by

6 Bunga Terlaris di Dunia yang Punya Banyak Manfaat

Bunga merupakan salah satu jenis tumbuhan yang paling indah dan sangat menawan. Macam-macam jenis bunga juga sangatlah banyak dan bervariasi sekali. Tergantung lokasi dan tempat dimana bunga itu bisa bertumbuh.

Contohnya bunga teratai, yang tumbuh di perairan yang tenang atau kaktus di area kering dan panas. Sekalipun begitu, ada beberapa di antaranya yang masuk di kategori bunga terlaris di dunia. Penasaran bunga apa saja? Ini dia daftarnya.

1. Rosa ‘Mister Lincoln’

Bagi kamu para pecinta bunga, jenis bunga mawar sudah pasti tak asing dan begitu ramah di telinga. Hanya saja keberagaman jenis mawar kadang kala membuat kita gagal untuk membedakannya. It’s okay, nggak masalah. Tapi nih, ada satu jenis mawar yang penting untuk kamu ketahui. Mawar tuan Lincoln atau Rosa ‘Mister Lincoln’. Mawar merah ini merupakan hasil kultivar yang diakui berasal dari California, tepatnya pada tahun 1950-an.

Pentingnya lagi, bunga Rosa ‘Mister Lincoln’ menjadi satu-satunya jenis mawar yang paling mudah dirawat. Memiliki keistimewaan dengan aroma parfum yang mengenakkan, Rosa ‘Mister Lincoln’ akhirnya laris laku di berbagai belahan dunia. Tidak sekedar itu saja,¬† Rosa ‘Mister Lincoln’ yang sangat umum dijadikan sebagai simbol cinta kasih kepada pasangan, telah mendorong pemasaran Rosa ‘Mister Lincoln’ semakin besar, hingga tersebar dimana-mana. Terutama mendapati hari peringatan pasangan, seperti Valentine, dan anniversary.

2. Monstera deliciousa variegata

Memiliki nama ilmiah yang sangat panjang, Monstera deliciousa variegata adalah salah satu varian bunga yang paling jarang dihafalkan namanya. Kendati demikian, bentuk Monstera deliciousa variegata tidak perlu diragukan oleh para pecinta bunga. Tentu mereka sudah mengetahuinya.

Mempunyai nama dan bentuk yang unik, Monstera deliciousa variegata kerap dijadikan sebagai tanaman incaran oleh para kolektor. Tidak heran mengapa bunga ini akan selalu laris terjual, bahkan dengan harga yang cukup fantastis. Ya, 225 juta hingga lebih. Sesuai dengan hal tersebut, Monstera deliciousa variegata dijuluki sebagai bunga para sultan, alias bunga orang yang berharta.

Baca Juga  Buat Kamu yang Butuh Hiburan, Yuk Kepoin Rekomendasi Sitkom Ini!
3. Lavandula Angustifolia

Bunga Lavandula Angustifolia adalah jenis tanaman hias yang tumbuh merata di wilayah Mediterania, yaitu Semenanjung Arab dan Rusia. Bunga ini berkarakter ungu khusus, dengan aromanya yang tajam dan harum ketika di cium.

Punya kandungan baik sebagai olahan minyak, Lavandula Angustifolia sukses meningkatkan perekonomian bagi mereka yang mengolahnya. Tak terkecuali perusahaan kosmetika yang kerap mengincar Lavandula Angustifolia, untuk dijadikan bahan kosmetik.

Alasannya, minyak olahan Lavandula Angustifolia diklaim cocok untuk mempercantik kulit tubuh. Beberapa fungsi minyak Lavandula Angustifolia, ialah mengobati infeksi kulit akibat jamur serta menyembuhkan kulit yang terluka. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka cukup menjelaskan mengapa Lavandula Angustifolia terhitung masuk sebagai bunga terlaris di dunia.

4. Helianthus Annuus

Termasuk golongan bunga majemuk, Helianthus Annuus adalah bunga cantik yang senantiasa condong menghadap arah matahari. Warna bunga Helianthus Annuus yang kuning cerah layaknya matahari, memberi nama sebutan lain pada bunga ini yaitu bunga Matahari.

Persebaran utama bunga ini ada di wilayah Meksiko atau Amerika Tropik bagian Utara. Menariknya, Helianthus Annuus memiliki tinggi yang sangat mengejutkan. Tak lain 3 sampai 5 meter. Hal itupun tergantung pada jenis varietas dari Helianthus Annuus.

Tidak sebatas cantik, Helianthus Annuus diteliti punya sejumlah manfaat yang beragam. Di antaranya penyembuh luka, analgesik antiinflamasi, antidiare, antihistamin, antioksidan, antikanker, serta bahan makanan dan juga minuman.

Sederet manfaat itulah yang ujungnya membuat bunga Helianthus Annuus laris diperjual belikan. Perlu diketahui, biji Helianthus Annuus merupakan olahan kuaci yang selama ini kita konsumsi. Jadi jangan keliru, apalagi mengira kuaci bukan dari bunga matahari.

5. Tulipa Gesneriana

Banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias, Tulipa Gesneriana adalah bunga terlaris di dunia yang terhitung satu spesies dengan bunga lily. Terlibat salah satu bunga yang mekar terlambat, Tulipa Gesneriana punya ukuran yang begitu besar hingga terbilang sangat mencolok. Tidak kalah dengan Helianthus Annuus. Bunga Tulipa Gesneriana yang tumbuh pesat di Belanda, juga punya sejumlah manfaat penting bagi kesehatan.

Baca Juga  Wow! Ini 5 Fenomena Alam Menakjubkan di Dunia

Yaitu, mengatasi memar, melancarkan peredaran darah, anti parasit pada darah, mencegah leukimia, obat pegal linu dan mengatasi sakit punggung. Mengoleksi banyak kegunaan, ekspor bunga Tulipa Gesneriana pun mencapai totalitas yang sangat sempurna. Tak lain, 77 persen di pasar dunia. Wah, benar-benar laris sekali ya.

6. Dianthus Caryophyllus

Berasal dari kawasan Mediterania, Dianthus Caryophyllus atau yang umum dikenal Anyelir ini merupakan bunga populer yang hanya hidup selama kurun waktu 18-20 bulan. Bunga ini hampir sama tingginya dengan Helianthus Annuus (bunga matahari), bisa mencapai 2 meter. Bedanya, Dianthus Caryophyllus tidak setegak Helianthus Annuus. Sehingga perlu tali pengikat agar Dianthus Caryophyllus dapat tersokong kuat dan tidak meliuk.

Masih di seputar kesehatan, Dianthus Caryophyllus bermanfaat untuk mengatasi sembelit, infeksi saluran kemih, melancarkan persalinan, obat dialisis dan mengatasi peradangan. Berdasarkan hal itulah bunga Dianthus Caryophyllus akhirnya laris dibeli oleh industri farmasi di berbagai belahan dunia. Faktanya lagi, bunga Dianthus Caryophyllus bisa digunakan sebagai pelengkap dekorasi dengan hasil yang berkesan cantik dan elegan.

Semua bunga tentu saja punya kegunaan masing-masing. Jadi bukan berarti karena tidak laris, maka bunga tersebut tidak memiliki fungsi. Barangkali kelarisan beberapa jenis bunga yang ada, justru dikarenakan oleh tingginya fasilitasi sektor dagang, yang membuat bunga itu lebih dikenal.

Demikianlah rangkuman bunga terlaris di dunia. Semoga dengan adanya artikel ini, kita semakin paham bahwa bunga juga berguna di pengembangan ekonomi dan kesehatan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya