by

Tahun Baru Bisa Berlibur? Tentu, Ini 6 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

Musim liburan telah tiba, namun pandemi covid-19 belum mereda. Banyak yang merasa resah ingin berlibur karena merasa bosan dan sesak di rumah. Beberapa tempat wisata akan dibuka dan tentunya akan menjadi kabar menggembirakan, bagi kamu yang suka berwisata.

Kali ini, kamu tidak perlu berlibur di rumah saja sambil bermain gundu. Datangi tempat-tempat wisata yang bisa kamu kunjungi selama pandemi dengan cara yang aman. Berikut tips liburan aman saat pandemi yang bisa kamu lakukan.

1. Pergi ke tempat yang tidak ramai pengunjung
Ilustrasu (Foto: istockphoto.com)

Jika kamu ingin liburan ke suatu tempat wisata, pilih tempat yang sepi pengunjung sebagai tempat wisata alternatif saat pandemi, contohnya air terjun, pegunungan dan museum. Tempat-tempat tersebut memiliki banyak hal menarik, yang bisa dikunjungi selama pandemi sedang berlangsung.

Berlibur di tempat wisata sepi pengunjung membuat risiko terkena dampak covid lebih kecil, karena tidak banyak orang di sana. Kamu juga tidak perlu terlalu cemas dan menjadi lebih santai dengan situasi yang tidak terlalu padat.

2. Selalu patuhi protokol kesehatan
Traveling during the lockdown Young woman wearing protective face mask is using public transportation during the coronavirus outbreak holiday stock pictures, royalty-free photos & images
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Meski berlibur, jangan sampai lupa bahwa keadaan saat ini mengharuskan kamu untuk mematuhi protokol kesehatan, seperti selalu memakai masker dan menjaga jarak dari orang lain, juga rajin cuci tangan di tempat yang telah tersediakan.

Dengan orang lain, kamu tidak perlu melakukan banyak interaksi seperti bersalaman, dengan orang yang kamu kenal sekalipun. Kamu tidak akan tahu siapa saja yang dapat terkena dampak covid ini, sehingga wajar saja jika kamu membatasi diri.

3. Bawa hand sanitizer dan disinfektan sendiri
Hand sanitizer and face mask placed in the car Hand sanitizer and face mask placed in the car hand sanitizer stock pictures, royalty-free photos & images
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Saat berlibur, mungkin kamu akan sulit menemukan tempat mencuci tangan atau hand sanitizer. Untuk berjaga-jaga, bawa hand sanitizer sendiri dan menggunakannya saat terpaksa atau mendadak.

Baca Juga  Manfaat Jahe dan Cara Mengolahnya, Bagus Untuk Kesehatan Lho!

Kamu juga mungkin bisa membawa disinfektan sendiri jika ingin menginap di sebuah hotel. Kamu dapat menyemprotkan disinfektan pada tempat-tempat yang ingin kamu duduki atau tinggali, untuk meminimalisir risiko dan mengurangi rasa khawatirmu.

4. Bawa alat makan sendiri
Zero waste lunch concept. Reusable cup and box, bamboo cutlery. Flat lay on green background Zero waste lunch concept. Reusable cup and box, bamboo cutlery. Flat lay on green background cutlery stock pictures, royalty-free photos & images
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Jika pergi ke restoran atau warung makan dan kamu merasa takut untuk menggunakan alat makan dari sana, kamu bisa bawa sendiri. Saat ini sudah banyak yang menjual paket lengkap sendok, garpu dan sumpit yang berbentuk minimalis sehingga mudah dibawa pada wadah kecil.

Kamu bisa saja menggunakan alat makan dari restoran atau warung makan, dengan membersihkannya terlebih dahulu menggunakan tisu. Dengan begitu kamu bisa menjaga kebersihan alat makan dengan baik.

5. Bawa bekal dari rumah
Healthy lunch outdoor, top view Couple enjoying take away healthy lunch outdoors, top view packed meal stock pictures, royalty-free photos & images
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Sebagian orang merasa khawatir jika pergi makan di warung atau restoran selama pandemi. Sebagai alternatifnya, kamu bisa bawa bekal sendiri dari rumah, berupa nasi dan lauk pauk yang dibutuhkan cukup untuk selama perjalanan berlibur. Cara ini juga dapat menghemat pengeluaranmu dan bisa dilakukan bahkan setelah pandemi covid-19 berakhir.

6. Langsung pergi mandi setelah liburan
Asian women are using a dry towel to dry their hair.after showering Asian women are using a dry towel to dry their hair.after showering take a bath stock pictures, royalty-free photos & images
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Begitu sampai di rumah setelah berlibur sepanjang hari, usahakan langsung mandi dan mencuci pakaianmu, agar terhindar dari paparan covid-19 yang sewaktu-waktu dapat mengancam.

Pergi berlibur memanglah suatu kegiatan yang menyenangkan, tetapi jangan sampai kamu ceroboh, sehingga mengabaikan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Selain itu, usahakan tidak melakukan interaksi dengan benda-benda yang ada di tempat wisata. Cukup berfoto-foto dan menikmati pemandangannya saja.

Agar menjadi liburan yang berkesan, kamu dapat membeli oleh-oleh atau souvenir dari tempat wisata yang kamu kunjungi. Jangan lupa menjaga kebersihannya, sehingga aman kamu bawa sampai di rumah.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait