by

Sangat Baik Dikonsumsi, Inilah Manfaat Sayur dan Buah Bagi Tubuh

Manusia menjadi salah satu mahkluk hidup yang membutuhkan asupan nutrisi yang sehat bagi tubuh. Sayur dan buah-buahan adalah alternatif sehat yang tidak akan membuat kita rugi jika harus mengonsumsi. Sayangnya, ada banyak sekali yang masih tidak menyukai sayur yang mempunyai khasiat tinggi untuk diri.

Begitu juga dengan buah-buahan, walau rasanya sudah jelas-jelas enak dan menyegarkan, masih saja ada yang menolak untuk mengonsumsi beberapa jenis buah yang kaya akan vitamin.

Oleh karena itu, kini kita akan membahas apa manfaat mengonsumsi buah dan sayur bagi tubuh, agar kamu yang masih ragu mengonsumsi, bisa mengetahui apa manfaat mengonsumsi buah dan sayur guna menunjang gaya hidup sehat. Yuk, simak penjelasan berikut! 

1. Sumber Vitamin

Vitamin mempunyai banyak peran bagi tubuh. Mulai dari membantu sistem metabolisme, mencegah penyakit kronis hingga memelihara nafsu makan yang baik. Dengan mengonsumsi vitamin, imun kekebalan tubuh akan jauh lebih kebal dan mampu menangkal tubuh dari beragam sakit yang menjangkit.

Asupan vitamin berguna untuk membantu sistem pencernaan pada manusia, yakni membantu tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi. Sehingga, dapat dikatakan bahwa vitamin memegang peran penting sebagai penghasil energi dari makanan.

Meski vitamin terdengar biasa-biasa saja, vitamin telah memegang kendali utama di beragam jenis makanan yang menyehatkan. Tak jarang jika seseorang yang paham benar mengenai manfaat besar dari vitamin, akan berusaha memaksimalkan kebutuhan pangan dengan kebutuhan vitamin yang memang sangat diperlukan.

Tidak harus membeli obat pil dan sirup vitamin seperti yang biasa kita lakukan di apotek atau tempat kesehatan lainnya, mengonsumsi buah dan sayur juga telah mewakili pemenuhan akan vitamin tersebut. Bahkan mengonsumsi buah dan sayur jauh lebih menguntungkan, ketimbang membeli jenis vitamin yang harus terpisah-pisah di apotek. 

Baca Juga  Tips Mudah dan Cara Pasang Wifi di Rumah Sendiri

Karena, kandungan vitamin yang terdapat pada buah-buahan serta sayuran ada sangat banyak sekali dan bisa didapatkan secara sekaligus. Artinya, satu buah saja bisa mengandung jenis vitamin yang berbeda, seperti anggur yang kaya vitamin C sekaligus juga vitamin K.

2. Gizi Seimbang

Gizi seimbang bisa didapatkan dengan pola makan yang baik serta susunan pangan yang banyak. Setiap makanan pasti memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, karena itu mengatur tataan pangan dengan berbagai macam menu makanan bisa menyeimbangkan gizi yang diperlukan. Akan tetapi, tidak semua orang bisa menyediakan jenis makanan yang beragam di atas meja. Alasannya juga berbeda-beda. Ada yang sibuk hingga kurang waktu untuk mengolah masakan, dan ada yang perekonomiannya memang kurang mencukupkan. Dan hal ini membuat pemenuhan akan gizi seimbang selama terbengkalai dan gagal dilaksanakan.

Namun jangan khawatir, ternyata buah dan sayur yang sering kita konsumsi, bisa memenuhi kadar gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi gak harus repot masak atau repot belanja bahan olahan makanan, cukup beli buah dan sayuran dan konsumsi disetiap kebutuhan keseharian, maka gizi seimbang yang diharapkan dapat terwakilkan.

3. Menyehatkan Kulit

Menjadi organ terbesar pada tubuh manusia, kulit memiliki peranan untuk membungkus dan melindungi organ lainnya yang ada dalam tubuh. Selain berguna sebagai pelindung, memiliki kulit yang bagus juga menjadi daya tarik utama pada manusia. Pasalnya, kulit yang bersih dan mulus, merupakan impian di setiap orang. Termasuk kaum wanita yang tak pernah berhenti merawat kulit mereka.

Merawat kulit dari luar tidak bisa memaksimalkan kesehatan kulit yang sempurna, butuh perawatan yang baik dari dalam juga. Seperti halnya mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang menyehatkan.

Baca Juga  5 Makanan yang Perlu Dihindari Ketika Buka Puasa

Mengonsumsi buah dan sayuran ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan keseluruhan organ pada tubuh. Contohnya alpukat, yang mempunyai kandungan lemak sehat untuk membuat kulit tetap lembab dan pastinya lebih elastis. Atau seperti brokoli yang pada kandungan luteinnya, berfungsi melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, yakni penyebab kulit kering dan juga keriput.

4. Melancarkan Pencernaan

Pencernaan yang tidak lancar bisa menimbulkan gangguan yang benar-benar menyakitkan. Termasuk gangguan pencernaan seperti sembelit, yang biasanya terasa sulit hingga nyeri saat buang air besar. Oleh sebab itu, agar pencernaan lancar dan terbebas dari gangguan, sangat baik sekali untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Dimana sayur dan buah-buahan adalah makanan kaya serat, yang nantinya bisa menyerap air ke dalam usus besar. Sehingga buang air besar akan lebih lancar dan tidak mengalami gangguan.

Beberapa buah kaya serat yang perlu kamu ketahui ialah, stroberi, kiwi, jeruk, plum, dan juga apel. Sedangkan sayur yang kaya serat antara lain bayam, brokoli, labu dan wortel.

5. Mengatasi Obesitas

Jenis hidangan makanan siap saji, yang biasa kita beli, menjadi salah satu alasan penyebab seseorang mengalami obesitas. Alasannya, makanan siap saji yang tinggi akan kalori, juga mengandung banyak gula dan lemak penyebab terjadinya obesitas, atau berat berlebihan. Memang, jika dimakan hanya sesekali, makanan siap saji tidak terlu mengganggu pada kesehatan. Akan tetapi, mengonsumsi dalam jumlah banyak seperti pada acara mukbang yang lagi heboh di dunia sekarang, makanan siap saji ini bisa berbahaya bagi tubuh bahkan mengancam kesehatan.

Makanya, jika kamu mulai tergiur untuk membeli makanan siap saji, alangkah baiknya juga untuk menyeimbangkan pengonsumsian sayur dan buah-buahan yang dapat mengambat lemak jahat bekerja pada tubuh.

Baca Juga  Semakin Sehat dan Awet Muda, Berikut Manfaat Berjalan Kaki Secara Rutin yang Bisa Kamu Dapat

Nah, itulah sederet informasi akan manfaat mengonsumsi buah dan sayur pada tubuh. Wah, kalau sudah begini, pasti niat malas mengonsumsi sayur ataupun terlalu milih-milih soal buah pasti tidak lagi ya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya