by

Jangan Marah Bun, Begini Solusi Mengatasi Anak yang Malas Belajar

Sudah sewajarnya jika sebagai orang tua selalu mendambakan anaknya menjadi pintar dan cerdas, serta dapat meraih prestasi juga masa depan yang cemerlang. Untuk itu, maka buah hati Anda harus rajin dan giat belajar guna mencapai impian tersebut.

Tetapi seiring berjalannya waktu, pasti setiap orang tua pernah menghadapi situasi dimana buah hati mengalami sebuah permasalahan, sehingga berakibat pada kemalasan belajar anak Anda. Dengan demikian, maka diperlukan cara atau solusi mengatasi anak yang malas belajar, berikut penjelasannya.

1. Bersikap Terbuka Agar Dapat Membangun Komunikasi yang Baik dengan Buah Hati

Bersikap terbuka dapat menjadi dorongan bagi buah hati untuk mengungkapkan segala permasalahan, maupun sebuah pemikiran yang terjadi pada penddidikan anak Anda. Sebisa mungkin untuk menciptakan suasana nyaman, agar anak dapat mengungkapkan segala hal dengan tenang.

Segala hal termasuk kesukaan maupun yang dikhawatirkan oleh si buah hati. Sekedar saran, ketika anak sedang mengutarakan pendapatnya, Anda sebagai orang tua harus menjadi pendengar, yang baik serta berusahalah mengakui perasaannya, walaupun sebenarnya Anda kurang setuju.

2. Cari Tahu Tentang Minat Serta Cita-cita Sang Buah Hati

Jika Anda sebagai orang tua ingin si buah hati semangat dalam belajar, cari tahu tentang segala minat ataupun cita-citanya. Selain itu, dukunglah anak untuk mengeksplorasi sesuatu hal yang menjadi kesukaannya. Dengan begitu semangat belajar anak akan semakin meningkat.

Nah, selain itu jangan lupa sesekali untuk berdiskusi dengan buah hati, untuk mengetahui apa yang menjadi impian atau cita-citanya di masa depan. Tujuannya agar dapat memotivasi serta menyadarkan anak terus giat dalam belajar, jika ingin cita-citanya tercapai suatu saat nanti.

3. Berilah Arahan Mengenai Pentingnya Belajar Serta Pentingnya Sebuah Proses

Setelah mengetahui minat dan cita-cita sang anak, langkah berikutnya adalah memberi pengetahuan tentang pentingnya belajar, serta pentingnya sebuah proses demi mencapai impiannya. Hal ini dilakukan agar buah hati lebih termotivasi dan semangat dalam proses belajarnya.

Baca Juga  Jangan Asal-Asalan, Pertimbangkan 4 Hal Ini Ketika Ingin Memilih Jurusan Kuliah

Selanjutnya jangan hanya memuji anak ketika mendapatkan nilai yang bagus saja, tetapi pujilah setiap apa yang dilakukan anak untuk mencapai hasil dari usahanya. Tujuannya agar sang buah hati dapat secara tulus menikmati sebuah proses yang dijalaninya, untuk mencapai suatu hal yang diimpikan.

4. Berilah Sebuah Apresiasi atau Reward dan Jangan Terlalu Sering Mengkritik Anak

Usahakan untuk tidak terlalu memberikan suatu kritikan yang berlebihan kepada anak, baik itu secara lisan maupun berupa tindakan. Karena itu akan mempengaruhi semangat serta minat belajar anak, salah-salah nanti akan membuat mental buah hati down, sehingga proses belajarnya bisa terganggu.

Nah, alih-alih selalu memberi kritikan yang berlebihan alangkah baiknya, jika Anda memberikan sebuah apresiasi atau reward terhadap apa yang telah dicapai sang buah hati. Hal itu akan membuat semangat belajar anak meningkat, sehingga proses belajarnya pun menjadi lebih menyenangkan.

5. Memberikan Fasilitas Pembelajaran yang Memadai Bagi Anak

Sudah ditekankan, bahwa kenyamanan belajar menjadi salah satu faktor penting dalam proses belajar anak. Dengan demikian, sebagai orang tua yang mempunyai harapan besar kepada sang buah hati, sudah seharusnya untuk memberikan fasilitas belajar yang memadai, demi kelancaran belajar sang anak.

Mulai dari memberikan peralatan yang dibutuhkan oleh buah hati, seperti pensil, rak buku sampai pada perlengkapan penunjang lainnya yakni: sebuah buku kamus, buku berhitung, dan masih banyak yang lainnya. Dengan begitu, maka anak akan semakin giat dan rajin dalam proses belajarnya.

Demi tercapainya sebuah cita-cita besar sang buah hati, sudah pasti Anda sebagai orang tua akan selalu mengusahakannya, terlebih lagi jika buah hati sedang malas, maka Anda akan selalu mencari segala cara bagaimana mengatasi permasalahan tersebut.

Baca Juga  Cegah Anak Menonton Hal yang Tidak Berkualitas, Berikut ini Tips Memilih Tontonan Anak

Demikian penjelasan mengenai solusi mengatasi anak yang malas belajar, semoga dapat menjadi pengetahuan dan referensi bagi Anda sebagai orang tua.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait