by

5 Topik Komunikasi yang Jarang Dibahas Oleh Pasangan Agar Hubungan Langgeng

Komunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam sebuah hubungan, bagaimana tidak? Untuk mencapai hubungan yang harmonis, maka diperlukan adanya saling keterbukaan dari masing-masing pasangan.

Hal tersebut sangat dibutuhkan guna memperlancur hubungan percintaan. Tetapi tidak banyak yang bisa terbuka dengan pasangannya, kebanyakan malah memilih untuk diam dan menyimpan semuannya sendiri.

Alasanya pun beragam ada yang takut menyakiti pasangan dan lain sebagainya. Nah untuk itu diperlukan sebuah topik komunikasi yang jarang dibahas oleh pasangan, agar hubungan menjadi langgeng, antara lain adalah:

1. Bicarakan Mengenai Penyebab Kemarahan Saat Terjadinya Konflik

Ketika terjadi konflik dengan pasangan, sudah bisa dipastikan bahwa Anda akan merasa marah dan kecewa terhadap pasangan Anda. Tetapi perlu diingat lagi bahwa di balik itu semua, ada beberapa perasaan yang tersembunyi seperti kesedihan, ketakutan, kecemasan dan yang lain sebagainya.

Terkadang marah-marah dilakukan agar tidak terlihat lemah oleh pasangan. Walaupun demikian daripada Anda mengeluarkan kekecewaan lewat marah-marah, alangkah lebih baiknya, jika Anda mengakui semua emosi atau perasaan-perasaan tadi kepada pasangan Anda, agar dapat dirundingkan dan akan menemui titik terang.

2. Beritahu Tentang Kebutuhanmu

Langkah berikutnya adalah memberitahu kepada pasangan tentang kebutuhan dan keinginan Anda.

Seringkali banyak dijumpai pasangan yang menahan diri, untuk tidak membicarakan atau memberitahu tentang keinginan dan kebutuhannya, mungkin kebanyakan alasannya takut bahwa pasangannya tidak mampu memenuhi keinginan tersebut.

Dengan meminta secara langsung atau memberitahu langsung kepada pasangan Anda, mengenai kebutuhan dan keinginan Anda maka akan menimbulkan dampak yang baik, yaitu komunikasi dalam hubungan Anda akan semakin baik ke depannya.

3. Biasakan Untuk Selalu Berterimakasih Terhadap Pasangan

Selalu ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada pasangan Anda, baik itu mengenai hal kecil sekalipun. Jangan hanya berterima kasih atas hal-hal yang besar saja, demi terciptanya hubungan yang harmonis Anda juga harus selalu memuji pasangan, terkait semua hal yang telah diberikan kepada Anda.

Baca Juga  Yuk Kurangi Konsumsi Garam Agar Kualitas Dietmu Semakin Meningkat!

Jadi, mulai sekarang lakukan hal itu terhadap pasangan Anda agar hubungan menjadi semakin baik dan dapat langgeng. Karena menurut penelitian saat seorang pasangan berhasil mengapresiasi  terhadap kontribusi atau usaha satu sama lain, maka hubungan percintaannya menjadi bahagia.

4. Membahas Tentang Masa Depan

Bicarakan mengenai hal-hal yang mengacu pada masa depan Anda, karena dengan membicarakan tentang keinginan atau kebutuhan masa depan, bisa dijamin hubungan akan menjadi lebih dan sudah siap mengenai hal tau segala sesuatu yang dibutuhkan di masa mendatang.

Jangan pernah memendam keinginan tentang masa depan, segeralah bicarakan kepada pasangan agar pasangan bisa langsung tahu.

Selain itu dengan membicarkannya terhadap pasangan, maka persiapan dalam menghadapi masa yang akan datang sudah siap, karena sudah ada perencanaan yang matang sebelumnya.

5. Membahas Keuangan

Langkah terakhir untuk membangun komunikasi yang baik dalam sebuah hubungan adalah bahaslah mengenai keuangan, karena hal ini merupakan sesuatu yang paling penting dan tentunya harus di oleh semua pasangan.

Setiap pasangan harus jujur dan terbuka mengenai masalah keuangan. Meskipun banyak pasangan yang enggan membahas topik paling krusial ini, tapi setidaknya jujurlah dan terbukalah kepada pasangan Anda.

Buang rasa malu dan gengsi, kemudian bicarakan secara serius soal keuangan kepada pasangan. Dengan begitu maka hubungan Anda akan berjalan dengan baik serta akan harmonis ke depannya.

Banyaknya hubungan yang kurang harmonis dikarenakan oleh tidak adanya keterbukaan dalam hal komunikasi. Maka dari itu, mulai sekarang jangan memendam atupun menyembunyikan suatu hal dari pasangan Anda.

Demikian penjelasan mengenai topik komunikasi yang jarang dibahas oleh pasangan, semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda agar tercipta hubungan harmonis dengan pasangan.

Comment

Artikel Terkait