by

Buat Nyaman Orang Lain dengan Cara Menjadi Teman Curhat yang Baik

Curhat atau bercerita merupakan salah satu metode untuk dapat meringankan beban serta masalah yang menumpuk. Namun, sayangnya masih banyak orang yang tidak mengetahui, bagaimana cara menjadi sosok teman curhat yang baik dan bisa membuat orang yang sedang curhat tidak merasa terintimidasi atau merasa bebannya.

Semakin bertambah karena saran atau respon orang yang dicurhatinya tidak sesuai dengan yang ia bayangkan. Oleh karena itu, kamu juga perlu menjadi sosok teman curhat serta pendengar yang baik, agar orang-orang nyaman dengan dirimu dan kamu dapat membantu temanmu, untuk mengurangi beban pikirannya. Berikut ini adalah cara menjadi teman curhat yang baik.

1. Perhatikan Posisi Duduk Atau Berdirimu
Foto: istockphoto

Posisi yang menandakan bahwa kamu tertarik dengan apa yang dikatakan atau dicurhatkan oleh temanmu, ialah dengan duduk menghadap tepat dan fokus pada temanmu, serta jangan berpaling.

Apabila kamu sudah menunjukkan posisi duduk atau berdiri yang tidak nyaman dan terkesan ingin berpaling, bisa-bisa temanmu menjadi tidak enak hati dan mengurungkan niat untuk curhat padamu.

2. Tidak Menyela Ucapan
Curhat bersama teman
Foto: istockphoto

Tujuan orang curhat ialah untuk mengurangi beban atau berbagi segala kegundahannya kepada orang lain. Oleh karena itu, kamu jangan sampai menyela atau memotong ucapan temanmu.

Biarkan temanmu mengeluarkan uneg-unegnya terlebih dahulu, dan jangan sampai kamu mengganti topik permbicaraan dengan temanmu itu, menjadi topik mengenai permasalahanmu sendiri, sebab hal ini akan membuat temanmu menjadi tidak nyaman, bisa-bisa ia malah enggan curhat kembali padamu.

3. Tidak Menggurui Saat Memberi Nasihat
Foto: istockphoto

Tidak semua orang yang curhat itu ingin mendengar pendapat dari orang yang dicurhatinya, tetapi hanya ingin mengurangi beban atau memulihkan perasaannya agar menjadi lebih baik.

Baca Juga  Cara Memulai Bisnis Makanan Online Paling Marak Saat Ini

Oleh karena itu, kamu jangan sampai menggurui teman kamu ketika memberi nasihan. Teman kamu belum tentu menuruti apa yang kamu sarankan, tetapi malah bisa illfeel denganmu.

4. Tidak Membanding-Bandingkan Masalah
Curhat serius
Foto: istockphoto

Sikap membanding-bandingkan masalah menjadi salah satu hal yang membuat orang menjadi enggan curhat, karena dipandang masalahnya tidak seberapa. Padahal tolok ukur berat tidaknya masalah setiap orang itu beda-beda.

Ada seseorang yang merasa permasalahannya itu berat, tetapi bagi orang lain permasalahan orang itu ringan. Oleh karena itu, jangan bandingkan permasalahanmu dengan orang lain, sebab setiap orang memiliki kapasitas serta cara yang berbeda-beda dalam menghadapi masalah.

5. Bersikap Netral
Foto: istockphoto

Bersikap netral bukanlah menjadi hal yang mudah, apabila teman yang sedang curhat denganmu membicarakan temanmu lainnya.

Apabila kamu tengah berada di posisi seperti ini cobalah memberikan argument-argumen yang positif, berikan gambaran mengenai dua sisi yang berbeda pada temanmu, bisa saja temanmu yang sedang curhat tersebut salah paham terhadap temanmu yang lain.

6. Jangan Sampai Ikut Terpengaruh dan Bersikaplah dengan Bijak
Foto: istockphoto

Tidak semua hal yang dicurhatkan oleh temanmu hanya hal-hal baik saja, tetapi pasti pernah temanmu curhat mengenai keburukan orang lain, rasa tidak suka, dan pemikiran negatif lainnya.

Dalam posisi seperti ini kamu harus bisa untuk tidak terpengaruh dan bersikap bijak dalam mengolah informasi. Jangan sampai kamu yang tidak memiliki masalah dengan temanmu yang lain, jadi ikut-ikutan tidak menyukainya hanya karena terpengaruh dengan curhatan temanmu.

7. Tidak Menyebarkan Rahasia
percakapan serius
Foto: istockphoto

Jika kamu menjadi tempat curhat oleh temanmu, artinya kamu sudah menjadi sosok kepercayaan orang tersebut. Oleh karena itu, jangan sampai kamu dicap sebagai sosok penghianat karena telah membocorkan rahasia teman sendiri.

Baca Juga  Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Depresi yang Harus Disadari Sejak Dini

Itu tadi cara menjadi teman curhat yang baik. Curhat menjadi salah satu cara untuk mengurangi beban yang dirasakan. Oleh karena itu, jangan sampai kamu semakin menambah beban orang lain, karena kamu salah dalam menanggapi apa yang sedang orang lain ceritakan atau kamu menyebarkan rahasia yang orang lain ceritakan padamu.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait