by

Rekomendasi Kerajinan Dari Tanah Liat yang Fungsionalitas

Di Indonesia banyak sekali hasil kerajinan tangan yang sangat unik dan juga mempunyai nilai seni tinggi. Hal itu membuktikan bahwa mayoritas penduduk Indonesia memiliki jiwa kreatif yang sangat mumpuni.

Jika Anda termasuk orang yang suka akan kerajinan tangan, tentu sudah sangat familiar dengan bermacam-macam jenis kerajinan dari Indonesia.

Kerajinan tangan dari tanah liat mungkin sedikit terdengar kurang menarik dan kuno, namun secara umum kerajinan ini mempunyai tingkat keefektifan yang sangat tinggi.

Terhitung banyak sekali kerajinan dari tanah liat mempunyai banyak manfaat bagi banyak orang, misalnya kendi dan juga vas bunga. Inilah beberapa rekomendasi kerajinan dari tanah liat yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

1. Guci
Guci
istockphoto

Rekomendasi kerajinan tanah liat yang pertama dan bisa Anda coba buat adalah kerajinan guci. Secara umum, guci merupakan salah satu kerajinan tangan dari tanah liat yang mempunyai banyak peminat. Alasan dari kepopulerannya tersebut karena bisa dijadikan wadah atau tempat untuk menempatkan tanaman hias, jadi terlihat begitu unik untuk dijadikan hiasan dalam ruangan.

Pada dasarnya guci mempunyai banyak sekali ukuran, untuk guci yang kecil biasanya digunakan untuk menaruh tanaman hias kecil, dan ditempatkan pada meja ataupun lemari-lemari khusus hiasan.

Untuk guci yang memiliki ukuran besar biasanya juga digunakan untuk tempat tanaman hias berukuran besar, dan ditaruh di dalam ruangan besar, seperti ruang tamu serta diletakkan di sudut ruangan.

2. Kendi
kendi
istockphoto

Salah satu kerajinan yang tidak kalah unik dan menarik selain guci adalah kendi. Secara umum kendi ini dulunya dipakai untuk wadah air minum, namun saat ini banyak jenis kendi yang dibuat sebagai hiasan untuk memperindah ruangan.

Baca Juga  Cara Menjadi Food Vlogger Mudah Bagi Pemula

Untuk jenis kendi yang berukuran kecil, biasanya sering digunakan untuk hiasan dan ditaruh pada meja atau bahkan lemari khusus hiasan.

Ternyata fungsi kendi selain digunakan wadah minum dan dijadikan hiasan dalam ruang juga bisa digunakan untuk hiasan outdoor. Sebagai contoh kendi dengan ukuran sedikit lebih besar atau sedang, bisa digunakan sebagai pancuran air di halaman atau depan rumah. Sehingga kesan klasik dan juga eksotis akan nampak pada halaman rumah Anda.

3. Peralatan Makan dan Minum
alat makan
istockphoto

Rekomendasi berikutnya tentang kerajinan dari tanah liat yang bisa Anda gunakan adalah peralatan makan dan minum. Berbeda dengan kerajinan tangan lainnya, peralatan ini yang termasuk dalam barang pecah belah lebih memiliki nilai fungsional, dibanding dengan keindahan. Bagi kalian yang suka dengan koleksi peralatan dari bahan tanah liat wajib untuk memilikinya.

Walaupun digunakan untuk alat makan dan minum, nilai eksotis dari peralatan tersebut juga masih ada. Bahkan ada juga orang yang rela membeli peralatan ini untuk dijadikan hiasan, dan biasanya ditaruh pada lemari khusus tempat hiasan. Jadi selain fungsionalitas, kerajinan tangan ini juga mempunyai nilai keindahan yang bernilai tinggi.

4. Lukisan Timbul
lukisan timbul
istockphoto

Jika banyak dari Anda yang berpikir bahwa sebuah lukisan hanya bisa dibuat dari kain/kertas atau kanvas, serta dengan cat itu salah besar, karena ada satu lagi kerajinan menarik dari tanah liat yaitu lukisan timbul.

Tentu sangat asing bagi sebagian orang, karena lukisan ini tidak mudah dibuat serta memiliki tingkat kerumitan cukup tinggi, jadi wajar jika belum tersebar secara luas.

Untuk membuat lukisan timbul diperlukan sebuah skill yang sangat tinggi, disamping itu ada juga aspek yang perlu dimiliki oleh pelukis timbul mulai dari ketelitian, kesabaran hingga kreativitas.

Baca Juga  Panduan Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Perlu Membongkarnya, Gampang Banget!

Secara umum lukisan ini biasanya bisa dibuat di dinding seperti pagar tembok dan dinding ruangan, kesan klasik dan juga eksotis akan semakin menambah keindahan rumah Anda.

5. Ubin Lantai
Ubin lantai
istockphoto

Rekomendasi kerajinan tangan selanjutnya ini tidak hanya mempunyai kesan yang klasik dan juga unik, tetapi lebih kearah nilai fungsionalitas.

Jika biasanya ubin lantai yang digunakan berjenis keramik atau marmer, kali ini ada ubin yang terbuat dari tanah liat yang tidak kalah menarik. Selain menarik dan unik tentu juga sangat kuat dijadikan untuk ubin lantai.

Jika Anda bosan dengan ubin lantain yang begitu-begitu saja seperti keramik dan marmer, Anda bisa menggunakan ubin lantai berbahan tanah liat sebagi alternatif.

Jika Anda seorang pengrajin atau memang mempunyai jiwa seni tinggi, Anda bisa langsung membuatnya sendiri dengan varian bentuk yang unik sesuai dengan skill dan juga kemampuan Anda.

6. Hiasan Lampu Taman
Thai - style terrapotta lamps Handmade pottery from Thailand clay garden lamp stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Mungkin tidak banyak dari Anda yang mengetahui kerajinan tangan ini, karena untuk saat ini sudah banyak kerajinan dari bahan lain yang digunakan untuk tempat lampu. Nah, jika Anda ingin kesan yang lebih klasik dengan lampu hias depan rumah ataupun ruangan tertentu, Anda bisa menggantinya dengan kerajinan dari tanah liat yang satu ini.

Jika biasanya tempat lampu pada taman terbuat dari bahan seperti plastic, besi, atau bahkan PVC. Mulai sekarang cobalah untuk menggantinya dengan yang berbahan tanah liat.

Jika biasanya lampu dengan tempat seperti plastik mempunyai cahaya yang terang, jika Anda memakai kerajinan ini nyala lampu akan lebih redup dan terlihat nyaman dilihat.

7. Pot dan Vas Bunga
Group of stacked clay pot and flower vase in shelf Group of stacked clay pot and flower vase in wooden shelf flower vase clay stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Rekomendasi kerajinan tangan dari tanah liat yang terakhir adalah pot dan vas bunga. Untuk kedua kerajinan ini memang sudah sangat umum dan tidak asing lagi bagi banyak orang, karena hampir semua orang menggunakan pot dan vas bunga sebagai hiasan.

Baca Juga  Tips Belajar Public Speaking untuk Kamu yang Masih Kesulitan Berbicara di Depan Banyak Orang

Meskipun saat ini sudah banyak vas bunga atau pot dengan bahan seperti keramik ataupun plastik, eksistensi dari kerajinan berbahan tanah liat ini tidak pernah pudar. Jika menggunakan pot atau vas bunga dari tanah liat kesan klasik dan juga natural, ruangan Anda akan terlihat lebih menarik dan juga indah.

Dari sekian banyak rekomendasi kerajinan dari tanah liat, tentu bisa menjadi pilihan untuk menghias dan mendekor rumah atau ruangan Anda.

Selain mendapatkan kesan indah, natural, klasik dan unik, nilai fungsionalitas juga akan Anda dapatkan. Demikian pembahasan mengenai beberapa rekomendasi kerajinan tangan dari tanah liat, semoga bermanfaat!

Comment

Artikel Terkait