by

Tips Menabung Bagi Pasangan Muda dan Manfaatnya!

Finansial menjadi hal yang cukup penting bagi semua kalangan, begitupun dengan pasangan muda dalam rumah tangga. Terdapat beberapa pertimbangan keuangan yang wajib dilakukan oleh pasangan muda agar menciptakan rumah tangga yang lebih harmonis. Salah satunya adalah dengan menabung, maka perlu diketahui tips menabung bagi pasangan muda agar finansialnya lebih terstruktur.

Terkadang, salah satu permasalahan dalam rumah tangga disebabkan oleh keuangan yang tidak teratur. Untuk menghindari hal tersebut, diperlukan adanya strategi khusus untuk memperhitungkan keuangan dalam rumah tangga. Menabung secara rutin menjadi solusi bagi pasangan muda yang tengah menjalin keluarga kecil.

Tips Menabung Bagi Pasangan Muda

Untuk menabung secara teratur dalam rumah tangga, maka diperlukan adanya strategi atau tips yang dapat dilakukan. Sebab, menabung pun tak hanya menyisihkan uang saja. Namun terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan serta dipertimbangkan. Simak beberapa tipsnya di bawah ini!

1. Pertimbangkan Jumlah Uang Untuk Ditabung

Tips yang pertama yaitu menghitung dan menganggarkan uang yang akan ditabung. Misalnya, terdapat beberapa kebutuhan dan biaya tak terduga yang sudah dijumlahkan. Setelah itu, maka dapat dipertimbangkan berapa jumlah yang akan ditabungkan dalam 1 minggu, 1 bulan, 1 tahun dan seterusnya.

Membuat rancangan biaya pun akan cukup penting dalam memperhitungkan uang yang akan ditabung. Karena pasangan muda tentunya harus memiliki rencana-rencana untuk kehidupan yang lebih jauh. Rencana-rencana ini pun tentunya akan membutuhkan banyak biaya. Akumulasi rencana biaya ini dapat menjadi pertimbangan untuk jumlah uang yang harus ditabung.

2. Prioritaskan Menabung

Tips selanjutnya yaitu memprioritaskan menabung dalam kehidupan rumah tangga. Jadi, menabung bukan hanya untuk menyisihkan uang saja, namun untuk mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan di masa mendatang yang menjadi prioritas. Karena menyisihkan sama saja seperti ‘menyisakan,’ maka menabung akan cenderung dilakukan saat ada sisa uang saja.

Baca Juga  Cara Menata Tanaman Hias Agar Rumah Tampak Indah dan Enak Dipandang

Maka, terapkanlah prinsip menabung sebagai prioritas. Dengan menerapkan prinsip ini, pasangan muda akan selalu menabung setiap harinya. Selain itu, uang yang didapatkan pun dapat dibagi-bagi untuk kebutuhan, keinginan dan tidak lupa pula untuk tabungan. Dengan begitu, tidak ada lagi alasan untuk tidak menabung bagi pasangan muda.

3. Mencatat Keuangan

Mencatat keuangan menjadi salah satu cara untuk mengontrol keuangan dengan baik. Terkadang, beberapa pasangan muda memutuskan untuk menghabiskan uang gajinya dengan alasan sebagai buah kerja keras mereka. Namun, hal ini ternyata kurang tepat. Sebab menikmati gaji terlalu dini akan membuat finansial pasangan muda tidak terstruktur dalam jangka waktu lama.

Dengan mencatat keuangan pun, pasangan muda dapat mengetahui intensitas dalam menabung. Hal ini dapat menjadi pendorong pula agar pasangan muda menabung lebih sering. Mencatat keuangan pun dapat menjadi patokan bagi pasangan muda untuk menabung dalam jumlah tertentu. Apabila pengeluaran lebih cukup besar, maka pasangan muda dapat mengurangi jumlah uang yang ditabung.

4. Rencanakan RAB atau Anggaran Pengeluaran Rumah Tangga

Kebutuhan dalam berumah tangga tentunya akan jauh lebih besar dibandingkan kebutuhan diri sendiri. Maka, hal ini harus menjadi sebuah perhatian. Apabila tidak dikontrol, keuangan rumah tangga cenderung akan boros dan dana tidak dialokasikan dengan baik. Oleh karena itu, buatlah sebuah perencanaan RAB atau rencana anggaran biaya (pengeluaran) dalam rumah tangga.

Hal ini pun dapat menjadi patokan atau tolok ukur bagi pasangan muda dalam menentukan jumlah uang yang akan ditabung. Selain itu, pasangan muda pun akan dengan mudah membagi keuangan untuk pengeluaran dan tabungan agar lebih merata. Sehingga, pasangan muda dapat menabung secara rutin dan mencapai target yang diinginkan.

Baca Juga  Bisa Untung Besar, Simak 5 Tips Berkebun di Rumah Selama Pandemi
5. Manfaatkan Auto Debit Bank

Tips berikutnya adalah memanfaatkan fitur auto debit yang ada di bank. Fitur ini memungkinkan pasangan muda untuk mengaktifkan 2 rekening, yaitu rekening biasa dan rekening tabungan. Bank akan mentransfer sejumlah uang dari rekening utama ke rekening tabungan sesuai dengan kesepakatan.

Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pasangan muda agar rutin dalam menabung. Sehingga, dapat dipastikan tabungan akan selalu bertambah karena rekening tabungan pun diisi secara rutin dan terjadwal. Hal tersebut menjadi solusi baik bagi pasangan muda yang seringkali lupa untuk menabung sejumlah uang.

Manfaat Menabung untuk Pasangan Muda

Menabung menjadi hal krusial yang wajib dilakukan oleh pasangan berumah tangga. Sebab menabung pun memiliki banyak manfaat, khususnya dalam keberlangsungan hidup berumah tangga. Simak beberapa manfaatnya di bawah ini!

1. Sebagai Dana Tidak Terduga

Manfaat yang pertama yaitu sebagai solusi pada saat terdapat kejadian atau kebutuhan yang tidak terduga di masa mendatang. Misalnya, untuk kebutuhan sekolah anak, mudik lebaran dan sebagainya. Hal-hal seperti ini seringkali membutuhkan dana-dana di luar ekspektasi. Sehingga, tabungan menjadi solusi untuk permasalahan ini.

2. Untuk Dana Darurat

Selanjutnya adalah sebagai dana darurat dalam berumah tangga. Misalnya, apabila salah satu anggota keluarga terkena PHK maka tabungan ini dapat menjadi antisipasi untuk mengatasi permasalahan yang mungkin terjadi. Selain itu, kebutuhan dana darurat pun seringkali terjadi untuk kebutuhan rumah, misalnya kerusakan pada atap (bocor) dan sebagainya.

Menabung menjadi hal yang cukup penting dan bermanfaat, terlebih untuk pasangan muda yang baru saja menikah. Sebab menabung ini menjadi solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan dana atau finansial. Pasangan muda harus membiasakan diri untuk menabung secara rutin agar kebutuhan rumah tangga lebih teratur.

Comment

Artikel Terkait