by

Semakin Sehat dan Awet Muda, Berikut Manfaat Berjalan Kaki Secara Rutin yang Bisa Kamu Dapat

Zaman sudah semakin canggih, sehingga kendaraan menjadi transportasi yang selalu diandalkan saat ini. Selain menghemat tenaga, juga menghemat waktu. Oleh karena itu, jarang orang-orang berjalan kaki bahkan untuk jarak yang dekat. Padahal, banyak manfaat berjalan kaki yang dapat diperoleh.

Terlepas dari itu, berjalan kaki juga merupakan olahraga yang lebih santai dibanding berlari atau pun bersepeda. Nah, untuk mengetahui manfaat yang lainnya, yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Menurunkan berat badan
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Saat kamu berjalan kaki, kamu tidak hanya menguras tenaga, tetapi juga membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Sehingga berjalan kaki dapat menurunkan berat badan. Meski demikian, efek ini tetap tergantung dari jarak dan medan yang kamu tempuh.

Berjalan kaki lebih dari sepuluh ribu langkah dapat memberikan penurunan berat badan yang cukup terlihat. Atau jika tidak dapat menempuh jarak tersebut, kamu dapat mencicilnya sedikit demi sedikit dan melakukannya secara rutin.

2. Memperpanjang usia
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Di setiap menit kamu berjalan kaki, maka kamu sudah memperpanjang hidupmu hingga 2 menit. Lebih banyak kamu melangkah atau lebih jauh jarak yang kamu tempuh, angka kematian akan menjadi semakin rendah dibanding orang-orang dengan jumlah langkah kaki yang sedikit.

3. Memperbaiki mood
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Manfaat berjalan kaki berikutnya adalah memperbaiki mood atau suasana hati. Bagaimana bisa? Saat kamu merasa stres, kamu dapat berjalan-jalan di sekitar rumahmu. Bisa juga sambil pergi ke toko sembako dan membeli kebutuhan pokok, karena cara ini dapat menurunkan rasa cemas dan depresi.

Pergerakan langkah kakimu dapat menurunkan kadar kortisol dalam tubuh, sehingga risiko depresi berkurang dan suasana hatimu menjadi lebih baik.

4. Lebih kreatif dan produktif
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Jika kamu mulai merasa jenuh di rumah dan kamu terjebak pada pikiran yang negatif, kamu bisa memilih untuk berjalan kaki dan merelaksasikan pikiranmu. Dengan pikiran yang lebih tenang, kamu dapat memulai kembali pekerjaanmu menjadi lebih baik.

Baca Juga  Masak Itu Mudah kok, Ikutin 11 Tips Belajar Memasak untuk Pemula Berikut Ini yuks

Tanpa sadar, kamu bisa mendapatkan ide baru dari hasil berjalan kaki dan otakmu menjadi lebih aktif. Berjalan kaki juga dapat membantumu melawan kemalasan, sehingga cara ini dapat kamu lakukan sebelum memulai bekerja untuk meningkatkan produktivitas.

5. Menjaga kesehatan jantung
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Menurut orang-orang yang jarang beraktivitas, jogging terdengar lebih sulit dilakukan daripada berjalan kaki. Meski dapat membakar lemak dan memiliki manfaat lain yang berefek lebih cepat pada tubuh, sebagian orang masih merasa enggan untuk melakukannya.

Berjalan kaki merupakan alternatif yang lebih santai dan tidak terlalu melelahkan. Juga, berjalan kaki bermanfaat bagi kesehatan jantung, meski tidak perlu sampai ngos-ngosan. Yang terpenting adalah melakukan gaya berjalan yang benar.

6. Mengurangi risiko osteoporosis
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Ketika tulang otot mulai rapuh di usia tua, maka berjalan kaki merupakan cara tepat yang digunakan untuk menjaga kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis, radang sendi hingga masalah-masalah terkait tulang lainnya.

7. Memperkuat massa otot
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Gerak otot kaki dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Di samping itu, saat kamu melangkahkan kaki, kamu dapat memproduksi cairan sendi yang berguna untuk kesehatan otot.

Otot-otot yang semakin kuat saat kamu rutin berjalan kaki adalah otot kaki dan otot paha. Jika kedua otot ini memiliki massa yang lebih lama, maka masalah massa otot akan semakin rendah terjadi ketika tua nanti.

Nah, setelah mengetahui manfaat berjalan kaki, kamu mungkin akan menyadari bahwa berjalan kaki sangat berguna untuk kesehatan tubuh, sekaligus berpengaruh pada kesehatan mental. Maka dari itu, gunakan waktu luangmu untuk berjalan kaki dan mulai hidup sehat.

Comment

Artikel Terkait