by

4 Kuis Jadul yang Paling Ngehits di Televisi dan Manfaat Menjadi Peserta Kuis

Sejak tahun 90-an, berbagai kuis menjadi tontonan yang merajai televisi di rumah kita. Mulai dari kuis-kuis hasil karya master kuis Indonesia, Ani Sumadi, hingga kuis-kuis yang lebih kekinian yang dibuat oleh murid beliau, Helmi Yahya. Rasanya kita masih ingat malam-malam kita duduk di depan televisi dengan bersemangat, menunggu tayangan kuis-kuis tersebut.

Yang membuat orang tertarik untuk menonton ataupun menjadi peserta kuis-kuis di televisi tersebut, selain dari hadiah-hadiah yang menggiurkan, juga keseruan yang hadir saat bersaing dengan peserta lain, untuk menjawab berbagai pertanyaan di dalam acara kuis. Ada empat kuis jadul yang paling ngehits di televisi pada tahun 90-an dan masih diingat orang hingga sekarang.

1. Kuis Berpacu dalam Melodi

Sejarah Kuis Berpacu Dalam Melodi dan Ketenaran Presenter Koes Hendratmo Yang Ditemukan Meninggal Dunia - Salatiga Terkini

Kuis dengan pembawa acara Koes Hendratmo ini adalah jenis kuis untuk mengasah pengetahuan empat orang peserta tentang musik. Kuis terbagi dalam beberapa babak, yang meliputi rangkaian nada, pelangi antar nusa, kenangan masa dan sekilas wajah.

Pada babak rangkaian nada, peserta harus menebak judul lagu yang sedang dimainkan oleh band. Pada babak pelangi antar nusa, peserta harus menebak judul dan daerah asal lagu tersebut.

Di babak kenangan masa, seorang penyanyi akan menyanyikan bagian awal dari sebuah lagu dan peserta harus menebak judul lagu dan siapa yang mempopulerkannya. Babak terakhir, yaitu sekilas wajah adalah yang paling seru dan membuat para peserta sering terkecoh, karena harus menebak wajah seseorang dari foto yang hanya ditampilkan sebagian.

Peserta kuis ini adalah orang-orang yang suka bernyanyi karena selain menjawab peryanyaan-pertanyaan, mereka juga diminta untuk cuplikan dari lagu-lagu di dalam kuis. Sebagai hiburan, di antara pergantian babak, ada penyanyi tamu yang akan bernyanyi bersama peserta. Pemandu kuis ini, yaitu Koes Hendratmo, ia sangat berhasil membuat acara kuis menjadi meriah dan sangat disukai, dengan wajah tampan dan alunan suara indahnya.

Baca Juga  Gamers Wajib Tahu, Inilah 5 Hp yang Cocok untuk Ngegame!
2. Kuis Tak Tik Boom

KUIS TAK TIK BOOM X - Tak Tik Untuk Bung Mirad di Babak Bonus | Episode 40 - YouTube

Kuis yang dipandu oleh Dede Yusuf ini termasuk salah satu kuis yang sangat bergengsi, karena memberikan pertanyaan-pertanyaan yang bermutu tentang berbagai bidang. Peserta terdiri dari dua orang yang akan bertanding dalam tiga babak.

Pada babak pertanyaan, peserta harus memilih satu dari sembilan layar monitor tentang pengetahuan umum mengenai film, olahraga, musik, dan lain-lain.

Pemenang pada babak pertanyaan akan melanjutkan permainan di babak bonus. Ia harus menghadapi sembilan layar monitor yang berisi angka-angka, kata “Tak” dan “Tik” serta “Halilintar.”

Angka-angka yang dipilih harus mencapai 500 atau harus mendapatkan kedua kata, yaitu “Tak” dan “Tik.” Jika yang ia pilih adalah kata “Halilintar” maka ia tidak akan mendapat hadiah.

Babak terakhir dari kuis ini, yaitu mega bonus adalah yang paling dinanti oleh para peserta, karena kesembilan monitor akan menampilkan berbagai benda sebagai hadiah yang bisa dibawa pulang, seperti televisi, kulkas, atau pompa air.

Jika yang dipilihnya adalah layar monitor dengab kata “Boom” maka ia boleh membawa pulang seluruh hadiah. Pemenang dalam kuis ini masih harus bertanding di episode berikutnya, dengan penantang baru hingga ia dapat dikalahkan.

3. Kuis Who Wants to be a Millionaire

masih inget who wants to be a millionaire indonesia? | KASKUS

Kuis ini pernah menjadi tayangan yang paling dinanti oleh penonton televisi, karena hadiahnya yang bisa mencapai satu milyar rupiah. Hadiah itu menjadi yang terbesar di antara kuis-kuis jadul yang paling ngehits di televisi.

Dengan dipandu oleh Tantowi Yahya, peserta kuis ini harus menjawab berbagai pertanyaan yang bernilai mulai dari lima puluh ribu hingga satu milyar rupiah. Ada tiga pilihan bantuan yang bisa dipakai saat menjawab pertanyaan, yaitu fifity-fifty, call a friend, dan ask the audience.

Jika memilih fifty-fifty, maka dua dari keempat pilihan jawaban akan dibuang sehingga peserta lebih mudah memilih. Pada pilihan call a friend, peserta boleh menelepon seseorang untuk menanyakan jawabannya. Pilihan terakhir adalah ask the audience, peserta dapat bertanya kepada penonton di studio.

Baca Juga  5 Series Prilly Latuconsina, Bisa Jadi Referensi Tontonan Nih!

Sepanjang acara tersebut ditayangkan, belum pernah ada peserta yang berhasil mendapatkan hadiah utama sebesar satu milyar rupiah. Pencapaian hadiah tertinggi oleh peserta adalah lima ratus juta rupiah, yang antara lain dimenangkan oleh seorang guru dan seorang loper koran.

4. Kuis Siapa Berani

Kuis "Siapa Berani", Berani Menantang Arus Halaman 1 - Kompasiana.com

Kuis besutan Helmi Yahya ini mempunyai peserta yang samgat banyak yaitu seratus orang. Kuis ini dipandu oleh Helmi Yahya sendiri dengan didampingi oleh Alya Rohali. Peserta terdiri dari lima kelompok yang masing-masing terdiri dari dua puluh orang peserta.

Pada babak pertama yaitu berani pilih, setiap kelompok akan diberi pertanyaan yang sama. Setiap peserta menjawab pertanyaan dengan semacam alat yang dipegangnya. Dengan alat tersebut dapat diketahui, siapa yang menjawab paling benar dan cepat yang dipilih sebanyak tiga orang dari masing-masing kelompok. Pemenangnya mendapat hadiah berupa berbagai barang mulai dari peralatan memasak hingga peralatan elektronik.

Pemenang pertama dari setiap kelompok akan maju ke babak berikut yaitu berani jawab, berani cepat, dan berani strategi. Dua orang peraih nilai tertinggi dari ketiga babak tersebut berhak maju ke babak bonus, untuk memperebutkan hadiah utama berupa sejumlah uang.

Kuis ini juga menjadi seru karena setiap kelompok harus menyanyikan yel-yel dan akan ada hadiah untuk yel-yel terbaik. Kuis yang ditayangkan di pagi hari ini, menjadi acara favorit bagi ibu-ibu rumah tangga yang mempunyai waktu untuk menyaksikannya.

Keempat kuis yang pernah menjadi tontonan paling favorit di era tahun 90-an hingga awal tahun 2000 tersebut, kemudian berganti dengan kuis-kuis lain dengan pembawa acara yang berbeda pula. Pada saat itu Helmi Yahya adalah pembuat acara kuis terbanyak, sebagai penerus dari Ani Sumadi. Setiap malam, penonton televisi dimanjakan dengan tayangan kuis-kuis yang sangat menghibur.

Baca Juga  Dijamin Ramah di Kantong! Ini Rekomendasi Cafe Murah di Jogja

Seiring dengan perkembangan acara kuis yang semakin marak, maka jumlah orang yang mendaftar untuk menjadi peserta kuis juga semakin banyak. Mereka harus menghadapi serangkaian seleksi sebelum tampil di televisi. Menjadi peserta kuis adalah sebuah pilihan yang sangat baik, mengingat banyaknya manfaat yang bisa didapat, sebagai berikut.

1. Hadiah yang Besar

Inilah motivasi yang utama dari sebagian besar peserta kuis, yaitu untuk mendapatkan sejumlah uang ataupun hadiah berupa berbagai benda yang bernilai tinggi.

2. Menantang Diri untuk Berani Berkompetisi

Dengan mengikuti kuis, maka peserta harus berjuang dengan keras untuk mengalahkan peserta-peserta lainnya. Hal ini akan memacu semangat dari peserta untuk berani tampil dan bersaing dalam sebuah kompetisi.

3. Memperluas Wawasan

Untuk persiapan mengikuti kuis, peserta akan banyak membaca atau mendengarkan berita agar bisa menjawab pertanyaan. Saat mengikuti kuis, pengetahuan peserta juga semakin bertambah dengan menyimak jawaban-jawaban dari pertanyaan yang diajukan.

4. Melatih Sportivitas

Dalam berkompetisi dengan peserta lain, sikap sportif seperti jujur, adil, dan mengakui keunggulan lawan sudah pasti sangat dibutuhkan. Tindakan peserta yang mencoba bermain curang saat kuis berlangsung adalah sangat tercela dan memalukan.

5. Menimbulkan Rasa Bahagia

Dengan menjadi peserta kuis, maka kita dapat menikmati keseruan-keseruan yang tercipta selama kuis berlangsung. Dengan berlatih adu cepat dalam menjawab, maka akan timbul semangat dan rasa senang dalam diri peserta.

Dalam kuis yang pesertanya berkelompok, maka ada rasa senang saat bekerja sama untuk menjawab peryanyaan-pertanyaan dan memenangkan kuis. Jika kita bisa menjadi pemenang kuis, maka sudah pasti akan semakin bahagia.

Setelah mengetahui berbagai manfaat menjadi peserta kuis, mari kita mencoba untuk mendaftar. Seperti kuis-kuis jadul yang paling ngehits di televisi, saat ini telah banyak kuis yang diadakan secara daring. Selain bisa menyegarkan ingatan kita tentang berbagai pengetahuan umum, jika beruntung, kita juga berkesempatan mendapat hadiah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya