by

Tidak Perlu Perawatan Mahal, Berikut 10 Makanan Yang Bisa Membuat Kulit Sehat dan Glowing

Kulit yang sehat mencerminkan kesehatan kita dari dalam. Jadi apa yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kulit yang bercaya atau glowing? Kita semua tahu, untuk mendapatya, perlu makan yang sehat, berolahraga secara teratur, menghilangkan stres dan tentu saja, rutin melakukan perawatan kulit biasa. Kulit membutuhkan dorongan dari dalam untuk terlihat segar dan bercahaya. Sebenarnya, kulit yang sehat dan glowing dimulai dengan makanan dari dalam.

“Kamu perlu menjaga keseimbangan makanan dan memilih yang tepat untuk memberi kulit nutrisi penting dan yang dibutuhkannya agar tetap lembut, bercahaya, serta bebas noda”, kata pakar perawatan kulit Suparna Trikha.

Kamu adalah apa yang kamu makan, maka sudah selayaknya jika lebih selektif dalam memilih apa yang dimakan, utamakan buah dan sayur. Buah-buahan dan sayuran hijau mengandung antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Vitamin C juga merupakan antioksidan super yang membuat kamu dengan kulit bercahaya dan bebas noda. Jadi pertimbangkan lagi untuk membeli produk kecantikan mahal, dan dapatkan kulit cantik alami hanya dengan tips cepat dari makanan.

Berikut daftar 10 makanan yang akan membuat kulit sehat dan glowing:

1. Alpukat

Dikemas dengan antioksidan seperti lutein dan beta karoten, alpukat membantu melembutkan kulit serta melembabkannya. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker pelembab, campur alpukat dengan 1 sendok madu lalu rasakan manfaat dari buah super ini. Anda akan merasakan perbedaannya secara instan! Atau dalam makanan, campurkan alpukat dengan jus jeruk sebagai saus salad atau campur dengan ketumbar dan jintan untuk porsi pasta yang kental.

2. Jeruk

Kulit jeruk sebenarnya mengandung lebih banyak vitamin C dari pada jeruk itu sendiri. Kulitnya mengandung sifat antimikroba dan antibakteri sehingga menggunakannya secara teratur dalam merawat wajah akan mengasilkan kulit sehat glowing dalam waktu singkat. Kamu bisa menambahkan 1 sendok makan bubuk kayu cendana dan 1 sendok makan bubuk kenari ke 1 sendok makan bubuk kulit jeruk dengan beberapa tetes jus lemon dan air mawar untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah.

Baca Juga  Mari Memahami dan Mengenali Bagaimana Ciri Air Sehat
3. Labu

Labu mengandung antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan mineral. Buah ini juga kaya akan seng yang sangat penting dalam penciptaan sel-sel kulit baru. Selain itu, labu juga membantu mengatur produksi minyak, meningkatkan warna kulit dan mengurangi tampilan pori-pori terbuka.

Kamu hanya perlu makan segenggam biji labu untuk mendapatkan kulit bercahaya yang selalu kamu inginkan. Kamu juga dapat menggunakan masker wajah dari 3 sendok teh labu, ½ sendok teh madu, dan ½ sendok teh susu selama 15-20 menit.

4. Tomat

Tomat dikemas dengan vitamin dan mineral alami, termasuk Vitamin A, K, B1, B3, B5, B6, B7, dan vitamin C”, kata Dr. Manoj K. Ahuja, Rumah Sakit Sukhda. Tapi apa yang membuat tomat menonjol di dunia kecantikan? Likopen, antioksidan yang memiliki sifat anti penuaan yang luar biasa.

Kamu bisa mengoleskan ampas atau jus tomat pada kulit untuk mengaktifkan manfaat likopen. Dan jika ini tidak bisa lebih baik, bubur tomat juga membantu mengencangkan pori-pori dan mencegah jerawat karena tomat bersifat asam alami dan juga bertindak sebagai tabir surya.

5. Stroberi

Stroberi kaya akan asam alfa-hidroksil yang membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati. Buah Stroberi juga meningkatkan produksi kolagen, meminimalkan garis-garis halus dan kerutan karena kehadiran vitamin C. Juga, asam lemak omega-3 hadir dalam stroberi membantu meringankan warna kulit.

Tambahkan 1 sendok makan bubuk kakao dan 1 sendok makan madu untuk stroberi tumbuk dan oleskan di wajah selama 15 menit untuk mendapatkan kulit glowing dan sehat.

6. Bit

Buah berwarna merah muda ini dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang membuat wajah bercahaya secara instan. Anti-inflamasinya mencegah ledakan jerawat. Mengoleskan jus bit sebagai masker wajah memberi warna merah muda pada kulit dan terlihat cerah.

Baca Juga  Tips Memilih Masker Wajah yang Tepat dan Bermanfaat

Jika kamu memasukkan bit sebagai bagian dari perawatan kulit rutin, kamu akan melihat semua titik gelap dan noda akan hilang dalam 5 minggu atau lebih, karena besi, kalium, kandungan niasin, tembaga dan vitamin C. Kamu juga dapat minum segelas jus bit untuk memurnikan darah dari dalam dan membersihkan racun.

7. Wortel

Wortel adalah pembangkit tenaga listrik untuk kulit bercahaya karena sejumlah besar beta karoten yang membantu mencegah degenerasi sel, memperlambat penuaan dan membuat kulit bercahaya. Vitamin A yang ditemukan dalam jus wortel juga membantu menjaga jaringan tubuh, mata, tulang, dan gigi tetap sehat.

Wortel juga mengandung vitamin C dalam jumlah besar, yang meningkatkan pertumbuhan kolagen, mengurangi jerawat dan bintik-bintik hitam. Tingkatkan kecantikan Anda dengan menyeruput segelas jus wortel atau menambahkannya ke makanan.

8. Kentang

Kentang bekerja sebagai agen pemutih alami dan karenanya dapat digunakan untuk mencerahkan kulit. Yang harus kamu lakukan adalah oleskan masker wajah kentang parut pada wajah selama sekitar 30 menit. Kentang juga membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati, kulit terbakar, bintik-bintik hitam, noda dan lingkaran hitam. Kamu cukup memeras jus kentang dalam mangkuk dan menggunakannya di wajah atau mengoleskan irisan tipis kentang secara langsung.

9. Kale

Kale mungkin adalah raja dari semua sayuran, dan kale juga merupakan ratu kecantikan. Sayur Kale sarat dengan vitamin C, vitamin A dan vitamin K yang membantu memperbaiki jaringan kulit. Selain itu, kale juga mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan memberi kamu tampilan yang bersinar dan segar.

10. Lemon

Lemon dikemas dengan vitamin C, vitamin B dan fosfor, makanan yang luar biasa untuk membuat kulit tampak glowing. Asam alami lemon dengan lembut mengangkat sel-sel kulit mati dan meringankan bintik-bintik penuaan. Lemon membersihkan pori-pori tanpa menghilangkan keseimbangan minyak alami kulit karena mengandung asam sitrat dalam jumlah tinggi.

Baca Juga  Ada yang Baru Nih! Rekomendasi HP 5G Terbaik 2021

Campurkan satu sendok jus lemon dengan putih telur dan ekstrak jus anggur untuk membuat kulit halus dan bercahaya, atau peras jus lemon segar dan gunakan di area yang terkena sinar mata hari untuk mendapatkan kulit yang sempurna.

Comment

Artikel Terkait