by

Tak Banyak yang Tahu! Ini 5 Bumbu Dapur yang Dapat Digunakan Sebagai Bahan Kecantikan

Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah. Rempah-rempah ini kebanyakan merupakan bumbu dapur, yang digunakan untuk memberikan cita rasa yang lezat pada makanan.

Namun, selain digunakan untuk memasak, ada juga bumbu dapur yang dapat digunakan sebagai bahan kecantikan loh! Penasaran bumbu dapur apa saja yang dapat digunakan sebagai bahan kecantikan? Berikut ini ulasannya buat kamu.

1. Merica
Merica (Foto: merdeka.com)

Merica merupakan salah satu bahan dapur yang digunakan untuk memberikan rasa pedas pada makanan. Merica sendiri memiliki banyak manfaat yang berguna untuk tubuh, di antaranya yaitu dapat menghangatkan tubuh, melancarkan peredaran darah, dan sebagai antibakteri.

Selain itu, merica dapat digunakan sebagai bahan kecantikan, yaitu dapat digunakan sebagai bahan scrub, yang berfungsi untuk menghilangkan komedo membandel pada hidung dan dagu.

Cara untuk membuat scrub dari merica ini juga sangatlah mudah, kamu tinggal menghaluskan satu sendok makan merica, lalu mencampurkannya dengan satu sendok teh yogurt, setelah itu kamu tinggal mengoleskannya pada area yang akan kamu hilangkan komedonya.

2. Kunyit
Kunyit (Foto: pixabay.com/NirmalSarkar)

Kunyit merupakan bumbu dapur yang biasanya digunakan sebagai pewarna alami, yaitu pewarna alami warna kuning. Kunyit ini mengandung curcumin yang berfungsi sebagai antioksidan dan antikanker.

Dalam bidang kecantikan, kunyit banyak digunakan sebagai bedak dingin atau lulur, karena dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang berasal dari debu atau polusi.

Selain itu, kunyit juga masih memiliki banyak kegunaan lainnya, seperti untuk mengatasi jerawat pada wajah, dengan mencampurkan satu sendok makan atau tiga sendok makan kunyit dengan madu dan yogurt.

Mengatasi kulit berminyak dengan mencampurkan dua sendok makan kunyit yang telah dihaluskan, dengan tiga sendok makan air perasan jeruk nipis atau lemon yang telah matang, dan lain sebagainya.

Baca Juga  7 Tips Mendidik Anak Agar Lebih Suka Menolong
3. Jahe
Jahe (Foto: pixabay.com)

Bahan dapur yang dapat digunakan sebagai bahan kecantikan selanjutnya ialah jahe. Bahan dapur yang sering diolah menjadi minuman penghangat tubuh ini, fungsi lainnya juga dapat digunakan sebagai bahan kecantikan.

Jahe cocok digunakan sebagai skin tonic, karena dapat  menstimulasi sirkulasi di kulit dan mengembalikan vitalitas kulit, tanpa harus menyebabkan kulit iritasi.

Cara menggunakan jahe sebagai bahan kecantikan ini sangatlah mudah, kamu tinggal mengoles irisan jahe yang masih segar ke beberapa area yang ada di kulitmu, terutawa area yang paling berminyak dan sering berjerawat, seperti area dahi, dagu, dan pipi.

Kamu dapat mengoleskannya kurang lebih selama 20 menit, sampai ekstrak jahe meresap di kulit kamu.

4. Kayu Manis
Kayu Manis (Foto: istockphoto.com)

Kayu manis merupakan salah satu bumbu yang juga kerap dikonsumsi dengan mencampurkannya dengan air hangat, karena dapat memberikan efek untuk menghangatkan tubuh.

Tak hanya sebagai bahan dapur, kayu manis ini dapat diolah sebagai bahan kecantikan, hal itu karena kayu manis memiliki banyak manfaat, di antaranya untuk mengatasi kulit yang berjerawat, mencegah penuaan dini, membantu mengelupaskan sel kulit mati, dan mempelancar aliran darah serta menjadi antibakteri.

Cara mengolah kayu manis untuk mengatasi kulit berjerawat ini ialah dengan mencampurkan mencampurkan bubuk kayu manis, dengan sedikit air perasan jeruk lemon.

Untuk mengatasi pencegahan penuaan dini ialah dengan mencampurkan tiga tetes minyak kayu manis, dengan dua sendok minyak zaitun.

Sedangkan untuk mengupas sel kulit mati ialah dengan menyampur garam laut, minyak almond, minyak zaitun, bubuk kayu manis, dan madu kemudian dioleskan secara merata, sembari digosokkan pada kulit.

5. Cengkeh
Cengkeh (Foto: istockphoto.com)

Cengkeh merupakan bahan dapur yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Hal ini dikarenakan cengkeh mengandung polifenol, yang bersifat antimikroba dan berfungsi sebagai antioksidan, bahkan antioksidan yang dikandung cengkeh ini menjadi antioksidan tertinggi, di antara bahan dapur lainnya.

Baca Juga  Jangan Sampai Kamu Tertipu! Simak 7 Cara Membedakan Tas Asli dan Palsu di Bawah Ini!

Manfaat cengkeh untuk kecantikan itu di antaranya ialah cengkeh efektif dapat mengatasi jerawat, membersihkan kulit dari sisa riasan, kotoran, bakteri, dan aromanya yang menenangkan dapat berfungsi sebagai aromaterapi.

Pengolahan cengkeh sebagai bahan kecantikan ini bermacam-macam, disesuaikan dengan manfaat yang ingin diperoleh dari cengkeh.

Itu tadi 5 bahan dapur yang dapat digunakan sebagai bahan kecantikan. Selain bahan-bahan dapur di atas sangat mudah untuk kamu temukan, pengolahan bahan dapur tersebut untuk dijadikan bahan kecantikan juga sangatlah mudah, jadi kamu tidak akan kerepotan untuk membuatnya. Selamat mencoba dan membuktikan!

Comment

Artikel Terkait