by

Tanpa Suplemen! Ini 6 Cara Gemukkan Badan Tanpa Harus Memaksakan Diri

Orang kurus yang susah gemuk bukan karena tidak memiliki asupan makan, tetapi juga adanya pengaruh dari kandungan jenis makanan yang dikonsumsi. Apakah dapat menunjang penggemukan badan atau tidak. Seringkali cara gemukkan badan yang salah berujung pada hasil yang sia-sia.

Beberapa orang mengonsumsi makanan yang dianggap berlemak, seperti makanan yang mengandung banyak minyak dan lemak jenuh, yang seharusnya tidak dikonsumsi. Maka dari itu, perhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui bagaimana cara gemukkan badan yang tepat, tanpa suplemen.

1. Sering Mengonsumsi Makanan Berlemak

 

Ilustrasi (Foto: pixabay.com/lassso)

Maksud dari makanan berlemak baik adalah makanan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti ikan, telur, alpukat dan kacang-kacangan. Makanan-makanan tersebut mengandung omega-3 dan omega-6 yang baik untuk tubuh dalam program penggemukan badan.

2. Memilih Makanan Bernutrisi
Ilustrasi (Foto: pixabay.com/silviarita)

Dalam proses menggemukkan badan, pilih makanan yang bernutrisi untuk dikonsumsi. Hal ini berarti kamu tidak hanya menimbun lemak dalam tubuh, tetapi juga terdapat banyak nutrisi dalam tubuhmu yang dapat meningkatkan berat badan.

Makanan bernutrisi tinggi yang dapat kamu konsumsi adalah makanan seperti sayur, buah dan kacang-kacangan.

3. Minum Lebih Banyak Susu
Susu (Foto: pixabay.com/couleur)

Sebagai penggemuk badan, kamu dapat mengonsumsi susu sapi murni sebanyak 1-2 gelas per hari. Susu mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Produk olahan susu juga baik untuk tubuh, antara lain keju dan yoghurt. Banyak produk susu yang mengandung protein baik, sebagai sumber lemak dan kalori.

4. Mengonsumsi Makanan Berkalori Tinggi
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Kalori menjadi sumber energi terbaik untuk tubuh yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Sumber makanan berkalori tinggi ini berasal dari lemak nabati tertentu seperti alpukat, keju, oatmeal, biji-bijian dan minyak zaitun.

Baca Juga  Inilah 7 Karir Bagi yang Suka Menulis, Kamu Tertarik?

Ketika mengonsumsi makanan yang berkalori, kamu juga bisa mengombinasikan menu makananmu dengan ikan mengandung lemak seperti tuna dan salmon.

Kamu bisa mengonsumsi keju dengan roti, telur dadar dengan sup ayam, yang jika ditakar dengan baik dapat bermanfaat bagi tubuh dan menggemukkan badan dengan cara yang sehat. Namun, kalori yang ditakar secara berlebihan, bisa menyebabkan diabetes dan kamu harus menghindarinya.

5. Minum Jus atau Smoothie yang Menyegarkan
Ilustrasi (Foto: pixabay.com/NielsBB)

Minum jus buah dengan tinggi kalori dapat menjadi minuman yang lebih baik dikonsumsi, dibanding minuman bersoda, teh dan kopi. Jus memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Smoothie pun demikian.

Smoothie buah yang kamu racik sendiri dengan susu kedelai atau tambahan variasi buah lainnya, dapat memenuhi nutrisi tubuh dan dapat dijadikan sebagai pengganti makan, jika kamu memang merasa tidak lapar. Tapi tetap konsumsi makanan berat untuk bisa membuatmu kenyang.

6. Makan Sebelum Tidur di Malam Hari
Ilustrasi (Foto: sehatq.com)

Makan sebelum tidur dapat memberi pasokan energi agar tetap tersedia dalam tubuh. Juga, makan saat malam hari dapat membantu menyembuhkan dan meregenerasi sel dan jaringan tubuh yang rusak.

Lebih baik mengudap semangkuk salad dengan pasta gandum, yang menyehatkan dan bernutrisi daripada makan nasi goreng berminyak.

Saat kamu mencoba untuk menggemukkan badan, jangan lupa diimbangi dengan berolahraga karena olahraga tidak akan membuatmu kurus, melainkan membuat tubuhmu tetap bugar.

Jaga kesehatanmu, jangan mengonsumsi makanan yang membuat gemuk, namun hanya menimbun lemak jahat yang tidak baik untuk tubuh. Meski mungkin sulit untuk menggemukkan badan, jangan sampai mengonsumsi terlalu banyak makanan hingga merasa mual.

Memaksakan diri pada program menggemukkan badan tidak hanya tidak berpengaruh pada kesehatan, namun juga dapat memengaruhi mentalmu. Cukup makan sedikit demi sedikit dalam jangka waktu yang berdekatan.

Comment

Artikel Terkait