by

Apa Arti Ekspresi Wajah Kucing Kamu? Mari Kita Cek

Kucing adalah hewan yang cepat belajar, mereka bahkan juga menyadari bahwa kami tidak “berbicara” dalam bahasa yang sama. Sehingga, mereka perlu mengandalkan bahasa tubuh dan ekspresi kucing tertentu untuk memberi tahu kami apa yang mereka inginkan.

Seperti saat ini, mereka sangat terampil dalam melepaskan pesona untuk membuat kita memberikan apa yang mereka inginkan. Misalnya saja camilan, elusan di bawah dagu yang baik atau mungkin pangkuan untuk tidur siang para kucing.

Oleh karena itu, kita sangat menyukai kucing-kucing ini, yuk mari kita lihat tiga suasana hati kucing terutama berdasarkan ekspresi wajah kucing seperti di bawah ini, check it out!

1. Kucing bergerak untuk mencari Kasih Sayang!
Kucing bergerak u
unsplash.com

Nah, penasarankah kamu bagaimana kelihatannya? Jadi, yang pertama kucing akan menarik perhatian kamu dan kemudian mulai mengedipkan matanya secara perlahan ke arah kamu. Tubuh dia juga tampak rileks.

Stt! Dia mungkin perlahan mendatangi kamu dan dengan lembutnya, dia mulai membenturkan kepalanya ke dahi kamu, sebuah gerakan yang dikenal sebagai head bunting atau head bonking.

Apa yang coba dikatakan kucing: Ketahui bahwa kucing menganggap kamu sebagai teman terpercaya mereka. Sehingga, kucing dapat dengan lembut mengepakkan matanya dan melakukan pengibaran kepala, untuk orang-orang tertentu dengan tujuan untuk menunjukkan kasih sayang dan kepercayaan mereka, sweet bangett!

Selain itu, mereka juga merasa aman bersama kamu dan mereka juga akan sangat senang ketika bisa menghabiskan waktu bersama kamu!

Bagaimana menanggapinya: Jika kamu masih bingung cara menanggapi tingkah kucing yang lucu ini, maka cara mudahnya kamu hanya perlu mengedipkan mata kembali loh! Tapi, ingatlah untuk membuka dan menutup kedua mata secara perlahan.

Baca Juga  Enak Didengar, Ini 10 Daftar Lagu yang Lagi Viral

Kamu juga bisa langsung menundukkan kepala kamu untuk menerima head bunt dari kucing kamu. Selanjutnya, sebutkan nama dia dengan nada ceria juga ramah dan berikan elusan kepadanya di bagian bawah dagu dia.

2. Perhatikan baik-baik, apakah kucing kamu tampak marah atau gelisah!
kucing marah
unsplash.com

Ekspresi kedua dari kucing ini mungkin terlihat sulit dibedakan, tapi jangan khawatir karena kami yakin kamu pasti bisa, fighting! Lihatlah, telinga kucing yang ditarik ke belakang dan rata dengan kepalanya tetapi dalam posisi bertahan. Kemudian, kumisnya akan kaku dan terarah keluar. Pupil matanya juga menyempit dan tatapannya tajam serta penuh fokus.

Dan jika kamu perhatikan lagi, seluruh tubuh kucing nampak tegang dan bulu dia bisa terangkat di sepanjang tulang belakang. Sekali dia bahkan berhasil memecah kesunyian, dengan mendesis atau mengeluarkan geraman pelan ala kucing-kucing.

Apa yang coba dikatakan kucing: Jadi, dari tindakan-tindakan kucing tadi akan memberimu isyarat yang jelas bahwa dia sedang marah dan tidak ingin didekati atau bahkan disentuh. Dia sedang merasa kesal oleh sesuatu atau seseorang di lingkungannya. Penyebabnya mungkin sesuatu yang dapat para kucing deteksi, tetapi tidak bisa bagi kita para manusia.

Terkadang kita tidak dapat mengidentifikasi sumbernya, tetapi perlu diingat bahwa kucing memiliki pendengaran dan penciuman yang superior. Sehingga, jika kamu mengabaikan sinyal “mundur” maka kamu dapat menyebabkan kucing menyerangmu dengan cakar atau giginya dan menyebabkan cedera parah.

Cara menanggapi: Perhatikan sinyal “mundur” dari kucing dan beri dia ruang untuk keluar dari tempat kejadian atau tetap tenang. Jika kucing ada di pangkuan kamu, maka berhentilah membelainya, segera berdirilah, dan menjauhlah.

Jangan mencoba memanjakan atau menenangkan kucing yang sedang marah, karena dapat menyebabkan kucing mencakar atau menggigit. Jika ia menggigit tangan kamu, cara terbaik untuk melepaskan cengkeraman gigitannya adalah dengan mengendurkan tangan kamu  dan mengarahkannya ke mulut dia.

Baca Juga  Angga Yunanda Kembali Beraksi! Begini Review Film Dibawah Umur yang Dibintanginya

Daaan! Jangan mencoba menarik tangan kamu dengan cepat, karena kucing mungkin mengencangkan cengkeramannya dan menggigit lebih dalam, karena ia secara genetik terikat untuk melakukannya saat menangkap tikus atau mangsa lainnya. Jadi tetap waspada yaa!

3. Apakah Kucing Anda Berfokus dan Penasaran
kucing fokus
unsplash.com

Saat ini, kucing itu tampak sedang duduk atau berbaring dengan cakar depannya ke depan. Matanya juga terbuka dengan pupil sipit dan tampak sedang melihat sumber keingintahuan tanpa menatap tajam. Telinganya ke atas serta ke depan dan kumis wajahnya tampak ke depan tetapi tanpa ketegangan. Dia mungkin mengangkat hidungnya ke udara untuk mencium bau sesekali.

Apa yang kucing coba katakan: Dia mungkin sedang menyampaikan kepada kamu, “Hei, saya sedikit tertarik dengan apa yang kamu lakukan.” Jadi, kamu mendapatkan perhatian dari kucing kesayanganmu dan dia juga tidak tampak seperti merasa terancam atau gelisah.

Selanjutnya, dia akan mengamati kamu dengan cermat untuk melihat apakah kesempatan itu dapat bermanfaat, seperti camilan sehat gratis atau mainan lainnya.

Cara terbaik untuk meresponsnya: Jadi, saat kucing kamu dalam suasana ingin tahu seperti saat ini, maka manfaatkan hal ini agar dapat terhubung satu lawan satu. Kamu juga bisa memperkenalkan dia pada permainan baru atau mungkin teka-teki makanan baru, untuk melatih kekuatan mental dan fisiknya.

Selain itu, kamu juga bisa terlibat dalam percakapan singkat yang ceria dengan dia. Meski, dia tidak akan tahu apa yang kamu katakan, tetapi dia akan tahu dari nada ramah yang kamu sampaikan kepadanya.

Selanjutnya, kamu akan selalu dapat memoles apa arti mengeong pada kucing kamu, untuk mencoba dan menguraikan apa yang dia katakan kepada kamu juga.

Baca Juga  Kembalikan Sisi Humorismu dengan Meme Upin Ipin Lucu Ini

Kucing mampu mengekspresikan berbagai macam emosi melalui ekspresi wajah dan bahasa tubuh. Oleh karena itu, selalu berusahalah untuk memahami mereka yang ingin bermain atau makan, dengan menunjukkan ekspresi atau eongan mereka. Dari ketiga ekspresi pada kucing tadi, adakah yang menurutmu sangat sulit untuk dibedakan?

Comment

Artikel Terkait