by

Rimbang, Tanaman yang Mampu Menurunkan Minus Pada Mata Hingga Menormalkan Penglihatan

Tahukah kamu? Miopi atau rabun jauh merupakan cacat mata yang berpotensi tinggi menyebabkan kebutaan apabila tidak segera diatasi. Jenis cacat mata ini, merupakan kondisi dimana mata tidak lagi mampu melihat benda yang terletak jauh dengan keadaan jelas.

Di Indonesia, kondisi ini telah terhitung sekitar lebih dari dua juta kasus di setiap tahunnya, bahkan tak hanya orang dewasa, anak kecilpun turut terhitung di dalamnya.

Tidak sulit dan tidak perlu pembiayaan yang mahal, jenis cacat mata miopi dapat didiagnosis sendiri tanpa harus melakukan uji atau pencitraan di laboratorium. Benarkah? Bagaimana?

Umumnya penderita miopi akan menyipitkan mata secara refleks, ketika sedang terfokus pada objek yang jauh dan cenderung merasa lelah ketika melihat terlalu lama.

Kejadian ini tentu membuat penderita miopi merasa sangat terganggu dalam menjalankan aktivitas, hingga tak jarang jika penderita miopi memilih untuk menggunakan lensa kacamata minus, sebagai alat bantu dalam mempertajam penglihatan yang mulai memburam.

Penderita miopi yang mengenakan lensa kacamata minus, tentu saja akan merasa lebih tertolong dalam menjalankan kegiatan di seharinya, sebab objek yang seharusnya terlihat kabur dan memburam, akan terlihat tajam dan menjelas ketika penderita miopi memakai kacamata ini.

Akan tetapi tahukah kamu? Kacamata berlensa minus hanyalah alat bantu, yang dapat menolong penderita miopi dalam melihat benda jauh dengan jelas dan bukanlah alat, yang akan mengurangi ataupun menyembuhkan mata minus secara perlahan dan bertahap.

Mirisnya, penggunaan kacamata ini secara terus menerus oleh penderita miopi, justru akan membuat mata harus menggantungkan kebutuhan penglihatannya pada lensa yang dikenakan, sehingga bukan hal yang asing lagi jika penderita miopi terus berusaha mencari cara, agar dapat kembali melihat suatu objek yang jauh dengan penglihatan yang jelas tanpa harus mengenakan lensa. Lantas apakah ada solusinya? Berikut kita bahas bersama-sama.

Baca Juga  Kesal Pekerjaan Rumah Tak Kunjung Selesai? Coba Life Hack Pekerjaan Rumah Berikut Ini

Tanaman rimbang atau cepokak merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman yang berbentuk bulat kecil bewarna hijau dengan rasa pahit ini telah menjadi solusi, yang diakui keefektifannya dalam menurunkan minus pada mata hingga menormalkan kembali penglihatan, yang memburam menjadi lebih tajam dan jelas.

Jenis tanaman ini juga sering diolah menjadi bumbu tambahan dalam sajian sayuran, yang cukup digemari oleh kaum ibu rumah tangga dalam menyajikan makanan yang sehat dan tak kalah sedap.

Selain mudah didapatkan, jenis pengolahan tanaman ini pun sangat serdehana dan cukup mudah dilakukan, yakni dengan memakan secara langsung buah tanaman ini setelah pencucian dengan air mengalir, atau dijadikan jus dan di minum dua kali dalam sehari.

Bagi yang belum pernah mencoba buah tanaman ini tentu akan merasakan sensasi pahit dan tidak enak di lidah, akan tetapi jangan khawatir, rasa pahit ini hanya berlaku sesaat dan tidak berlangsung lama.

Bagi penderita miopi, dengan mengonsumsi buah rimbang yang dilakukan secara teratur dan terus menerus, dapat memastikan bahwa penderita miopi akan kembali mendapati perubahan pada penglihatan seiring waktu pengonsumsian.

Oleh karena itu, untuk mempercepat kesembuhan miopi, alangkah baiknya pula jika diseimbangkan dengan pengurangan pemakaian gadget atau menghindari penggunaan gadget. Hal ini dikarenakan oleh cahaya pada gadget pun merupakan salah satu penyebab radiasi dan kerusakan pada mata. Nah, bagaimana? Mau menahan rasa pahit sementara atau mengenakan lensa saja?

Comment

Artikel Terkait