by

Penulis Wajib Tahu! 8 Kiat Mengatasi Kantuk saat Mengetik yang Paling Manjur

Musuh saat mengetik adalah mengantuk. Dan bisa dipastikan, kalau ini yang terjadi hasil ketikan tidak akan bagus. Yang ada struktur kalimat menjadi amburadul. Kalau konten writer semacam ini, tentu akan mendapatkan teguran dan amarah dari klien. Nah, untuk mencegahnya silakan terapkan kiat mengatasi kantuk saat mengetik.

Mengantuk saat mengetik tidak boleh dibiarkan karena berpotensi membuat pekerjaan menjadi terbengkalai. Tentunya ini akan berpengaruh pada upah menulis dari klien. Bahkan jika bergabung dengan perusahaan, kejadian ini akan memicu PHK. Oleh sebab itu, daripada menyesal, lebih baik terapkan tips berikut ini:

1. Melakukan Gerakan Badan

wanita peregangan saat bekerja dari kantor rumah - streching saat kerja potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Saat kantuk datang, coba hilangkan dengan melakukan gerakan badan. Semisal berolahraga ringan yang dilakukan selama beberapa menit. Hal ini tidak hanya menghilangkan kantuk tetapi juga membuat tubuh sehat. Pikiran pun kembali lancar dengan daya nalar menulis yang lebih kuat.

Usahakan untuk berhenti mengetik sejenak untuk bergerak. Lakukan minimal setiap 10 menit dan maksimal 30 menit. Kegiatan ini yang akan membuat tubuh lebih santai tetapi tetap segar. Dan usahakan durasi tidak terlalu lama karena karya tulis tidak akan pernah selesai.

2. Hindari Mengetik di Tempat yang Redup

pengusaha muda asia mengenakan jilbab bekerja di laptop dan menggunakan tablet untuk melakukan percakapan telepon sambil duduk di meja di kantor pada malam hari. - mengetik gelap potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kalau bisa jangan mengetik di tempat yang redup. Sebab kondisi pencahayaan semacam ini tidak bersahabat bagi mata. Yang ada mata terasa lelah, kering dan mengantuk. Untuk itu, usahakan mengetik di tempat yang lebih terang sekalipun mengetiknya siang hari.

Silakan pakai lampu tambahan kalau mengetik di kamar. Karena biasanya listrik di ruangan ini agak temaram. Voltase lampu yang digunakan pun tidak terlalu besar. Lain daripada itu, penulis harus memposisikan penerangan dengan tepat. Utamakan berada di tengah-tengah ruangan dengan jenis lampu LED.

Baca Juga  8 Cara Mengatasi Suara Kipas Laptop Berisik
3. Mengatur Pernapasan

wanita muda yang penuh perhatian menenangkan diri dalam situasi stres. - menghirup napas potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jika kantuk datang, coba atur pernapasan. Ternyata, cara ini juga membuat pikiran rileks dan tenang. Dijamin, beberapa saat kemudian semangat menulis akan kembali bangkit dengan fokus yang lebih baik. Untuk itu, silakan lakukan gerakan ini sebentar saja. Kalau sudah selesai, baru kerja menulis dilanjutkan.

Jenis olah pernapasan itu sangat banyak. Penulis bisa mencarinya di internet atau ikut latihan bersama instruktur senam dekat rumah. Tentunya yang diharapkan dari kegiatan tersebut adalah manfaatnya. Dan luar biasanya, aktivitas ini tidak hanya untuk mencegah kantuk saat mengetik saja tetapi juga saat membaca buku.

4. Jauhi Tempat Tidur

closeup tangan wanita freelancer bekerja menggunakan komputer laptop digital dan minum sarapan kopi di meja tempat kerja di kafe di pagi hari. - mengetik di kafe potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tips mengatasi kantuk saat mengetik yang berikutnya ialah menjauhi tempat tidur, termasuk menjauhi keluarga yang sedang tertidur pulas, karena hal ini juga memicu diri untuk berhenti mengetik karena ikut mengantuk. Sayangnya, masih banyak penulis yang ruang kerjanya disatukan dengan kamar tidur.

Daripada mengantuk, lebih baik pilih tempat yang memang ideal untuk mengetik. Seperti di taman, di perpustakaan atau di kedai kopi dan cafe. Nah, suasana ini yang lebih menyenangkan. Dipastikan juga mata tidak akan mengantuk karena suasana sedang ramai dengan pengunjung.

5. Minum Air Putih

pengusaha asia beristirahat sejenak dengan secangkir kopi bersantai dan memeriksa tugas kerja di komputer laptop untuk agenda di ruang tamu di rumah lembur di malam hari. - mengetik minum potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Air putih ternyata minuman sehat yang bisa mengatasi kantuk saat mengetik. Jika meminum dengan rutin, bukan hanya mata tetap melek, kesehatan di masa depan juga bagus. Kalau ini menjadi tipikal badan, tentu keaktifan menulis semakin tinggi. Gaji dari klien juga bakal meningkat. Bukan tidak mungkin, Anda bakal menjadi penulis populer.

Sebaliknya, jika kurang minum air putih, dehidrasi bisa datang kapan saja termasuk saat mengetik. Risikonya, otak tidak bisa digunakan berpikir dengan nyaman. Dan kalau kasus ini terjadi, hindari mengonsumsi obat. Lebih baik istirahatkan diri lalu minum air putih. Ini lebih bagus dan sehat daripada terkena efek samping berbahaya.

Baca Juga  Atasi Masalah Imsomnia Dengan 5 Tips Agar Cepat Tidur Ini
6. Hindari Makanan Manis

kantor rumah wanita muda - mengetik minum potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Paling nyaman saat mengetik adalah ditemani kuliner yang enak. Akan tetapi kalau salah memilih makanan, risikonya glukosa akan meningkat. Efeknya, tubuh akan terasa lesu dan mata akan mulai mengantuk. Jika suasana ini dibiarkan, maka energi menulis akan benar-benar habis.

Kalau tidak ingin mengantuk saat menulis, hindari makanan manis. Apalagi yang dikonsumsi dalam porsi besar. Pasalnya, penganan semacam ini mampu menaikkan gula darah dan kalori. Yang ada perut buncit dan begah. Akhirnya mata pun mengantuk yang ditandai dengan mulut tidak berhenti menguap.

7. Coba Tidur Singkat

dokter wanita beristirahat setelah bekerja lembur di laptop - mengetik tidur potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Cara unik mengatasi kantuk saat mengetik adalah menerapkan tidur singkat. Istirahat semacam ini membutuhkan durasi 10-15 menit saja. Sekalipun tidak lama, badan tetap segar dan bugar. Kalau sudah seperti ini, silakan aktivitas mengetik dilanjutkan kembali. Nah, yang perlu diperhatikan ialah niat harus kuat agar bangun sesuai rencana.

Ada pantangan yang harus ditinggalkan pada saat menerapkan konsep tidur singkat. Yaitu hindari tidur hingga berdurasi 30 menit. Karena istirahat semacam ini, hanya akan menimbulkan rasa lesu dan lemah saja. Untuk itu, silakan atur alarm ke titik angka yang ideal. Serta hindari tidur sembari menyetel musik yang slow.

 8. Makan Permen Karet

minggu malas wanita asia, nikmati seri dan makan di tempat tidur. - mengetik mengunyah potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Orang mengantuk saat mengetik, biasanya disebabkan oleh otot rahang yang tidak bekerja. Untuk itu, coba makan permen karet manis jika rasa ini mulai menyerang. Ini merupakan tips yang aman asalkan ampasnya harus dibuang. Selain itu, permen bisa didapatkan dengan harga yang sangat murah.

Kalau tidak mendapatkan permen karet atau tidak suka manis, coba ganti dengan ngemil. Namun ini tidak boleh dilakukan setiap hari karena berpotensi menaikkan berat badan. Artinya, harus ada inisiatif sendiri untuk mencegah kantuk saat menulis. Dan utamakan cara-cara yang sehat lagi menyehatkan.

Baca Juga  Rekomendasi Outfit untuk Cowok saat Lebaran Buat Kamu yang Ingin Tampil Stylish

Kiat mengatasi kantuk saat mengetik merupakan syarat Anda untuk menjadi penulis profesional. Karena aktivitas menulis akan lebih menyenangkan dan daya nalar juga lebih bagus. Maka dari itu, mari laksanakan tips dan kiat di atas. Dan dimulai sejak saat ini juga.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya