by

Pengertian dan 7 Manfaat Susu Rendah Kalori untuk Tubuh

Susu merupakan minuman yang bagus untuk menunjang kesehatan tubuh. Dahulu susu menjadi minuman mewah, tentunya hanya orang-orang tertentu yang dapat mengkonsumsinya. Namun, sekarang siapa saja dapat mengkonsumsi susu.

Susu pun terbagi menjadi beberapa bagian yaitu susu yang berlemak atau tinggi kalori, susu rendah kalori dan susu tanpa kalori atau susu skim. Lebih jauh, mari kenali jenis susu rendah lemak, lengkap dengan manfaat sebelum kamu mengonsumsinya.

A. Pengertian Susu Rendah Kalori

Susu merupakan cairan yang memiliki gizi yang sangat baik untuk tubuh. Biasanya, susu yang dikonsumsi oleh manusia berasal dari hewan maupun nabati. Meskipun  susu yang diproduksi dari hewan lebih tekenal, susu nabati juga banyak diminati.

Nah, selain ada jenis susu berdasarkan sumbernya, juga terdapat jenis susu berdasarkan jenis kalori  yang terkandung di dalamnya, salah satunya susu rendah kalori. Susu rendah kalori biasanya memiliki kandungan 1%-2% lemak dari total berat susu.

Susu berjenis ini pun sering dipilih oleh orang-orang yang sedang ingin menurunkan berat tubuhnya atau mengurangi lemak yang dikonsumsi.

Namun alangkah baiknya, jika kita mengonsumsi susu yang memiliki lemak rendah atau rendah kalori, dibarengi juga dengan pola hidup sehat. Agar tubuh tetap bugar dan program dietmu juga sukses.

B. Manfaat Susu Rendah Kalori
1. Berguna untuk kesehatan gigi

Kesehatan gigi sangat penting tetapi banyak yang menganggap kesehatan gigi remeh. Apakah kamu pernah mengalami sakit gigi, tetapi menimbulkan sakit kepala? Itulah salah satu efek jika tidak menjaga kesehatan gigi.

Ternyata selain sikat gigi dan berkumur, kita pun perlu menjaga gigi dari dalam. Salah satunya dengan mengonsumsi susu rendah lemak. Hal ini dikarenakan susu rendah kalori dapat melindungi gigi dari zat asam.

Baca Juga  7 Manfaat Yoga Bagi Tubuh dan Jenisnya!

Selain itu, susu rendah lemak memiliki kandungan mineral yang akan membantu memperkuat rahang dan menjaga gigi asli lebih lama. Susu rendah kalori pun dapat membantu menekan keinginan untuk mengonsumsi soda yang dapat merusak gigi dan gusi lemak.

2. Membantu menurunkan berat badan

Seperti yang kita ketahui, susu memiliki kandungan protein yang tinggi. Sementara makanan maupun minuman yang memiliki protein tinggi, dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dibanding tidak mengkonsumsi protein. Inilah yang menyebabkan asupan makan yang dikonsumsi lebih sedikit.

Terlebih jika susu yang dikonsumsi rendah kalori ini menjadi keuntungan tersendiri bagi tubuh. Terlebih menurut sebuah penelitian yang dilakukan, susu dapat memecah serta menghambat lemak, hal ini dikarenakan asam linoleat telah berubah menjadi susu.

3. Meredakan sakit PMS

Susu memiliki kandungan kalsium dan kandungan inilah yang dipercaya dapat meredakan sakit PMS atau pra menstruasi syndrome. Menurut  Jurnal Obstetrics & Gynecology Science, suplemen yang memiliki kandungan kalsium dapat meredakan sakit perut, kembung, kelelahan, bahkan mood swing dikarenakan PMS atau pra menstruasi syndrome.

Ini dikarenakan asupan kalsium dalam otak dapat merangsang meredakan depresi dan kecemasan. Selain itu, dapat meredakan otot kram. Namun, perlu ada penelitian lebih lanjut mengenai manfaat susu untuk meredakan PMS.

4. Dapat membantu menurunkan darah tinggi dan stroke

Susu memiliki kandungan kalsium dan sebuah penelitian menunjukkan makanan atau minuman (sayuran atau buah-buahan), apabila dikonsumsi bersamaan dengan kandungan kalsium dapat menurunkan tekanan darah.

Tentu, ini menjadi sebuah manfaat yang besar. Konsumsilah secara rutin, untuk mencegah naiknya tekanan darah tinggi. Selain itu, hindarilah makanan yang dapat memicu tekanan darah tinggi mu naik.

Baca Juga  10 Cara Mendewasakan Diri Sendiri di Bawah Ini Penting untuk Kamu Tahu!

Sehingga apabila tekanan darah tinggi menurun, maka kemungkinan untuk mengalami stroke pun akan turun. Hal ini terjadi karena tekanan darah tinggi memiliki potensi terserang stroke lebih tinggi, dibanding yang tidak memiliki tekanan darah tinggi.

5. Mencegah diabetes

Penyakit diabetes dikarenakan gula darah yang ada dalam tubuh berlebihan dan susu rendah kalori dipercaya dapat mencegah diabetes. Ini dikarenakan sebuah penelitian menunjukan bahwa susu rendah lemak atau rendah kalori dapat membantu mencegah naiknya gula darah hingga 32% dalam tubuh.

6. Memelihara kesehatan jantung

Kandungan potasium yang ada dalam susu dapat membantu memelihara kesehatan jantung, kandungan potasium memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan vasodilatasi (pelebaran diameter pembuluh darah yang terjadi bila otot-otot dinding pembuluh darah mengendur atau rileks).

Penelitian di St.Thomas Hospital, di Tennessee menunjukan bahwa orang yang mengkonsumsi potassium 4.069 mg/hari, memiliki 49% kemungkinan meninggal karena risiko penyakit jantung iskemik dibanding orang yang mengonsumsi potasium 1.000 mg/hari.

7. Menjaga kesehatan tulang

Selain manfaat yang telah dipaparkan di atas, ternyata susu pun memiliki manfaat untuk kesehatan tulang. Betapa tidak, setiap susu yang rendah kalori atau lemak memiliki kandungan magnesium, kalsium dan zat besi yang baik untuk tubuh.

Meskipun rendah lemak atau kalori, susu ini tetap memiliki manfaat seperti susu lainnya. Dimana memiliki manfaat untuk pembentukan tulang maupun kepadatan tulang. Maka, konsumsilah susu setiap hari dengan porsi yang cukup untuk tubuhmu.

Sekarang sudah tidak ragu lagi bukan, untuk mengkonsumsi susu rendah kalori setiap hari? Kamu pun dapat dengan bebas memilih brand dari susu rendah lemak atau bahkan memilih susu skim atau susu tanpa lemak/kalori.

Baca Juga  5 Rekomendasi Sepatu Running yang Nyaman di Kaki

Ini dikarenakan banyak brand susu yang sudah memproduksi susu rendah kalori untuk para customer-nya. Tentu ini memudahkanmu untuk mendapatkan susu rendah kalori. Selain minum susu, tetaplah menjaga pola hidup, termasuk olahraga, memperhatikan apa yang dikonsumsi dan jam tidur.

Comment

Artikel Terkait