.

Bunda pun dapat membuatkan peta untuk menemukan harta karun bagi si kecil. Selain itu, untuk area nya sendiri tidak perlu jauh-jauh, pasalnya hal tersebut dapat dilakukan di rumah saja. Bunda menyembunyikan beberapa benda kesukaan atau yang dianggap berharga oleh sang buah hati.

Bisa juga menyembunyikan barang-barang yang baru dibeli, sehingga ketika si kecil menemukannya, barang tersebut menjadi miliknya. Namun, pastikan Bunda tetap mengawasinya selama bermain agar tetap aman.

5. Membuat Kerajinan Tangan

produsen perhiasan wanita - membuat kerajinan potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Untuk bermain ini, Bunda dapat menggunakan barang khusus atau produk yang sudah tidak digunakan lagi. Adapun jenis kerajinan yang dibuat seperti scrapbook, membuat bunga dari kain planel dan lain sebagainya.

Selain seru, permainan ini pun dapat mengasah kreativitas dari si anak. Bahkan belajar membuat sesuatu yang memang berguna atau digunakan nantinya oleh mereka. Namun, usahakan gunakanlah peralatan yang memang aman untuk digunakan oleh anak-anak. Bahkan Bunda pu harus ikut serta dalam membingin anak untuk membuat kerajinan tersebut.

Baca Juga  Bikin Suasana Makin Seru, Ini Rekomendasi Aneka Camilan untuk Nonton Euro 2021
6. Memecahkan Teka-Teki

tangan anak kecil dan orang tua plying teka-teki permainan di atas meja kayu - main teka teki potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Permainan yang bisa Bunda pilih selanjutnya adalah memecahkan teka-teki. Seperti halnya jigsaw, labirin, tic-tac-toe dan lain sebagainya. Bunda dapat memilih jenis permainan sesuai dengan apa yang disukai oleh sang buah hati.

Dalam permainan ini, anak akan belajar mengenai problem solving, dan mengasah kreativitas. Usahkan untuk menemai anak saat beraian ini, sehingga ketika mereka dalam kesulitan, Bunda dapat memberikan petunjuk untuk menyelesaikan permainan tersebut.

Cara Memilih Permainan Seru untuk Anak

Memilih permainan tidak bisa hanya asal-asal saja. Pastinya, hal tersebut hanya akan mempengaruhi pertumbuhan maupun perkembangan si kecil. Maka untuk memilih jenis permainan yang tepat, ikutilah beberapa jenis dibawah ini yuk!

1. List Permainan yang Mendidik

Cobalah untuk melihat berbagai permainan yang sekiranya mendidik dan berdampak positif untuk tumbuh kembang si Kecil. Bunda dapat mencari tahu melalui buku, internet, bahkan orang terdekat Bunda. Tulislah beberapa permainan tersebut dan kemudian masukkanlah ke dalam jadwal bermain anak dengan Bunda.

2. Tentukan Permainan

Setelah melihat beberapa permainan yang sekiranya bisa dimainkan dengan sang buah hati, maka tentukanlah permainan mana yang akan Bunda coba dahulu. Keputusan hal ini bisa melibatkan sang buah hati, dengan memilih permainan yang disukai oleh nya. Selain itu, hal tersebut secara tidak langsung mengajarkannya untuk mengambil sebuah keputusan dan menjalankan apa yang sudah ia putuskan.

3. Siapakan Bahan Atau Perlengkapan yang Dibutuhkan

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan bahan yang diperlukan untuk mendukung jalannya permainan tersebut. Misalnya, jika Bunda dan sang buah hati memilih menjalankan memainkan sebuah peran dengan bermain dokter-dokteran. Maka setidaknya harus ada stetoskop mainan, jarum suntik mainan, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Review Film Stand By Me Doraemon: Akankah Doraemon Selamanya Bersama Nobita?

Itulah beberapa jenis permainan seru bareng anak yang bisa Bunda lakukan dengan si kecil. Sehingga aktivitas di dalam rumah semakin seru dan anak pun tidak bosan.  Jadi, dari berbagai permainan di atas, mana yang lebih menarik Bunda coba?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya