by

Langkah-Langkah Cantik Mencari Pasangan Hidup bagi Pria

Sejatinya pasangan hidup itu harus dicari, karena memang tidak mungkin datang sendiri dan tidak juga langsung turun dari langit. Memang, ada kalanya manusia mendapatkan jodoh atau pasangan yang memang sesuai dengan ekspektasi-nya, tetapi ada juga yang justru salah pilih. Maka dari itu, Anda harus mengetahui langkah-langkah cantik mencari pasangan hidup supaya tidak terkesan salah pilih.

Kalau salah pilih pasangan hidup, yang pasti Anda tidak perlu banyak berharap untuk hidup bahagia. Dan ini fakta, karena sebagian besar perceraian datang dari hubungan yang salah yang menjadi pemicu ketidak cocokan di dalamnya. Ini kadang disebabkan oleh ketergesa-gesaan ketika menilai pasangan atau terlalu rapatnya pasangan menyimpan keburukan ketika dalam masa pencarian.

Maka dari itu, pada artikel ini akan coba dijelaskan tentang cara terbaik ketika memilih pasangan hidup. Bagi siapapun yang tidak ingin salah pilih jodoh, maka silakan baca ulasan ini sampai selesai dan ini ulasannya:

1. Mulai Menentukan Sasaran

Langkah pertama ketika mencari pasangan hidup tentunya Anda harus mulai menentukan sasaran. Yang dimaksud sasaran di sini, tidak semata lawan jenis yang memang secara disengaja ingin Anda dekati. Ada kalanya, Anda dipertemukan secara tidak sengaja, seperti saat ke masjid atau ketika sedang ikut majelis taqlim.

Nah, kalau Anda memang serius untuk mencari pasangan hidup, maka jumlah sasaran cukup satu namun niatkan di hati untuk mendekatinya secara serius dan dengan cara-cara yang halal. Jangan lupa untuk berdoa agar diberikan petunjuk apakah yang bersangkutan memang baik untuk Anda atau tidak.

2. Mulai Mencari Informasi Tentang Calon Pasangan

Langkah-langkah cantik mencari pasangan hidup yang berikutnya, ialah Anda mulai mencari informasi tentang perempuan yang ingin didekati. Informasi yang dimaksud adalah kabar mendasar tentang yang bersangkutan seperti alamat rumah, sekolah, kegiatan keseharian dan rutinitas ibadah yang sering dilakukan.

Baca Juga  Penanganan Awal Saat Mobil Mogok: Penting dan Wajib Kamu Baca!

Di tahapan ini, Anda bisa bertanya soal akhlak atau perilaku si perempuan. Silakan tanyakan pada tetangga atau orang-orang terdekatnya yang bisa Anda percaya untuk tidak membongkar pertanyaan Anda kepada orang lain. Cara semacam ini boleh dilakukan, asalkan tidak bertanya tentang hal-hal privasi seperti bertanya tentang fisik dan sejenisnya.

3. Dapatkan Info Terkait Status si Perempuan

Kalau informasi dasar seputar si perempuan sudah didapatkan, maka mulai mencari informasi seputar status si perempuan tersebut. Silakan cari informasi seputar pernikahan atau pertunangan tanpa malu-malu. Informasi ini sangat penting karena Anda dilarang untuk khitbah dengan perempuan yang sudah bertunangan apalagi yang telah bersuami.

Anda tidak boleh sembarangan mencari nara sumber. Sebab, kalau pertanyaan Anda diketahui orang lain apalagi oleh yang bersangkutan, tentu si perempuan akan merasa tidak enak hati. Apalagi kalau sampai terdengar kedua orang tuanya, yang bisa menyebut Anda sebagai laki-laki yang kurang sopan.

4. Lakukan Ta’aruf

Ta’aruf merupakan acara perkenalan antara laki-laki dan perempuan sebelum masuk ke jenjang pertunangan. Di dalam acara ini, keluarga si laki-laki mendatangi keluarga si perempuan dan menyampaikan tujuannya semata untuk menjalin silaturahmi dalam bentuk ta’aruf.

Di tahap ini, si laki-laki boleh melihat si perempuan tetapi sebatas pergelangan tangan dan wajahnya saja. Jika memang ada kecocokan di antara keduanya, maka di pertemuan berikutnya pihak kemenakan si laki-laki akan kembali berkunjung untuk bertanya, apakah si perempuan sudah punya tunangan atau masih belum. Si utusan juga harus menyampaikan keinginan untuk melamar kalau memang status si perempuan masih lajang.

5. Bertunangan

Kalau ta’aruf telah sukses dan ada kecocokan di antara kedua keluarga, maka silakan lanjutkan ke jenjang pertunangan. Di tahap ini, kedua pasangan seakan sudah disatukan tetapi masih belum halal jika tinggal satu rumah. Si perempuan pun terlarang untuk di-khitbah atau dipinang oleh laki-laki lain.

Baca Juga  Ini Dia Aplikasi Pembuat Video Musikalisasi Puisi Paling Populer di Dunia Maya

Biasanya, seluruh keluarga laki-laki akan mendatangi kediaman si perempuan dengan membawa beberapa buah tangan dari berbagai jenis kue. Sedangkan satu minggu kemudian, keluarga perempuan akan membalasnya dengan cara mengunjungi rumah si laki-laki, dengan membawa buah tangan aneka jenis masakan dan lauk.

Jika acara ini telah terselenggara dengan lancar, maka kedua pasangan tidak boleh menerabas norma sekalipun statusnya sudah bertunangan. Keduanya harus tetap menjaga adab dan etika, serta menghindari perbuatan-perbuatan yang memancing kemarahan Allah. Apalagi kalau sampai berbuat zina yang juga berpotensi melahirkan azab kepada orang-orang di sekitarnya.

6. Menikah

Langkah terakhir dari cara Anda mencari pasangan hidup adalah menikah. Jika ritual sakral ini sudah dilakukan, berarti di samping Anda sekarang, telah ada pasangan yang akan menemani sepanjang hayat. Jika caranya benar, potensi mendapatkan pasangan hidup yang salah sangat kecil malah Anda akan menemukan jodoh yang terbaik.

Masa dari pertunangan sampai pernikahan, kalau bisa jangan terlalu lama. Maksimal satu tahun saja dan jika lebih singkat lagi, tentu lebih bagus. Pasalnya, orang yang sedang bertunangan rawan terkena fitnah. Apalagi di jaman sekarang, ketika kedua sejoli sering bersama tanpa muhrim padahal status keduanya masih bertunangan.

Nah, jika Anda ingin menemukan jodoh secepatnya, maka silakan terapkan langkah-langkah cantik mencari pasangan hidup yang telah dijelaskan secara lengkap di bagian atas. Kalau bisa, jangan mencari pasangan dengan cara berpacaran karena di kala itu, yang dimunculkan oleh pasangan hanya keindahan semata. Namun, ketika sudah masuk ke jenjang pernikahan, maka sisi kejelekan dari pasangan kadang bermunculan.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait