by

Punya Masalah dengan Berat Badan? Ini 7 Makanan untuk Sarapan dengan Masalah Berat Badan

Berat badan yang berlebih, tentu saja tidak hanya membuat penampilan kurang menarik. Selain itu, dapat juga menurunkan kepercayaan diri. Menjaga pola makan adalah salah satu solusi, agar terhindar dari obesitas, selain untuk penampilan yang menarik, ini juga berguna untuk kesehatan kamu lho.

Nah, pada kesempatan kali ini LintasHaba bakal share makanan-makanan sehat, untuk sarapan pagi kamu, supaya terhindar dari obesitas maupun berat badan tidak seimbang. Apa saja itu? Yuk kita simak berikut ini.

7 Makanan Untuk Sarapan Dengan Masalah Berat Badan.

1. Sedia telur
Pixabay.com/RitaE

Dibandingkan dengan lemak dan karbohidrat, protein dianggap lebih ampuh menjaga rasa kenyang. Telur merupakan salah satu hidangan sarapan pagi untuk diet yang kaya akan protein. satu telur berukuran yang ukurannya besar saja, sudah mengandung 6 gram protein lho sobat.

Dalam sebuah riset diketahui partisipan yang sarapan dengan telur, merasakan kenyang yang lebih lama dan mengalami penurunan berat badan sebanyak dua kali lipat, daripada yang makan roti.

2. Olahan dari berbagai jenis kacang
Pixabay.com/tirc83

Untuk orang Indonesia, mengonsumsi berbagai jenis kacang di pagi hari memang akan terasa aneh. Namun, dengan kacang-kacangan untuk menu sarapan pagi, dapat membantu diet yang bisa membantu turunkan berat badan. Cocok banget nih, buat kamu yang punya masalah kelebihan berat badan.

Terdapat riset yang membuktikan bahwa dengan mengonsumsi kacang-kacangan, dapat mengecilkan lingkar pinggang. Selain itu, juga terdapat penelitian lain yang terbukti bahwa dengan rutin mengonsumsi kacang almond sebanya 84 gram per hari, dapat membantu penurunan berat badan, daripada mereka yang mengonsumsi makanan terdapat kandungan karbohidrat kompleks.

Perlu di ingat, jangan lupa membatasi porsi kacang-kacangan, yang dikonsumsi karena kacang-kacangan mengandung kalori cukup tinggi. Hanya dengan 28 gram kacang-kacangan saja untuk sarapan pagi. Bisa juga dicampur dengan yogurt maupun granola, ya sobat.

Baca Juga  Rekomendasi Tempat Wisata Solo yang Bisa Kamu Datangi saat Liburan Nanti
3. Makanan dengan kandungan biji rami
Pixabay.com/catkin

Biji rami adalah biji-bijian yang mengandung serat dan dapat menyerap air, serta mengubahnya menjadi gel di dalam usus. Jadi, tidak heran apabila biji rami dapat mencegah rasa lapar berlebih dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah riset membuktikan jika mengkonsumsi campuran biji rami, serta air hangat dapat membuat kenyang yang lebih lama dan dapat mencegah makan berlebih.

4. Oatmeal yang praktis
Pixabay.com/alvares

Oatmeal merupakan pilihan sarapan pagi selanjutnya untuk diet, makanan ini tak hanya lezat, tapi juga menyehatkan lho sobat. Sebab, kandungan dalam oatmeal tidak terdapat kalori yang tinggi, tetapi kaya dengan serat serta protein sehingga rasa lapar dapat dicegah.

5. Mencoba Biji chia
Pixabay.com/Gerhardy

Meski memiliki ukuran yang sangat kecil, manfaat biji chia dalam menurunkan berat badan sangatlah besar. Biji chia kaya dengan serat yang dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama, sehingga tidak makan berlebihan.

Selain itu, biji chia juga mengandung kadar protein yang tinggi sehingga bisa menghambat produksi hormon ghrelin yang mengatur rasa lapar.

6. Sedia Buah Kiwi
Pixabay.com/PhotoMIX_Company

Buah kiwi mengandung vitamin C serta kalium yang tinggi. Buah yang memiliki daging berwarna hijau ini juga ternyata dilengkapi dengan serat yang melimpah.

Sebuah riset diketahui bahwa dengan mengonsumsi makanan yang kaya dengan serat serta rendah kalori, dapat menurunkan tingginya napsu makan, selain itu juga dapat menurunkan berat badan serta membakar lemak tubuh.

Ide untuk sarapan pagi yang satu ini, tentu dapat membuat pagi kamu menjadi terasa lebih segar. Selain itu, kiwi juga mengandung pektin, yaitu serat yang terbukti ampuh dalam membuat kenyang lebih tahan lama, serta menurunkan napsu makan berlebih.

Baca Juga  Inilah Tips Menabung untuk Anak kuliah, Kamu Sudah Coba?
7. Yogurt
Pixabay.com/Phoncephotography

Terdapat sebuah riset yang dirilis oleh New England Journal of Medicine yang menyatakan, yogurt merupakan termasuk dalam kategori sarapan pagi yang digunakan untuk diet dan patut dicoba.

Hal ini karena pada kandungan yogurt yang tinggi dengan protein sehingga mampu membuat tubuh merasakan rasa kenyang lebih lama, sobat.

Nah itulah, beberapa makanan untuk Sarapan Dengan Masalah Berat Badan, semoga artikel kali ini bisa menambah informasi untuk kamu dan bisa mencoba membuktikannya sendiri. Semoga berhasil.

Comment

Artikel Terkait