by

7 Pertanda Kucing Merasa Nyaman dan Bahagia dengan Pemiliknya

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dipelihara. Bukan tanpa sebab, kucing menjadi pilihan hewan untuk dipelihara karena sejumlah alasan. Di antaranya adalah karena sifat dan tingkahnya yang menggemaskan. Memelihara kucing juga membantu meningkatkan mood kita dan mengusir stres.

Namun, bagaimana dengan kucing itu sendiri? Apakah kucing juga bisa merasakan kebahagiaan yang sama dengan pemiliknya? Ternyata kucing juga bisa merasa nyaman dengan pemiliknya loh sobat.

Rasa nyaman dan Bahagia itu ditunjukkan melalui perilakunya terhadap sang pemilik. Berikut akan dibahas beberapa pertanda kucing merasa nyaman dengan pemiliknya. Yuk simak penjelasannya!

1. Suka Bersentuhan dan Menggesekkan Tubuhnya pada Pemilik

kucing bahagia memiliki kepalanya dibelai oleh tangan seorang gadis remaja - kucing manja potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pertanda kucing merasa nyaman yang pertama adalah suka bersentuhan dan menggesekkan tubuhnya kepada pemilik. Kucing kamu suka menggesekan kepala dan badannya ke kaki kamu sobat? Itu salah satu pertanda kalau kucing kamu merasa nyaman dan bahagia di dekat kamu.

Kucing peliharaan memang memiliki keterikatan yang kuat dengan pemiliknya. Salah satu cara mengekspresikan keterikatan itu adalah dengan menggesekkan tubuhnya ke pemilik.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa ketika kucing menggesekkan tubuhnya kepada pemiliknya, kucing akan meninggalkan minyak dari kelenjar aroma yang ada di kepala, pipi dan dagunya. Meninggalkan aromanya ini merupakan cara yang digunakan kucing untuk menandai “kepemilikannya” pada sesuatu, termasuk kepada pemiliknya.

Jika kucing kamu sering menggesekkan tubuhnya ke kaki kamu, itu tandanya dia merasa bahwa kamu adalah miliknya dan merasa nyaman berada di dekat pemiliknya.

2. Melakukan Gerakan Seperti “Menguleni” atau Memijit

kucing dan kaki manusia di tempat tidur - kucing memijat potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Saat kucing menunjukkan gerakan seolah-olah sedang menguleni adonan atau memijit-mijit di atas sesuatu, tandanya kucing sedang merasa nyaman. Apalagi ketika kucing melakukan gerakan itu pada tubuh si pemiliknya. Selain terlihat sangat menggemaskan, hal itu sekaligus menjadi pertanda bahwa kucing sedang merasa bahagia dan nyaman.

Baca Juga  Film Jagat Arwah: Kisah Antara Jagat Manusia dan Jagat Arwah yang Penuh Unsur Budaya Nusantara

Biasanya kucing sekaligus menunjukkan ekspresi ingin dibelai oleh pemiliknya dan ketika sudah dibelai, kucing akan menggosokkan kepalanya ke tangan sang pemilik. Hal ini juga menjadi pertanda bahwa kucing merasa nyaman dan ingin disayang oleh pemiliknya.

Selain itu, kucing juga akan mendengkur sambal menutup matanya setengah. Hal ini menunjukkan bahwa kucing merasa aman di dekat kamu nih sobat.

3. Berkedip Secara Perlahan

tiga gadis muda memeluk kucing maine coon yang cantik. - kucing berkedip potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pertanda kucing merasa nyaman yang selanjutnya, adalah ketika kucing mengedipkan matanya secara perlahan seolah-olah kucing sedang mengantuk. Padahal sebenarnya hewan menggemaskan yang satu ini tidak sedang mengantuk, melainkan sedang merasa aman dan nyaman di dekat pemiliknya.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ketika mengedipkan matanya secara perlahan, berarti kucing akan menurunkan tingkat kewaspadaannya terhadap lingkungan sekitar. Ini menunjukkan bahwa ia merasa terlindungi dan merasa aman di dekat pemiliknya. Kedipan secara perlahan ini juga menunjukkan bahwa kucing ingin mengajak bersahabat.

4. Makan dengan Lahap dan Baik

kucing cantik menjilati wajahnya saat dia makan - kucing makan potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Makan dengan lahap dan baik juga merupakan pertanda kucing merasa nyaman, karena ketika kucing makan dengan lahap, artinya kucing merasa nyaman dan menyukai lingkungan sekitarnya. Nafsu makan yang baik dan terjaga juga mengindikasikan, bahwa kesehatan kucing sedang baik dan sedang merasa bahagia.

Namun sebaliknya, ketika kucing tidak nafsu makan bahkan tidak mau menyentuh makanannya sekalipun itu adalah makanan kesukaan, artinya sedang terjadi sesuatu pada kucing. Bisa saja kucing sedang merasa stres atau kurang enak badan.

5. Mendengkur

kucing tidur - kucing mendengkur potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pertanda kucing merasa nyaman yang selanjutnya adalah mendengkur. Biasanya, ketika kucing sedang manja kepada kita, akan terdengar suara seperti mendengur dari kucing disertai dengan gerakan yang mengisyaratkan bahwa kucing minta untuk dibelai.

Baca Juga  Sinopsis dan Fakta Drama Vincenzo, Lika-Liku Kehidupan Mafia

Ketika kucing mengeluarkan suara dengkuran ini, artinya kucing sedang memiliki suasana hati yang baik dan merasa nyaman di dekat pemiliknya. Dengkuran ini juga merupakan sebuah cara untuk berkomunikasi dan mekanisme menenangkan diri untuk kucing. Kucing ingin mengekspresikan kebahagiaannya dan ingin pemiliknya mengetahui, bahwa ia sedang merasa bahagia dan nyaman.

6. Menyambut atau Memanggil Pemiliknya dengan “Mengeong”

kucing abyssinian yang indah di sofa di rumah. hewan peliharaan yang indah - kucing mengeong potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Ketika kucing kita di rumah mengetahui bahwa kita baru saja memasuki rumah setelah pergi ke suatu tempat, biasanya kucing akan menghampiri kita sambil “mengeong”.

Ini merupakan cara kucing untuk menyapa pemiliknya dan menunjukkan, bahwa dirinya sedang bersemangat dan bahagia. “Mengeong” ini juga sekaligus sebagai pertanda bahwa kucing merasa senang bertemu dengan pemiliknya.

Ketika “mengeong” ini bisa saja kucing sedang meminta perhatian dari pemiliknya. Dengan melakukan perilaku ini bisa saja kucing bermaksud mengajak pemiliknya bermain, meluangkan waktu bersama dengannya, atau sekedar meminta diberi makan karena merasa lapar. Namun pada dasarnya, ketika kucing menghampiri kita sambil “mengeong” tandanya kucing sedang merasa senang dengan kehadiran kita.

7. Ekor Berbentuk Seperti Tanda Tanya

potret kucing eropa yang lucu - kucing ekor potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Ekor kucing ternyata juga biasa digunakan kucing untuk mengekspresikan perasaannya loh sobat. Entah itu perasaan bahagia, bersemangat, ingin bermain, merasa dalam bahaya, atau merasa tidak enak badan. Salah satu bentuk ekor yang mengindikasikan bahwa kucing merasa sedang bahagia, adalah ketika kucing membuat ekornya berbentuk seperti tanda tanya.

Hal ini akan menunjukkan bahwa kucing sedang berbahagia dan merasa percaya diri. Jika kucing membuat ekornya berbentuk menyerupai tanda tanya, artinya kucing sedang merasa bahagia, bersemangat, dan siap berinteraksi dengan pemiliknya.

Itulah beberapa pertanda kucing merasa nyaman dan bahagia ketika berada di dekat pemiliknya. Kucing memang merupakan hewan yang sangat menggemaskan dan bisa menjadi moodbooster, untuk pemiliknya setelah beraktivitas seharian. Namun, ada kalanya kita juga harus mengerti apa yang dirasakan kucing. Apakah kucing merasa nyaman di dekat kita atau tidak.

Baca Juga  4 Artis Tampan Korea yang diakui Multitalenta, Nomor 4 Paling Banyak

Pertanda-pertanda di atas bisa kamu jadikan acuan untuk mengetahui, apakah kucing kamu merasa nyaman di dekat kamu atau tidak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya