by

Ulasan Mengenai Highly Sensitive Person: Apa sih Highly Sensitive Person itu?

Buat kamu yang jarang atau baru pertama kali mendengar istilah Highly Sensitive Person atau HSP ini, ialah sebutan atau istilah, yang ditujukan kepada orang-orang yang dianggap mempunyai kepekaan sistem saraf pusat, yang meningkat atau yang lebih dalam pada beberapa rangsangan, diantaranya rangsangan fisik, emosional atau sosial.

Kepribadian HSP yang dimiliki oleh seseorang ini berhasil diidentifikasi pada tahun 1990 oleh seorang psikolog, yang bernama Elaine Aron. Menurut Elaine Aron, sebanyak 15-20% populasi manusia yang ada di muka bumi dilahirkan dengan sifat HSP ini. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ulasan mengenai highly sensitive untuk kamu :

Ciri-Ciri Pemilik Sifat Highly Sensitive Person

Perlu kamu ketahui, HSP ini bukanlah suatu penyakit mental yang bisa untuk  didiagnosis, tetapi HSP ini masuk dalam sifat kepribadian, yang melibatkan peningkatan dari respon adanya pengaruh positif dan negative.

Dilansir dari Verywell Mind, terdapat beberapa karakteristik atau ciri-ciri umum orang-orang yang memiliki kepribadan HSP ini, di antaranya ialah :

1. Cenderung akan Menghindari Film atau Acara TV yang Berbau Kekerasan

Kekerasan fisik atau emosional yang diperlihatkan secara nyata, tak jarang membuat yang melihatnya menjadi ikut tersiksa atau seolah-olah, bisa ikut merasakan apa yang orang disiksa tersebut, sehingga ia merasa tidak nyaman.

Nah, pada seseorang yang memiliki kepribadian HSP ini, ia akan cenderung tidak akan menikmati atau bahkan tidak akan menonton film, video atau konten-konten yang memuat tentang kekerasan fisik atau emosional secara nyata.

2. Mudah Tersentuh dengan Keindahan

Seseorang dengan kepribadian HSP sangatlah mudah tersentuh oleh keindahan, entah itu keindahan yang diekspresikan dalam bentuk seni, alam, semangat manusia ataupun bahkan kadang-kadang karena iklan yang bagus.

Baca Juga  Anda Ingin Berhemat? Maka Ikuti Tips untuk Menghindari Impulsive Buying

Seseorang dengan kepribadian HSP ini cenderung tertarik dengan ekspresi seni, sebab menurut mereka, setiap karya itu mempunyai maknanya sendiri-sendiri dan diinterpretasikan menurut sudut pandang mereka.

3. Kewalahan dengan Rangsangan Sensorik

HSP membuat seseorang menjadi lebih mudah lelah karena adanya rangsangan sensorik, seperti keramaian hingga pakaian yang tidak nyaman. Adanya rangsangan yang terlalu tinggi membuat mereka menjadi kelelahan, hingga mengakibatkan gangguan pada kesehatan, dapat menimbulkan pusing misalnya.

4. Merasa Ingin Beristirahat

Ketika merasa lelah, seseorang dengan kepribadian HSP ini akan langsung merasa bahwa tubuhnya perlu untuk beristirahat, dari hingar binger lingkungan di sekitarnya. Utamanya saat mereka memiliki waktu-waktu yang sibuk dan perlu, untuk berada di suatu tempat yang cukup gelap dan tenang.

5. Mempunyai Batin yang Kompleks

Sebab memiliki sensifitas dan kepekaan yang tinggi, orang yang berkepribadian HSP ini mempunyai kehidupan batin yang kaya dan kompleks. Mereka juga memiliki pemikiran serta perasaan yang dalam dan kuat, seakan-akan mereka mampu mengetahui segala sesuatu yang terjadi di sekitar, mereka dan mereka juga mempunyai pengetahuan luas dan baru.

Kelemahan-Kelemahan Kepribadian HSP

Highly sensitive person ini memberikan pengaruh pada orang yang memiliki kepribadiannya, beberapa pengaruh tersebut bukan hanya memberikan kelebihan saja, tetapi juga kelemahan. Kelemahan-kelemahan seseorang berkepribadian HSP ini di antaranya ialah:

1. Merasa Ingin Terus Menghindari Keadaan yang Membuatnya Merasa Lelah atau Kewalahan

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa seseorang berkepribadian HSP ini akan berusaha, untuk menghindari hal-hal yang berbau kekerasan, konflik, hingga ketegangan. Sehingga, meereka cenderung lebih memiliki untuk menghindarinya daripada merasakan ketidaknyamanan.

2. Menjadi Begitu Tersentuh dengan Keindahan atau Emosi

Seseorang dengan HSP bisa saja sampai menangis ketika menonton film atau video, yang ia rasa begitu menghangatkan hati, sehingga ia menjadi cukup gampang tersentuh dengan keindahan atau hal-hal, yang membuatnya berempati pada perasaan orang lain, baik positif maupun negatif.

Baca Juga  5 Penyebab Rusaknya Keuangan Keluarga yang Paling Umum Terjadi
3. Sangat Sering Merasa Cemas

Orang dengan HSP sangatlah sering merasa cemas, tetapi mereka juga mungkin merasa begitu bersyukur dengan apa yang mereka punyai dalam hidup, sebab menyadari jika hidup akan berlalu begitu cepat dan tidak ada yang pasti.

Tips untuk Menghadapi Pasangan dengan Highly Sensitive Person

Buat kamu yang sedang menjalin hubungan dengan seseorang yang memiliki HSP, beberapa tips-tips di bawah ini mungkin bisa kamu pakai untuk menghadapinya.

1. Tunjukkan Afeksi Kecilmu dengan Sentuhan Fisik

Dibanding dengan orang lain, seseorang dengan kepribadian HSP ini bisa merasakan sensasi fisik yang lebih. Oleh sebab itu, kamu bisa memberikan afeksi kecil pada pasanganmu dengan pelukan, ciuman, atau sentuhan yang dapat menimbulkan rasa kasih sayang dari dalam pasanganmu, tetapi kamu juga harus ingat dan tahu batasan jika hal-hal tersebut harus dilakukan dengan persetujuan.

2. HSP Merupakan Sosok Pemerhati Semua Hal, Loh!

Karena memiliki perasaan sensitive dan lebih sering menghabiskan waktu di dunianya sendiri, HSP sering kali memperhatikan hal-hal yang ada pada pasangannya, misalnya kamu sedang marah, kamu memakai baju baru, memakai parfum yang berbeda dengan biasanya, hingga bisa langsung mengenali emosi kamu, loh!

Perhatian-perhatian kecil tersebut mungkin sering kali melelahkan, oleh sebab itu, dengan berkomunikasi jelas bisa membantu.

3. Jaga Komunikasi yang Baik

Seperti hubungan pada umumnya, buat kamu yang memiliki pasangan dengan HSP sebaiknya juga tetap menjaga komunikasi agar terus baik, loh! Sebab, pasanganmu juga akan merasakan bahwa ada hal yang mungkin sedang kamu pikirkan, jadi kamu tidak perlu menyembunyikan perasaan kamu, sebaiknya sampaikan saja apa yang sedang kamu rasakan.

Itu tadi beberapa ulasan mengenai highly sensitive person, memang benar jika orang dengan kepribadian HSP cukup sensitive dibandingkan dengan orang biasa lainnya, tetapi kamu juga tidak perlu terlalu khawatir atau terlalu takut, untuk berhubungan dengan seseorang berkepribadian HSP, sebab ia juga masih sama seperti orang-orang pada umumnya, kok!

Comment

Artikel Terkait