oleh

Saran untuk Kamu yang Merasa Boros, yuk Lakukan dan Terapkan Saran-saran Berikut!

 

 

Banyaknya kebutuhan hidup seringkali mengharuskan kita mengeluarkan biaya yang lebih untuk hal. Biaya-biaya lebih tersebut bisa jadi membengkak melebihi anggaran yang telah disediakan. Hal ini bisa membuat kamu merasa bahwa kamu telah boros. 

Tak hanya itu, hanya untuk mengikuti gaya hidup yang kamu anggap baik, pada akhirnya justru mengeluarkan biaya lebih yang sebenarnya tidak pernah kamu inginkan. Atau, kamu merasa boros karena gaya hidup yang kamu pakai? Nah, artikel ini adalah solusi bagi kamu yang merasakan hal-hal tersebut. Yuk simak beberapa saran untuk kamu yang merasa boros berikut ini! 

1. Buat Daftar Anggaran Pengeluaran dan Ikuti, Jangan Sampai Membengkak!

wanita menulis daftar utang pada notebook menghitung pengeluarannya dengan kalkulator - anggaran belanja potret stok, foto, & gambar bebas royalti

wanita menulis daftar utang pada notebook menghitung pengeluarannya dengan kalkulator - anggaran belanja potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Saran untuk kamu yang merasa boros yang pertama adalah dengan membuat daftar anggaran pengeluaran dalam beberapa waktu ke depan. Namun yang sering terjadi adalah, meskipun sudah membuat daftar pengeluaran, masih ada saja pengeluaran tak terduga yang menyebabkan pengeluaran menjadi membengkak. 

Hal ini perlu mendapat perhatian lebih dari kamu. Usahakan untuk menekan pengeluaran sesuai dengan daftar anggaran yang kamu buat. Jangan lupa juga untuk membuat daftar anggaran pengeluaran, sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan kamu secara detail.

Ikuti daftar yang sudah kamu buat dengan tepat dan disiplin. Daftar anggaran pengeluaran ini akan memudahkan kamu untuk mengira-ngira, apakah pengeluaran kamu akan membengkak atau tidak. 

2. Buat dan Pahami Betul Apa Skala Prioritas Kamu

kata penting pada kertas catatan perekat - prioritas potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Selalu ada skala prioritas dalam segala hal. Begitu pula dalam hal mengelola kontes. Skala prioritas sangat diperlukan dalam mengatur keuangan. Dengan adanya skala prioritas, kamu akan otomatis menahan diri kamu untuk keinginan-keinginan yang sebenarnya kurang bermanfaat. 

Kamu harus membedakan antara kebutuhan dan keinginan, usahakan untuk mengeluarkan biaya pada hal-hal yang benar-benar kamu perintahkan. Tanamkan mindset dalam diri kamu untuk menahan pengeluaran, untuk hal-hal yang hanya keinginan saja karena keinginan sering segera hilang seiring berjalannya waktu.

Baca Juga  5 Tips Investasi Properti Bagi Pemula

Berbeda dengan kebutuhan yang selalu dipenuhi. Yuk tentukan skala prioritas kamu dalam mengelola kontes! Mendahulukan hal-hal yang benar-benar kamu perintahkan akan menghindarkan kamu dari sifat boros. 

3. Pilihan Gaya Hidup yang Sesuai dengan Kantong Kamu 

pengusaha mendorong kata-kata yang mustahil untuk kemungkinan kata-kata di atas gunung dengan sinar matahari. konsep pola pikir positif. - gaya hidup potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Saran untuk kamu yang merasa boros berikutnya adalah dengan memilih gaya dan pola hidup sesuai dengan penghasilan kamu. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Jangan sampai hanya karena ingin ikut-ikut teman atau ingin mengikuti hal-hal yang sedang menjadi trend, lalu kamu menjadi boros dalam mengelola keuangan. 

Kamu harus benar-benar mengatur keuangan. senang menyenangkan diri sendiri boleh, tapi jangan sampai alasan ini dijadikan pembelaan ketika kamu merasa kamu sudah berusaha boros. 

Pilihlah gaya hidup sesuai dengan apa yang ada pada dirimu, jangan ikut-ikutan orang lain. Atur keuangan dengan baik melalui gaya hidup yang sesuai dengan penghasilan kamu, maka kamu akan terhindar dari gaya hidup yang boros. 

4. Jangan Mudah Menuruti, Pertimbangan dulu Apakah Perlu atau Tidak

kehilangan memori, melupakan hal-hal yang harus dilakukan atau demensia tidak dapat mengingat apa pun, membingungkan masalah otak atau konsep penyakit kognitif, pengusaha bingung dalam kesulitan kehilangan ingatan memikirkan apa yang dia lupakan. - gaya hidup ilustrasi stok

Saran untuk kamu yang merasa boros berikutnya adalah dengan tidak selalu menuruti apa yang menjadi keinginan kamu. Mempertimbangkan segala sesuatu sebelum melakukannya juga adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Kamu harus paham betul bahwa tidak semua keinginan kamu harus dituruti. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, terlebih dahulu hal-hal yang kamu anggap benar-benar perlu daripada menuruti keinginan yang tidak ada habisnya. 

Ketika kamu memiliki begitu banyak keinginan untuk dilakukan dalam sekali waktu, pertimbangkan dan pilah-pilah dahulu di atas keinginan yang dirasa mudah untuk dipenuhi. Menyenangkan diri sendiri dengan keinginan sekali-kali memang boleh-boleh saja.

Hal ini sama dengan mengapresiasi diri atas kerja keras yang telah dilakukan. Tapi yang perlu diingat adalah jangan sampai apresiasi diri tersebut berlebihan dan justru menjerumuskan kamu. Penuhilah keinginan yang mendekati kebutuhan dan yang benar-benar kamu inginkan. Agar keinginan tersebut sudah terpenuhi, kamu sudah merasa puas dan cukup. 

Baca Juga  5 Hal yang Wajib diperhatikan Sebelum Nonton di Bioskop Pada Masa Pandemi!
5. Dahulukan Memenuhi Kebutuhan yang Benar-Benar Mendesak

pengusaha muda asia menikmati belanja online menggunakan kartu kredit di kedai kopi. - gaya hidup potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Barang-barang kebutuhan habis dalam waktu bersamaan dan bingung mau membeli mana terlebih dahulu? Hal ini cukup sering terjadi. Ketika situasi seperti ini datang dan keuangan kamu sedang menipis, kamu harus mempertimbangkan dengan baik mana yang harus kamu dahulukan. 

Pikirkan dengan matang dan pilah-pilah mana kebutuhan-kebutuhan tersebut yang kamu pesan dalam waktu segera. Usahakan untuk mendahulukan kebutuhan-kebutuhan yang memang bersifat tidak dapat ditunda dan harus segera dipenuhi.

Penuhi kebutuhan tersebut satu per satu secara bertahap sesuai dengan skala prioritas, jangan langsung dalam sekali waktu. Hal ini akan menghindarkan kamu dari sikap boros yang bisa kamu sesali di kemudian hari. 

6. Sisihkan Dahulu Sebagian Kecil dari Penghasilan Kamu, Lalu Atur Anggaran Pengeluaran Menurut Sisanya
wanita dengan toples koin dan biaya daftar periksa melakukan rencana akuntansi - menabung potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Saran untuk Anda yang merasa boros berikutnya, adalah dengan terlebih dahulu mengetahui sebagian kecil dari penghasilan sebelum membelanjakannya. Hal ini bertujuan agar ketika anggaran yang tersisa sudah habis dan kamu merasa telah boros dalam membelanjakan keuangan, kamu masih memiliki cadangan yang bisa dipakai sewaktu-waktu. 

Sisihkan dulu kira-kira 10% atau sesuai yang kamu inginkan. Buat daftar pengeluaran dengan penghasilan kamu yang sudah dikurangi dengan penghasilan yang disisihkan tersebut. Jikalau pada akhirnya mengeluarkan masalah mengharuskan semua penghasilan kamu, tidak. Karena kamu sudah punya cadangan yang bisa digunakan sewaktu-waktu ketika diperlukan. 

Itulah beberapa saran untuk kamu yang merasa boros. Terapkan saran-saran tersebut jika selama ini Anda merasa sudah mengatur keuangan dengan baik tetapi tetap saja merasa boros. Atur keuangan kamu dengan sebijak mungkin. Jangan sampai ada istilah lebih besar pasak daripada tiang karena kontes untuk hal-hal yang kurang penting. Cerdaslah sobat! 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publikasi Terkait Lainnya