by

Semakin Rajin Berbenah dengan Mengetahui 8 Manfaat Melakukan Decluttering!

Istilah decluttering mungkin jarang terdengar, tapi kamu pasti pernah melakukannya. Itu adalah istilah yang mengacu pada kegiatan membersihkan dan menyingkirkan barang-barang yang tidak bermanfaat lagi bagi pemiliknya.

Coba, amati keadaan di dalam rumah atau kamarmu. Apakah ada gundukan barang yang jarang tersentuh? Atau, kamu sering kesulitan menemukan barang yang dicari di antara tumpukan barang di rumahmu? Jika jawabanmu adalah “ada” dan “ya”, berarti sudah saatnya kamu melakukan decluttering. Jika “malas” menjadi alasanmu menolak mengerjakannya, sepertinya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu manfaat melakukan decluttering. Let’s get it!

1. Menghemat Waktu dan Energi

Manfaat melakukan decluttering yang sudah pasti adalah menghemat waktu dan energi. Membersihkan rumah dan menjaganya tetap bersih bukanlah pekerjaan mudah. Terlebih jika kamu adalah tipe orang yang tidak terlalu suka membersihkan ruangan. Nah, jika kamu melakukan decluttering secara rutin, berarti barang yang harus dibersihkan menjadi lebih sedikit. Artinya, decluttering dapat memangkas waktumu untuk membersihkan banyak barang.

2. Mempermudah Pencarian Barang

Jika barang-barang di rumahmu tertata dengan rapi, kamu dapat lebih mudah mencari barang tertentu. Seringkali mencari sebatang pulpen atau sisir memerlukan waktu lebih dari setengah jam karena pulpen atau sisir tersebut entah menyelip di mana. Andaikan alat-alat tulis atau alat-alat make-up ditata dalam wadah-wadah khusus, maka kamu tidak akan kelimpungan mencari keberadaan alat tulis atau alat make-up.

Untuk melakukan decluttering, kamu dapat menggunakan berbagai metode. Misalnya, dengan memilah-milah barang sesuai jenisnya dan memasukkan dalam beberapa kotak yang berbeda. Atau, jika melakukan decluttering pada pakaian, kamu bisa memilahnya dalam kategori pakaian sehari-hari, pakaian seragam, pakaian resmi, pakaian santai, dan sebagainya. Letakkan atau gantung pakaian dalam susunan yang paling nyaman dan mudah untuk diambil.

Baca Juga  Ini Bahaya Plagiat Artikel yang Akan Merugikan Pelakunya
3. Mengurangi Tingkat Stres

Mengurangi tingkat stres adalah manfaat melakukan decluttering yang sangat penting. Pasti kamu tidak ingin mengalami stres karena tumbunan barang di rumahmu, bukan? Dengan decluttering, tingkat stres akan berkurang.

Percaya atau tidak, membersihkan rumah dari barang-barang yang tidak digunakan mampu memberikan kepuasan tersendiri. Mengapa? Karena decluttering dapat membuat seseorang merasa mempunyai kendali atas hidup serta rumahnya.

Wadah yang digunakan untuk menyimpan barang pun dapat menimbulkan perasaan menyenangkan. Seperti wadah berwarna-warni, wadah berbentuk lucu, atau wadah berbentuk simple dengan warna-warna lembut.

4. Mengurangi Tingkat Konsumsi Barang

Ketika membereskan tumpukan barang, barangkali kamu baru menyadari banyak barang tersebut yang belum atau jarang dipakai. Hal ini seharusnya dapat menjadi sinyal untuk mengurangi pembelian barang yang tidak diperlukan. Mengubah gaya hidup konsumtif menjadi minimalis merupakan langkah yang baik untuk menambah uang tabunganmu.

5. Kebersihan Rumah Lebih Terjaga

Rumah akan lebih mudah dibersihkan jika hanya terdapat sedikit barang. Selain itu, sedikit barang juga akan lebih memotivasimu untuk lebih rutin melakukan decluttering. Lebih sedikitnya barang akan menyederhanakan tugas rumah tangga sehingga kebersihan rumah lebih terjaga.

Barangkali kamu masih bingung bagaimana cara melakukan decluttering. Maka, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah memilah-milah atau menyortir barang yang ada. Pilah berdasarkan beberapa kategori. Seperti barang yang ingin disimpan, barang yang ingin dibuang, dan barang yang yang ingin disumbangkan. Jujurlah pada diri sendiri. Jangan menyimpan suatu barang hanya karena merasa sayang.

6. Mengurangi Risiko Gangguan Kesehatan

Semakin banyak barang yang ditumpuk dan tidak dibersihkan berarti semakin banyak pula tumpukan debu di rumahmu. Lebih parah lagi jika tumpukan barang tersebut menimbulkan jamur.

Baca Juga  Kenali Apa Itu ‘Eating Disorder’ yang Wajib Kamu Waspadai

Debu adalah “musuh” bagi kamu yang memiliki penyakit asma dan alergi. Untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan seperti asma dan alergi, diperlukan decluttering yang rutin.

7. Turut Berperan dalam Program Ramah Lingkungan

Kegiatan yang dilakukan manusia setiap hari dapat menambah emisi gas rumah kaca, yang kemudian akan memicu tingginya pemanasan global. Contohnya, banyak limbah rumah tangga yang dibakar atau ditimbun di tempat pembuangan akhir, terutama di kota-kota besar. Pada saat limbah rumah tangga ini dikubur dan dibiarkan, mereka akan menghasilkan gas metana dan karbon dioksida. Gas-gas inilah penyumbang emisi gas rumah kaca.

Oleh karena itu, ketika kamu hanya menggunakan sedikit barang di rumah, atau menggunakan kembali barang yang masih bisa dimanfaatkan dibanding membeli yang baru, maka kamu sudah turut berperan dalam program ramah lingkungan.

8. Mendapatkan Pemasukan Tambahan dari Penjualan Barang yang Tidak Terpakai

Sebagian besar dari kita cenderung mengumpulkan barang-barang sepanjang hidup. Baik itu berupa pakaian, furnitur, maupun peralatan rumah tangga lainnya. Jika barang-barang tersebut dibeli hanya berdasarkan keinginan, bukan karena kebutuhan, dapat dipastikan barang-barang tersebut akan jarang sekali dipakai, atau hanya akan menjadi tumpukan barang selanjutnya.

Beberapa barang yang disimpan dapat menyusut dari segi harga dan kondisi. Daripada disimpan lebih lama lagi dan akan menyebabkan barang tersebut malah tidak bisa digunakan, lebih baik lakukan decluttering untuk menjual atau mendonasikan barang-barang tersebut. Selain mendapatkan tambahan uang dan beramal, rumahmu pun akan jauh lebih rapi.

Wah, ternyata banyak sekali ya manfaat melakukan decluttering? Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan salah satu atau semua manfaat tersebut, dengan mulai membenahi barang-barang yang bertumpuk di kamar atau ruangan lain di rumahmu. Jika terbiasa merapikan dan menata barang-barang, barangkali manfaat selain yang dituliskan di sini akan kamu temukan. Ingat, kebersihan tempat tinggal kerap kali mencerminkan kepribadian pemiliknya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya