by

Tips Mencegah Anak Kecanduan Gadget yang Paling Benar

Anak tidak harus dilarang untuk bermain ponsel atau gadget. Namun, jika hal ini menjadi kebiasaan tentu banyak kerugian yang bisa didapatkan si kecil. Termasuk psikologinya bisa terganggu dan tubuhnya juga bisa mudah sakit. Untuk itu, orang tua harus mengetahui tips mencegah anak kecanduan gadget yang tepat.

Nah, ulasan di bawah ini akan menjelaskan tentang tata cara mencegah anak agar tidak lagi fokus pada ponselnya setiap waktu. Jangan khawatir, tips-nya tidak ada yang berbentuk kekerasan sehingga efek pada anak tidak negatif. Ini dia tips yang dimaksud:

1. Mengurangi Penggunaan Ponsel bagi Orang Tua

Tips mencegah anak kecanduan gadget yang paling mengena adalah mengurangi penggunaan ponsel bagi orang tua. Keteladanan semacam ini yang sejatinya membuat anak sadar, kalau orang tuanya sendiri tidak menggunakan apalagi anak-anak yang masih berada di bawah umur.

Sekalipun tips ini terkesan mudah, tetapi faktanya sulit untuk dijalankan oleh sebagian besar orang tua. Mereka beralasan kalau orang tua ada keperluan sehingga hari-harinya tidak bisa berjauhan dengan ponsel.

Tentunya, anak tidak akan paham dengan konsep ini karena yang mereka tahu jika orang tuanya pegang HP, berarti si anak juga boleh memegangnya.

Nah, jika orang tua ingin anak tidak terlalu fokus pada ponsel, coba kurangi pemakaian ponsel untuk dirinya sendiri. Sebisa mungkin, ponsel dihidupkan ketika tidak ada si kecil di samping ayah ibunya.

Jika tips ini berhasil dilakukan, tentu lambat laun, anak juga bisa terlepas dari kecenderungan untuk bermain ponsel setiap hari.

2. Belikan Buku Bacaan yang Menarik

Anak melihat gadget setiap waktu, pasti karena ada sesuatu yang menarik yang ia lihat di dalam perangkat tersebut. Nah, orang tua harus lebih cerdas dengan cara mengganti apa yang menarik tersebut, dengan hal yang lebih menarik lagi dan pastinya yang tidak ada di dalam gadget.

Baca Juga  Tubuh Kurus Hingga Kerapuhan Kuku, Perhatikan Tanda Kekurangan Gizi yang Harus Diwaspadai

Salah satu solusinya adalah membelikan anak buku bacaan yang lucu-lucu seperti komik, majalah Bobo, Mentari, Super Hero dan banyak lagi yang lainnya.

Orang tua harus memenuhi kamar si kecil dengan buku-buku semacam ini. Apalagi, kebiasaan membaca sejak dini akan membuat si kecil lebih cerdas dan kritis.

Mulai sekarang, orang tua harus menyisihkan sedikit uang bulanan untuk membelikan buku bacaan bagi anak. Itupun jika ortu ingin anak terhindar dari efek negatif gadget, yang terkadang tidak kita sadari masuk secara spartan ke dalam otaknya.

3. Membuat Jadwal Penggunaan Ponsel

Jika anak tidak pernah berhenti bermain ponsel bahkan lupa makan, coba buat jadwal penggunaan ponsel yang harus dipatuhi oleh si anak. Misal, anak diperbolehkan bermain gadget setiap hari sabtu dan minggu. Sedangkan hari yang lain tidak boleh dan gadget harus dipegang orang tuanya.

Oleh karena berbentuk peraturan yang terjadwal, tentu orang tua harus menjalankannya dengan konsisten. Jikapun anak menangis tetap peraturan harus ditegakkan, toh ini semua untuk masa depan si kecil sekaligus untuk kesehatan mentalnya di usia dini.

Penggunaan gadget untuk anak di Indonesia memang sangat miris. Bahkan, anak sudah hampir kehilangan sisi sosialnya, akibat selalu menyendiri dan enggan untuk bermain dengan teman yang sebaya. Maka dari itu, aktivitas semacam ini harus dicegah dengan cara membuat jadwal penggunaan yang dijalankan dengan konsisten.

4. Mengajak Anak Silaturrahmi

Tips mencegah anak kecanduan gadget yang selanjutnya, ialah sering-sering mengajak si kecil untuk bersilaturahmi ke rumah kerabat atau tetangga. Terutama kerabat yang di sana ada anak sebaya sehingga mereka bisa bermain bersama. Kalau tips ini berhasil dijalankan, tentu paling tidak di hari itu, si kecil akan melupakan kecanduannya pada gadget.

Baca Juga  Berbagai Manfaat Mengonsumsi Ikan Laut Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Tahu!

Walaupun demikian, orang tua harus tetap memilih tetangga yang akan dijadikan ajang bersilaturahmi. Kalau memang si tetangga suka memegang gadget sekalipun ada tamu, justru ini akan menjadi pemicu si anak untuk juga bermain perangkat yang sama.

Anomali tersebut yang banyak terjadi saat ini. Bagaimana silaturahmi yang sejatinya untuk menjalin keakraban hanya menjadi ritual semata. Yang ada, semua orang yang bertamu sedang sibuk dengan ponselnya masing-masing, sehingga tidak menyadari kalau saat itu sedang bersilaturahmi untuk menjalin keakraban antar sesama.

5. Belikan Mainan dan Temani Si Kecil Bermain

Kalau anak sudah kecanduan parah dengan gadget coba ganti dengan membelikannya mainan. Namun, mainan tersebut tidak asal diberikan saja tetapi pastikan si orang tua juga harus menemani si anak kala memainkan alat permainan tersebut.

Terkadang, anak bermain gadget karena ia merasa orang tuanya tidak mempedulikannya. Bagaimana ortu akan mempedulikan, toh banyak orang tua pulang kerja langsung pegang ponsel tanpa mau menyapa anaknya sedikitpun. Nah anak akhirnya mengambil alih semata untuk menarik perhatian ayah dan ibunya.

Jika ini yang menjadi alasan si kecil, tentu menemani anak bermain merupakan langkah yang tepat. Selain ortu bisa mencegah si kecil kecanduan gadget, si anak juga merasa diperhatikan dan rasa sayangnya kepada orang tua akan semakin besar.

6. Matikan Seluruh Ponsel saat Mau Tidur

Sudah menjadi kebiasaan bermain ponsel di tempat tidur ketika malam hari. Alasannya bermacam-macam yang salah satunya ialah agar mata segera mengantuk dan tidur pun pulas. Orang tua tidak sadar, kalau saat itu si anak sedang ada di sampingnya dan ikut merasakan bagaimana nyamannya nonton hp sambil rebahan.

Baca Juga  7 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

Yang ada, anak pun ingin mendapatkan pelayanan yang sama. Jika si kecil disuruh tidur, pasti tidak mau kecuali orang tuanya mengalah dengan meminjamkan ponsel. Setelah itu, orang tuanya tidur, si kecil malah terjaga dengan hal-hal negatif dan positif yang ada di dalam gadget.

Jika ini yang terjadi, wajar kalau anak kecanduan gadget. Oleh sebab itu, orang tua harus bijaksana dengan mematikan ponsel ketika mau tidur. Minimal, saat anak masih terjaga, setelah itu silakan kalau memang sudah menjadi kebiasaan tidak bisa tidur sebelum browsing.

Itulah beberapa tips mencegah anak kecanduan gadget yang paling benar. Kalau tips ini digunakan, tentu anak akan lebih menerima daripada orang tua menghardiknya, apalagi sampai bermain tangan. Jadi jalankanlah tips di atas, agar anak benar-benar tumbuh dengan baik.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait