by

Tips Membangun Relasi untuk MABA di Tengah Pandemi

Menjadi seorang MABA atau Mahasiswa Baru merupakan suatu kebahagiaan atau suatu kebanggaan tersendiri. Seorang mahasiswa tidak hanya dituntut untuk berprestasi dan mendapat nilai yang bagus saja, tetapi juga bisa membangun relasi dengan dosen maupun mahasiswa lainnya.

Namun, di masa pandemi seperti ini yang menyebabkan perkuliahan terpaksa dilakukan secara daring membuat pencarian relasi menjadi sedikit sulit, padahal di kala semua keadaan masih normal, para MABA pasti sibuk berkenalan untuk mencari teman sebanyak-banyaknya.

Lalu kira-kira bagaimana ya tips membangun relasi untuk MABA di tengah pandemi seperti ini? Berikut ulasannya.

1. Mengikuti Organisasi Kampus

Tips membangun relasi bagi MABA di tengah pandemi yang pertama ialah dengan mengikuti organisasi kampus. Salah satu organisasi kampus yang pastinya tidak asing di telinga ialah HIMA dan BEM. HIMA merupakan kepanjangan dari Himpunan Mahasiswa, sedangkan BEM merupakan kepanjangan dari Badan Eksekutif Mahasiswa.

Kedua organisasi tersebut memiliki tingkatan yang berbeda, jika HIMA anggotanya hanya terdiri dari suatu program studi saja, sedangkan BEM anggotanya bisa meliputi gabungan mahasiswa dari beberapa program studi (BEM Fakultas) atau dari beberapa fakultas (BEM Universitas).

Keuntungan mengikuti HIMA atau BEM ini sangatlah banyak, selain kamu bisa diajak untuk belajar kepemimpinan dan Kerjasama, kamu juga bisa membangun relasi antar teman seprodi, sefakultas, seuniversitas, atau mungkin malah orang yang ada di luar organisasi tersebut.

2. Ikut UKM yang ada di Kampus

Setiap kampus pasti memiliki UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa sendiri-sendiri. Jika di sekolah menengah, UKM ini disebut sebagai ekstrakulikuler. UKM ini sering kali menyangkut mengenai hobi atau organisasi, yang masih ada hubungannya dengan jurusan dan UKM ini pastinya juga memiliki beberapa tingkatan. Ada UKM di tingkat prodi, fakultas, bahkan universitas.

Baca Juga  5 Cara Merawat Mesin Mobil Anti Panas dan Aus

Dengan mengikuti UKM kamu bisa mengasah keahlian yang kamu sukai, serta bisa bersosialisasi dan membangun relasi dengan banyak orang.

3. Bergabung dengan Suatu Komunitas

Apabila kamu tidak ingin pusing dengan proker yang wajib dijalankan dalam organisasi yang ada di dalam kampus, seperti HIMA, BEM dan UKM tadi, kamu bisa tetap membangun relasi dengan bergabung bersama suatu komunitas.

Kamu bisa mengikuti suatu komunitas yang kegiatannya juga merupakan kegiatan yang kamu sukai, contohnya seperti komunitas menulis, komunitas membaca, komunitas penyuka game atau film dan lain sebagainya.

4. Daftar Ikut Volunteer

Sesuai dengan namanya, volunteer jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya ialah relawan. Iyap, memang benar, volunteer di sini merupakan seseorang yang melakukan suatu tugas untuk menjalankan sebuah acara tanpa dibayar, tetapi tetap mendapatkan benefit yang menguntungkan.

Biasanya setelah mengikuti kegiatan volunteer akan diberikan sertifikat yang bisa kamu masukkan dalam CV, loh! Kamu bisa mencari kegiatan volunteer ini di dari kampus ataupun dari luar kampus.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa sebelum mengikuti volunteer kamu harus melewati seleksi terlebih dahulu, untuk menentukan apakah kamu masuk dalam volunteer yang panitia butuhkan atau tidak.

5. Ikut Magang atau Internship

Tips membangun relasi untuk MABA di tengah pandemi selanjutnya, ialah dengan mengikuti kegiatan magang atau internship. Tak perlu khawatir karena kamu masih MABA, biasanya banyak program magang yang mau menerima mahasiswa baru atau mahasiswa dari semester berapapun, biasanya untuk syarat ini posisi magangnya ialah pada posisi menjadi admin di sosial media atau conten creator.

Sama seperti volunteer tadi, sebelum kamu diterima magang, kamu harus mengikuti rangkaian seleksi dan juga setelah kegiatan magang ini, kamu akan mendapatkan sertifikat yang bisa kamu masukkan dalam CV, lebih untung lagi jika program magang yang kamu ikuti ternyata salah satu benefitnya ialah diberi upah.

Baca Juga  Yuk Kurangi Konsumsi Garam Agar Kualitas Dietmu Semakin Meningkat!
6. Jadi Seseorang yang Bisa Menjalin Hubungan Baik dengan Orang Lain

Apabila kamu sudah mencoba untuk ikut dalam organisasi, komunitas, volunteer dan lain sebagainya, ada salah satu hal yang tidak boleh kamu lupakan.

Sebanyak apapun organisasi atau kegiatan yang berhubungan dengan orang lain yang kamu ikuti, itu semua akan sia-sia apabila kamu tidak bisa menjalin hubungan yang baik dengan orang lain. Jangan jadi orang yang terlalu pendiam, pasif dan cuek dengan orang lain.

Cobalah untuk berinisiatif mengajak orang lain berkenalan, mengobrol, bercanda dan melakukan hal-hal positif bersama untuk bisa lebih saling mengenal dan bisa menjaga hubungan bersama.

Apabila kamu seenaknya sendiri dengan tidak mau kenal lebih dalam dengan orang lain, kamu bisa saja malah dicap buruk oleh orang lain dan kamu tidak bisa mendapat relasi seperti yang kamu inginkan.

7. Mengikuti Acara atau Kegiatan yang Diadakan Kampus atau Suatu Organisasi

Apabila kamu tidak menjadi panitia dalam suatu acara, kamu tidak perlu sedih, sebab tidak ada salahnya jika kamu menjadi peserta di acara tersebut.

Apabila kampus atau organisasi kamu tengah mengadakan acara, cobalah untuk mengikuti acara tersebut. Hal ini selain bisa membuat kamu memperbanyak informasi dan ilmu, kamu juga bisa membangun relasi di acara tersebut dengan peserta lainnya.

8. Aktif Mengikuti Perlombaan

Jangan salah, walaupun kebanyakan orang bertujuan mengikuti lomba ialah untuk menang, tetapi dengan mengikuti perlombaan kamu juga bisa membangun relasi dengan orang lain, loh!

Mungkin di awal perlombaan kamu akan menganggap semua peserta lomba merupakan saingan kamu, tetapi bukan berarti kamu tidak boleh berkenalan dengan mereka. Kamu bisa menjadi saingan yang suportif dan membangun relasi dengan peserta lainnya.

Baca Juga  3 Rekomendasi Keyboard Wireless Terbaik Beserta Tips Dalam Pemilihannya

Demikianlah tips membangun relasi untuk MABA di tengah pandemi. Walaupun tidak bisa bertemu secara langsung, bukan berarti kamu tidak bisa membangun relasi dengan orang lain. Kira-kira tips mana yang sudah pernah kamu coba untuk mencari relasi?

Comment

Artikel Terkait