by

Hidup Nyaman dengan Cara Memilih Circle Pertemanan yang Positif

Setiap orang pastinya memiliki keinginan untuk dikelilingi oleh orang-orang yang baik, termasuk dalam pertemanan. Memiliki circle pertemanan yang baik merupakan salah satu dambaan yang pastinya ingin semua orang miliki.

Pasalnya circle pertemanan yang positif ini bisa memberikan kebahagiaan dalam hidup. Lalu kira-kira bagaimana ya cara memilih circle pertemanan yang positif ini? Berikut ulasannya untuk kamu.

1. Pilih Berada di Dekat Orang-Orang yang Bisa Menerima Kamu Apa Adanya
obrolan ramah - friend potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Cara memilih circle pertemanan yang positif pertama ialah dengan memilih berada di dekat orang-orang yang bisa menerima kamu apa adanya. Tak hanya pasangan saja yang harus bisa menerima kamu apa adanya, tetapi seorang teman juga. Teman-teman yang tulus tidak akan menuntut kamu untuk bisa berada di level yang sama dengan mereka.

Circle pertemanan yang positif ini tidak akan menuntut kamu bermacam-macam. Mereka akan menerima kamu apa adanya dan tidak berusaha merubah kamu menjadi seperti orang lain. Kamu hanya perlu menjadi diri sendiri dan bisa diterima oleh orang lain.

2. Bisa Memahami Privasi Satu Sama Lain
indah ceria pasangan menabrak tinju, terisolasi di merah - friend potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Walaupun sudah lama kenal dan berteman dekat bukan berarti kamu wajib menceritakan semua masalah yang kamu miliki pada teman-temanmu. Semua orang memiliki privasi dan itu termasuk dirimu. Circle pertemanan yang positif itu bisa memahami privasi masing-masing dan tidak mendesak untuk menceritakan sesuatu yang privasi.

Circle pertemanan yang bisa memahami satu sama lain ini begitu menguntungkan, karena artinya kamu dan mereka tidak harus terus bersama-sama. Karena pastinya kamu juga butuh untuk menjalani relasi dengan orang lain.

3. Saling Mengerti dan Mau Mendengarkan Keadaan Masing-Masing

Kamu pasti merasa senang dan aman jika berada di lingkup pertemanan, yang bisa saling mengerti dan mau mendengarkan satu  sama lain. Seorang teman yang baik tidak akan berusaha membuat dia lebih dominan dari yang lain, mereka kan memberikan waktu kepada kita untuk berbicara dan mengatakan permasalahan apa saja yang kita miliki.

Baca Juga  Gagal Liburan Bikin Badmood? Ini Ide Liburan di Rumah Saja yang Wajib Kamu Coba

Circle pertemanan yang semacam ini sangat menguntungkan satu sama lain, karena bisa menimbulkan hubungan yang kuat dan seimbang satu sama lain.

4. Saat Kesulitan Selalu Ada untuk Kamu dan Mendukung Kamu

Seorang teman yang baik akan  selalu ada di samping kamu dan tetap mendukung kamu saat kamu berada dalam masa yang sulit. Tak harus menunggu orang lain untuk melakukan hal ini, kamu bisa melakukannya terlebih dahulu untuk mereka.

5. Saat Berbuat Salah Saling Mengingatkan

Teman yang baik tidak akan membicarakan teman lainnya di belakang mereka. Mereka justru akan memberi tahu atau mengingatkan mengenai kesalahan yang teman mereka perbuat agar di lain hari tidak dilakukan kembali.

Teman yang baik juga akan memberi tahu kesalahan temannya dengan baik pula, tanpa berniat membuat teman yang mereka beri tahu merasa tersinggung. Dengan saling mengoreksi kesalahan masing-masing, hal ini bisa bermanfaat untuk hidup kedepannya.

6.  Peduli dan Saling Membantu Satu Sama Lain

Memiliki sifat empati pada orang lain bisa memberikan dampak positif pada hubungan sosial, termasuk pada pertemanan. Menjadi seseorang yang peduli pada orang lain dan juga dipedulikan oleh orang lain, pastinya merupakan dambaan bagi banyak orang.

Untuk mendapatkan circle pertemanan yang positif kamu tidak perlu menunggu orang lain untuk menunjukkan rasa pedulinya pada kamu, tapi kamu bisa terlebih dahulu menunjukkan rasa pedulimu kepada orang lain, nantinya lama kelamaan orang lain akan memberikan hal yang sama untuk kamu.

7. Menjadi Pendengar yang Baik untuk Semua Orang

Tidak harus menunggu orang lain untuk bisa menjadi pendengar yang baik buat kamu, kamu bisa menjadi pendengar yang baik dahulu untuk orang lain. Hal ini bisa menjadi cara memilih circle pertemanan yang positif, sebab nantinya kamu akan mengetahui siapa saja orang-orang yang membalas kebaikan kamu.

Baca Juga  Dampak Negatif Ghosting yang Perlu Diketahui
8. Tidak Memanfaatkan Kebaikan Orang Lain

Teman yang baik tidak akan memanfaatkan kebaikan orang lain untuk kepentingannya sendiri, dan enggan membalas kebaikan orang lain dengan kebaikan lainnya. Memang benar kita tidak bisa berharap lebih pada orang lain, tapi perasaan ingin dibalas dan ingin kembali diberi dengan hal yang sama merupakan salah satu perasaan ilmiah yang pastinya semua orang inginkan.

Oleh karena itu, apabila kamu bertemu orang yang hanya memanfaatkan kebaikan kamu untuk kepentingannya sendiri, sebaiknya jauhi saja dan cari orang lain yang tidak memanfaatkan kebaikan kamu.

9. Bisa Saling Menghargai Satu Sama Lain

Dalam berteman tidak ada aturan khusus untuk berteman dengan orang yang memiliki jenis kelamin, agama, status sosial dan lain sebagainya yang sama.

Berteman itu bebas, yang penting kamu bisa menghargai satu sama lain dengan orang tersebut. Dengan saling menghargai tidak akan menimbulkan perpecahan atau malah sampai bermusuhan, dan dengan saling menghargai ini pula bisa saling mempererat hubungan persahabatan satu sama lain.

Bertemanlah dalam Hubungan yang Bisa Memberikan Dampak Positif

Cara memilih pertemanan yang positif tidak hanya berteman dengan orang yang menerima kamu apa adanya, tetapi juga bisa memberikan dampak yang positif untuk kamu. Contohnya, lingkup pertemanan kamu bisa membuat kamu menjadi sosok yang lebih rajin, sosok yang bersemangat untuk meraih prestasi, dan lain sebagainya.

Itu tadi beberapa cara memilih circle pertemanan yang positif. Bertemanlah dengan orang bisa memberikan dampak positif untuk kamu.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait