by

5 Tips Memilih Pasangan Hidup yang Harus Kamu Ketahui

Memilih pasangan hidup bukanlah hal mudah. Sebab seseorang yang dipilih untuk mendampingi tersebut akan menjadi teman selama hidup. Tentu hal tersebut bukan perkara mudah. Terutama di tengah konflik yang terjadi. Maka, memilih pasangan hidup yang tepat adalah sebuah keharusan. Jika tidak ingin terjebak dalam hubungan yang toxic.

Tips Dalam Memilih pasangan Hidup

Setiap orang memiliki tipe ideal atau standarnya. Hal tersebut, tentu tidak dapat disamakan satu sama lain. Dikarenakan setiap orang memiliki standar yang berbeda. Ada yang memang mengharuskan pasangannya merupakan kalangan akademisi, orang yang mapan dan lain sebagainya. Lalu bagaimana sih cara memilih pasangan hidup yang paling utama?

1. Seiman

Hal yang pertama adalah memastikan pasangan seiman. Kenapa? Sebab, persepsi yang sama akan memudahkanmu dalam menjalin suatu hubungan. Selain itu, ada beberapa agam pula yang tidak mengizinkan untuk menikah dengan beda agama. Tidak hanya itu, pernikahan bukan hanya tentang mempersatukan dua orang atau insan. Namun, menyatukan dua keluarga.

Dimana, setiap keluarga memiliki kebudayaan atau latar belakang tersendiri. Sehingga pernikahan bukan hanya soal dua orang saja. Jika memang calon pasanganmu merupakan teman kuliah, teman kerja, atau teman bisnis, kamu pasti sudah mengetahui latar belakang kehidupanya. Termasuk mengenai agama yang dianutnya. Namun, jika baru mengenalnya dan berniat PDKT kamu dapat mengenali lebih jauh .

Hal tersebut dapat dilakukan ketika memutuskan untuk semakin dekat atau tidak. Pasalnya, jika menanyakan langsung mengenai agama seseorang ketika pertama kali bertemu. Rasanya itu tidak terlalu elok. Sebenarnya, ada cara lain untuk mengatasinya yaitu dengan menelusuri akun sosial media yang dia punya. Akan tetapi, memang jika ingin semua jelas, kamu perlu memastikannya pada orangnya langsung.

Baca Juga  Ingin Tahu Suasana Pernikahan Atta Aurel? Yuk Intip Potret Pernikahan Atta Aurel Berikut Ini!
2. Bisa Menghargai dan Menghormati

Bagaimana hubungan bisa dapat terjalin dengan baik dan lama, apabila tidak ada sikap saling menghargai dan menghormati. Kedua hal tersebut dapat diibaratkan salah satu perekat dalam kelanggengan hubungan. Hidup dengan seseorang yang tidak mau menghargai maupun menghormati akan secara perlahan membuat tidak nyaman bahkan membuat kamu menjadi merasa rendah diri.

Hal tersebut karena sudah terbiasa direndahkan atau tidak dianggap. Sehingga sulit untuk membuat kamu merasa percaya diri atau mempercayai kemampuan yang kamu miliki. Tentu hal ini pun memiliki pengaruh yang buruk pada hidup mu. Selain itu, hal tersebut pun rentan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga.

Pasalnya, kekerasan sering terjadi ketika tidak ada perasaan hormat atau menghargai terhadap pasangannya. Kekerasan yang dimaksud bukan hanya sebatas kekerasan fisik saja melainkan kekerasan verbal. Misalnya, mencederai kepercayaan diri dengan mengatakan kekurangan nya di depan teman-temannya, memaki dan lain sebagainya.

3. Memiliki Visi dalam Hidup yang Sama

Visi itu adalah tujuan dan setiap orang memiliki tempat berlabuh yang berbeda. Sehingga, sangat penting untuk kamu mengetahui visi hidup dari pasanganmu. Setelah mengetahui apakah sesuai dengan visi hidupmu atau tidak. Pasalnya, hal ini akan berpengaruh terhadap setiap keputusan maupun rencana yang ditentukan untuk kedepannya.

Misalnya, pasanganmu memiliki visi hidup untuk memberi manfaat bukan hanya untuk dirinya, melainkan untuk orang-orang disekitarnya dengan membuka lapangan pekerjaan sebagai bentuk ibadah.  Sehingga, otomatis apapun yang dia lakukan pasti akan mengarah pada hal tersebut. Beda halnya dengan orang yang memiliki visi hidup untuk membantu orang yang berfokus kepada pendidikan.

Maka, secara otomatis dia akan menjadi seorang akademis, fasilitator, atau pengajar. Setelah mengetahuinya, apakah hal tersebut sesuai dengan visi hidup kamu atau tidak. Sehingga, jika sesuai kamu dan pasangan dapat berkolaborasi. Dengan begitu, dapat mencapai puncak  bersama-sama.

Baca Juga  8 Cara Cepat Menurunkan Demam dan 5 Makanan Pantangannya
4. Dapat Dipercaya dan Saling Menerima

Memilih pasangan yang dapat dipercaya dapat membuat kamu merasa aman dan nyaman. Sebab, banyak pula orang yang tidak dapat dipercaya. Ini sangat penting untuk keberlangsungan hubungan yang kamu jalin. Selain dapat dipercaya, penting pula pasangan yang kamu pilih adalah orang yang mau menerima kamu seutuhnya.

Menerima masa lalu, kelebihan dan kekurangan, cita-cita, keluarga dan lain sebagainya. Sehingga, kamu pun akan merasa terbuka dengan pasangan. Kamu tidak akan merasa terkekang dan tertekan. Terlebih kehidupan pernikahan bukan hanya terjadi dalam dua hari atau seminggu. Namun, seumur hidup. Seperti yang diketahui bahwa manusia tidak akan sempurna karena pasti memiliki celah.

Nah, ini bukan hanya berlaku bagi pasangan dirimu saja. Melainkan kamu pun perlu melakukan yang sama. Pasalnya jika tidak maka kamu akan merasa pasanganmu selalu kurang dan akan timbul perasaan curiga. Sehingga menyebabkan kamu mudah overthinking terhadap sesuatu. Tentu hal tersebut bukan perkara yang  baik.

5. Bertanggung Jawab dan Bisa Diajak Kerjasama

Se-mapan apapun calon pasangan kamu, tetapi jika ia tidak bisa diajak kerjasama dan tidak akan bertanggung jawab maka itu akan membuatmu kesusahan. Selain itu, hal tersebut tentu akan membuatmu merasa kelelahan karena merasa berjuang sendiri. Sosok orang yang tidak memiliki kedua sikap ini biasanya, memiliki kebiasaan otoriter atau mementingkan diri sendiri (egois).

Sikap ini tentu memicu ketidak jujuran dan bossy. Sementara dalam kehidupan rumah tangga diperlukan kerja tim. Hal tersebut tentunya akan menimbulkan permasalahan. Beda halnya dengan pasangan yang bertanggung jawab dan dapat diajak kerjasama. Semua kepentingan rumah tangga dapat diselesaikan secara kerja tim dan terbuka.

Baca Juga  6 Tips Merawat Wajah yang Wajib Kamu Coba di Rumah

Tips memilih pasangan hidup di atas dapat kamu ikuti. Selain itu, kamu pun perlu memastikan bahwa pasanganmu memiliki mental yang optimis. Sehingga tidak mudah menyerah dalam menghadapi sesuatu dan kalian dapat saling menguatkan satu sama lain.

Comment

Artikel Terkait