by

Sebagai Hiasan Hingga Bermanfaat untuk Kesehatan: Yuk Lebih Mengenal Daun Ivy!

Kamu pecinta tanaman? Jika iya, pernahkah kamu mendengar nama tanaman Ivy? Pasti masih jarang kan? Tapi kalau dihadapkan sama tanamannya, kamu yakin masih mau bilang kalau jarang melihatnya? Kalau begitu, yuk lebih mengenal lagi dengan tanaman ivy!

Tanaman Ivy Adalah Tanaman Hias

Tanaman Ivy atau tanaman yang memiliki nama ilmiah Hedera Helix, ini merupakan salah satu tanaman yang paling sering ditemui di antara jenis-jenis tanaman hias.

Tanaman ini tumbuhnya merambat dan memiliki bentuk serta warna daun yang unik. Tanaman ini masuk dalam tanaman yang tumbuhnya relatif cepat dan merambatnya yang cukup agresif. Sehingga, tanaman ini mampu menutupi tanah apabila pekarangan kamu tidak terdapat rerumputan.

Rambatan tanaman ini ialah suka merambat pada tanaman lain atau benda-benda yang ada di sekitarnya.

Gimana sih Cara Perawatan Tanaman Ivy?

Tanaman satu dengan tanaman lainnya pasti memiliki perawatan yang berbeda-beda, hal itu berlaku juga dengan tanaman ivy, tanaman hias yang satu ini memiliki cara perawatan yang berbeda dengan tanaman lainnya. Kira-kira bagaimana ya cara perawatan tanaman ivy?

1. Suka dengan Tempat Terang Tapi Teduh

Kebanyakan tanaman Ivy ini tumbuh di tempat yang terang tapi teduh. Kamu juga bisa menanam ivy dekat dengan jendela atau tepat di bawah pohon. Hal ini bertujuan untuk membuat daunnya semakin menjadi cerah serta dapat menunjang pertumbuhannya.

Namun, sebaliknya apabila kamu meletakkan tanaman ini secara langsung di bawah terik matahari, hal itu bisa menyebabkan daunnya menjadi terbakar dan cepat layu.

Selain itu, keuntungan dari sifat tanaman ivy yang tumbuh agresif dan menjalar lebat, tanaman ini dapat dimanfaarkan untuk mengusir gulma, yang tumbuh di sekitar tanaman yang ada di pekarangan rumahmu.

Baca Juga  7 Tips Sederhana Agar Tidak Mudah lelah
2. Tanaman Ivy Cocok Ditanam di Media Tanah Liat

Jika kebanyakan tanaman lainnya sangat baik ditanam di tanah humus yang memiliki banyak kandungan zat haranya, tanaman hias yang satu ini malah cocok ditanam di media tanah liat.

Hal ini disebabkan karena lapisan mulsa tanah liat yang tebal bisa membantu menjaga kelembapan tanah di iklim yang kering. Apabila kamu meletakkan tanaman ivy di dalam ruangan, kamu bisa mengeringkan dahulu tanah liat, kemudian kamu masukkan dalam pot yang agak lebar dengan diameter 20 hingga 30 cm.

Selain itu, kamu juga bisa memilih menggunakan pot yang memiliki lubang drainase untuk dapat mencegah pembusukan akar.

3. Tanaman Ivy Tidak Dianjurkan untuk Sering Disiram

Jika kamu merawat tanaman ivy, secara tidak langsung kamu melakukan penghematan air juga. Pasalnya tanaman yang satu ini tidak dianjurkan untuk disiram terlalu sering, serta ketika menyiramnya airnya tidak usah terlalu banyak.

Hal ini dikarenakan tanaman ivy lebih menyukai keadaan tanah yang lembab, tidak terlalu basah atau sampai tergenang. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa drainase pada tanaman ivy bisa tertata dengan baik.

Hal itu bertujuan agar kelembapannya seimbang dan tidak rentan dengan serangan jamur. Kelembapan tanah pada tanaman ivy yang sesuai, akan membuat tanaman ivy bisa menghasilkan warna daun yang cerah serta indah.

4. Kamu Harus Bisa Memperhatikan Suhu Ruang

Suhu ruang untuk tanaman ivy harus kamu perhatikan. Tanaman yang satu ini cocok dengan suhu ruang yang cukup dingin, yaitu sekitar 15 sampai 21 derajat celcius. Dengan suhu yang konsisten pada kelembapan yang sedang sampai tinggi tersebut, daun tanaman ivy bisa tetap hijau.

Baca Juga  Inilah 7 Karir Bagi yang Suka Menulis, Kamu Tertarik?
5. Sebaiknya Beri Tanaman Ivy dengan Pupuk Sebanyak Dua Minggu Sekali

Setiap tanaman pasti membutuhkan pupuk untuk membantu sumber nutrisi. Hal ini juga berlaku untuk tanaman ivy yang minimal bisa kamu berikan pupuk sebanyak sekali dalam dua minggu.

Pupuk untuk tanaman ivy yang bisa kamu pilih ini sebaiknya mengandung kalium, nitrogen, dan fosfor yang cukup. Kemudian, ada waktu-waktu di mana kamu harus menghindari penggunaan pupuk ini untuk tanaman ivy, yaitu saat tanaman tengah mengalami stres. Maksudnya ialah saat tanah terasa begitu panas atau kering dan produksi daun yang berhenti.

Apa saja Manfaat Tanaman Ivy?

Tak hanya sekadar menjadi tanaman hias saja, tanaman ivy juga memiliki banyak manfaat lainnya, loh! Manfaat-manfaat yang bisa kamu temukan pada tanaman ini di antaranya:

1. Tanaman Ivy Dapat Digunakan Sebagai Antiinflamasi atau Antiperadangan

Pada sebuah study yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa daun tanaman ivy ini terdapat sifat antiinflamasi, baik inflamasi akut maupun kronis.

Inflamasi sendiri merupakan mekanisme tubuh yang menimbulkan peradangan, dengan tujuan untuk membunuh kuman yang masuk dalam tubuh. Namun, tak jarang proses inflamasi dalam tubuh ini begitu berlebihan, sehingga malah membuat beberapa bagian dari tubuh menjadi rusak.

Tanaman yang satu ini juga diduga memiliki peran untuk memblok pelepasan zat histamin atau serotonin, yang merupakan fase awal pada inflamasi akut. Sedangkan pada fase inflamasi kronis, daun ivy diduga bekerja dengan cara menghambat fungsi dari makrofag dan juga fibriosis, sehingga bisa mengatasi terjadinya inflamasi kronis ini.

2. Sebagai Antioksidan dan Antimikroba dalam Tubuh

Flavonoid masuk dalam salah satu kandungan dalam daun ivy yang sudah dikenal sebagai antioksidan yang baik untuk manusia.

Baca Juga  Kenali Apa Itu ‘Eating Disorder’ yang Wajib Kamu Waspadai

Beberapa fungsi dari zat tersebut ialah untuk membantuk mengeluarkan racun yang ada pada tubuh, dapat memperkuat pembuluh darah, dapat mengurangi risiko alergi, serta bisa memodulasi enzim-enzim yang berfungsi untuk membantu fungsi tubuh.

Selain sebagai antioksidan, daun ivy juga mengandung banyak tritepenoid saponin yang berfungsi untuk membantu penyerapan usus ,serta melawan berbagai bakteri yang masuk dalam tubuh. Bahkan saponin juga sudah diinvestigasi mempunyai aktivitas antijamur spektrum luas.

3. Bisa Membantu Dalam Menyembuhkan Batuk

Beberapa penelitian yang telah dilakukan pada tanaman ivy terbukti, bahwa daun ivy memiliki manfaat untuk membantu melegakan saluran pernafasan, serta bisa mengurangi gejala pada batuk. Sifat dari meredakan batuk ini utamanya dari saponin yang ada dalam daun ivy.

Nah, gimana nih Sobat ulasan mengenai daun ivy? Apakah kamu jadi tertarik untuk merawat tanaman hias yang satu ini?

Comment

Artikel Terkait