by

Tips “No Galau” Atas Kandasnya Sebuah Hubungan

Dalam satu hubungan khusus yang terjalin antara seorang pria dan wanita, berakhir di bahtera pernikahan adalah harapan dari para pasangan pada umumnya, khususnya para kaula muda Indonesia.

Tidak dapat dimungkiri setiap perjalanan hubungan memiliki fase naik turun bak roller coaster. Fase ini kerap kali menjadi ujian bagi setiap pasangan, karena dapat memicu kesalahpahaman dan berakhir pada kandasnya sebuah hubungan. 

Kandasnya sebuah hubungan memicu rasa galau baik pada satu pihak maupun kedua belah pihak. Jika galau yang dirasakan hanya sehari, dua hari atau satu minggu saja itu adalah hal yang wajar.

Namun ada beberapa orang yang justru galau berkepanjangan bahkan trauma. Mirisnya, ada yang berakhir dengan menyakiti diri bahkan mengakhiri hidupnya sendiri. Buat kamu yang sedang atau baru saja mengalami kejadian serupa, berikut tips ” no galau ” yang bisa mengatasi kegalauanmu :

1. Me Time

Mencintai diri sendiri adalah hal yang paling penting sebelum kamu mencintai oranglain. Salah satu bukti bahwa kamu mencintai diri sendiri yaitu dengan memiliki me time. Dengan kegiatan me time pola pikir kamu dapat lebih terbuka.

Misalnya saat bepergian ke suatu tempat secara sendirian atau kamu memilih nongkrong di sebuah kafe seorang diri, maka kamu akan melihat banyak situasi di sekitarmu, yang mampu membuatmu merasa bersyukur atas apa yang kamu miliki saat ini.

Selain itu kamu juga dapat lebih menginstropeksi diri atas gagalnya hubungan yang telah kamu coba bina sejauh ini. Kegiatan me time dapat membantumu untuk memecahkan setiap persolanmu dengan kepala dingin, sehingga kemungkinan besar solusi yang kamu temukan adalah solusi yang tepat atas kandasnya sebuah hubungan yang pernah kamu coba pertahankan. 

Baca Juga  Hal-Hal Penting yang Harus diperhatikan Sebelum Olahraga
2. Perbanyak Waktu Buat Asah Skill Baru

Galau atas hubungan yang kandas tidak akan pernah menjadikanmu lebih baik dari diri kamu yang kemarin. Penulis  percaya setiap orang  memiliki paling tidaknya satu talenta atas diri mereka. Tetapi banyak dari kita yang tidak menyadari hal tersebut.

Oleh karena itu, temukan kemampuan yang ada dalam diri kamu kemudian asah dan kembangkan. Karena cantik atau tampan saja sangat mubajir di masa sekarang ini.

Sehingga menjadi seseorang yang unik dengan memiliki sebuah skill baru, adalah solusi untuk kamu dapat merasa  percaya diri  saat bertemu dengan orang-orang baru nantinya. Khususnya saat bertemu dengan pria/wanita baru yang ingin kamu jadikan pasangan.  

3. Menyisihkan waktu untuk Bermain Bersama Teman 

Teman yang penulis maksud adalah teman yang tepat, yaitu teman yang benar-benar bisa mengerti kamu secara lebih baik. Teman yang tepat adalah tempat yang paling ampuh untuk kamu dapat kembali tertawa, setelah melalui fase berat dalam hidup kamu.

Saat berkumpul bersama teman kamu akan lupa yang namanya galau. Sehingga kandasnya hubungan kamu dengan si doi tidak akan menjadikanmu galau berkepanjangan. 

4. Mencari Kesibukan Baru

Semakin sibuk seseorang, maka tidak ada waktu bagi dirinya untuk memikirkan hal-hal yang yang tidak penting seperti hal-hal yang mampu menyakiti diri sendiri. Bagi kamu yang merasa kurang produktif karena kurangnya kesibukan, di masa sekarang ini media sosial sangat memudahkan segala sesuatunya.

Salah satu kesibukan yang dapat dengan mudah dilakukan adalah dengan memanfaatkan media sosial secara baik dan positif. Misalnya dengan membagikan konten kreatif milik sendiri, seperti tutorial make up bagi kaum wanita yang jago make up atau menjadi pekerja freelance seperti admin social media, yang banyak ditawarkan saat saat ini dan masih banyak lagi kesibukan yang dapat kamu lakukan, baik melalui media sosial ataupun real life kamu. 

Baca Juga  Shhh... Ini Dia 5 Cara Menghadapi Calon Mertua Judes
5. Membenahi Diri

Tidak dapat dipungkiri kandasnya hubungan kamu dengan pasanganmu adalah bagian dari kesalahan kamu juga. Misalnya kami yang kurang selektif di awal atau mungkin komunikasi yang kurang baik, yang tak mampu memberikan solusi terbaik.

Dibandingkan harus meratapi nasib hubungan yang baru saja usai, lebih baik kamu membenahi diri lewat instropeksi diri  atas hubunganmu sebelumnya.

Semakin kamu berbenah diri, maka kamu akan lebih mengerti sosok  atau  hubungan seperti apa yang benar-benar kamu butuhkan nantinya. Terlepas dari kamu meminta yang terbaik kamu juga telah mempersiapkan diri untuk dia yang terbaik. 

6. Menjadi Seorang yang Open Minded

Pola pikir yang lebih terbuka akan menjadikanmu menjadi sosok yang senantiasa berpikir positif. Kamu akan merasa bahwa galau hanya akan menyakiti diri sendiri dan tidak akan memberi dampak yang baik untuk kamu secara pribadi.

Menjadi seorang yang open minded juga akan mengajarkanmu untuk melihat segala sesuatunya, tidak hanya pada ruang lingkup yang kecil saja tetapi mampu membuatmu melihat segala sesuatu secara lebih luas.

Misalnya di tengah-tengah kandasnya hubunganmu, kamu tidak akan terus menerus menyalahkan diri sendiri atapun orang lain, karena kamu percaya bahwa segala sesuatu adalah tentang mengajarkan ataupun pembelajaran. 

Saat menjalin kisah asmara dengan seseorang, setiap pasangan tentu berharap hubungan yang dibangun benar-benar dapat bertahan lama. Tidak dapat dipungkiri masalah dalam sebuah hubungan memanglah hal yang sangat tidak asing bagi siapapun juga.

Dengan adanya masalah tentu kesetiaan sebuah hubungan dapat diuji, yakni seperti apa kedua belah pihak menanggapi masalah yang diperhadapkan.

Namun  di waktu yang bersamaan kandasnya sebuah hubungan juga dapat menjadi solusi terbaik atas toxicnya kisah asmara. Menjadi galau atas kondisi tersebut tentulah bukan menjadi solusi yang tepat dalam memecahkan situasi yang demikian.

Baca Juga  Kamu Kesulitan Memanfaatkan Waktu yang Kamu Punya? Simak Tips Memanagemen Waktu Ini!

Karena pada dasarnya jika kamu memiliki kualitas diri yang baik, maka semakin tidak peduli kamu atas siapapun yang pergi meninggalkanmu, karena hanya mereka yang beruntung yang akan mempertahankanmu.

Itulah dia sederet tips “no galau” atas kandasnya sebuah hubungan. Bagi kamu yang berada di fase ini, yuk coba tips yang diatas ya..

Comment

Artikel Terkait