oleh

Ketahui Dulu 5 Manfaat Ilustrasi dalam Buku Anak, yuk!

Orang tua pasti senang jika anaknya suka membaca. Tidak jarang, orang tua kemudian mengagendakan satu kali dalam sebulan, misalnya, untuk mengajak anaknya ke toko buku. Tujuannya agar anak dapat memilih sendiri buku yang ingin dibacanya. Pilihan anak biasanya jatuh pada buku yang menyajikan banyak gambar atau ilustrasi ketimbang buku yang berisi lebih banyak teks.

Kata “ilustrasi” berasal dari kosakata bahasa Belanda, yaitu ilustratie, yang berarti “hiasan dengan gambar”. Secara umum, ilustrasi berfungsi memperjelas sebuah teks atau menerangkan suatu peristiwa, dan tentu saja mampu memikat pembaca. Bagi anak, ilustrasi adalah inti dari sebuah buku. Lalu, apa manfaat ilustrasi? Nah, manfaat ilustrasi dalam buku anak tentu sangat banyak. Inilah 5 di antaranya. Baca, yuk!

1. Anak Menjadi Lebih Mudah Memahami Cerita

Buku yang menarik adalah buku yang mampu membuat anak terlibat dengan isi buku tersebut, sehingga anak ingin membacanya berulang kali. Ilustrasi atau gambar pada buku merupakan salah satu media yang dapat membuat anak ingin terlibat dengan buku.

Contohnya, pada buku tentang keberagaman suku budaya di Indonesia. Anak akan lebih mudah memahami isi buku jika di dalam buku tersebut ada ilustrasi yang menggambarkan rumah adat, seni tradisional, atau alat musik daerah. Ilustrasi-ilustrasi tersebut akan membuat anak lebih memahami isi buku, dibandingkan jika isi buku hanya berupa teks tanpa ilustrasi atau minim ilustrasi.

Anak yang belum dapat membaca pun bisa mengerti alur cerita dari ilustrasi yang ada. Contohnya, pada buku tentang cara mendirikan tenda. Jika ilustrasi digambarkan sesuai dengan runutannya, anak dapat mengerti cara mendirikan tenda hanya dengan melihat ilustrasinya.

Dalam hal ini, anak mendapatkan literasi visual melalui buku bergambar. Literasi visual tidak hanya mencakup kemampuan membaca gambar, tetapi juga memahami komunikasi serta interaksi yang diceritakan di dalam sebuah buku.

Baca Juga  Pentingnya Bimbingan Konseling Sejak Dini Bagi Anak-anak
2. Anak Semakin Termotivasi untuk Membaca

Salah satu cara menumbuhkan kegemaran membaca buku pada anak adalah dengan membiasakannya membaca sejak masih kecil. Orang tua dapat mulai dengan membacakan cerita dari buku yang sesuai usia anak. Pilih buku yang menyajikan banyak ilustrasi menarik, sehingga anak tidak mudah bosan ketika melihatnya.

Setelah tertarik pada satu buku, biasanya anak akan mencari buku lain untuk dibaca. Biarkan anak memilih sendiri jenis bacaannya, karena minat tiap anak terhadap jenis bacaan berbeda-beda. Ada anak yang tertarik pada cerita tentang transportasi, hewan, museum, dinosaurus, cerita lucu, cerita petualangan, dan sebagainya. Oleh karena itu, berikan buku bergambar yang temanya bervariasi, sampai anak mendapatkan buku yang memang menarik hatinya.

3. Menumbuhkan Keingintahuan Anak

Manfaat ilustrasi dalam buku anak selanjutnya adalah menumbuhkan keingintahuan anak. Pada usia-usia tertentu, anak sangat ingin tahu tentang banyak hal. Dia akan selalu bertanya tentang hal apa pun yang dia lihat maupun dia dengar.

Tidak hanya anak balita, anak yang sudah beranjak remaja pun mengalami fase ini, yaitu fase ingin mengetahui lebih banyak hal. Tugas orang tua adalah membantu anak memperoleh jawaban atas keingintahuannya, jangan malah mengabaikannya. Salah satu caranya adalah meminta anak mencari jawaban atas pertanyaannya dengan membaca buku. Atau, orang tua dapat menceritakan isi buku jika anak belum dapat membaca.

Berikan buku-buku yang dapat memberikan jawaban bagi pertanyaan anak. Misalnya, anak ingin tahu tentang kehidupan angkasa luar. Berikan kepada anak buku tentang petualangan angkasa luar, alam semesta, antaiksawan, dan lainnya yang terkait dengan kehidupan angkasa luar.

Alangkah baiknya jika buku-buku tersebut dilengkapi dengan ilustrasi penunjang. Seperti memuat ilustrasi denah pesawat angkasa luar, foto perjalanan pesawat ulang-alik, foto permukaan planet selain Bumi, dan sebagainya. Semakin menarik ilustrasi atau foto yang ditampilkan, semakin tinggi pula minat anak untuk membaca buku tersebut. 

Baca Juga  Harus Bijak, Ini 5 Hal yang Harus Dipikirkan Sebelum Posting Sesuatu di Medsos!
4. Mendukung Daya Imajinasi Anak

Mendukung daya imajinasi anak adalah manfaat ilustrasi dalam buku anak yang juga  penting. Bagi anak-anak, daya imajinasi bermanfaat untuk memunculkan bakatnya, membantunya terampil berkomunikasi dan bersosialisasi, memperluas wawasan, serta membuatnya mampu berpikir kreatif, mandiri, dan percaya diri.

Pada anak yang belum bisa membaca, ilustrasi pada buku bergambar membuatnhya menjadi bisa “membaca”. Melalui imajinasinya, dia dapat menikmati cerita dalam buku tersebut dari alur yang diciptakan oleh ilustrasi.

Hal itulah yang terkadang menyebabkan anak meminta orang tuanya tidak terburu-buru membalik halaman buku ketika sedang membacakan buku cerita untuknya. Si anak ingin mengamati lebih dalam ilustrasi di buku yang sedang dibacakan untuknya. Melalui buku bergambar, anak dapat belajar membaca dengan cermat melalui ilustrasi.

5. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak

Ilustrasi pada sebuah buku seringkali memicu anak untuk belajar membaca. Mengapa? Karena dia ingin membaca sendiri buku yang menarik hatinya. Ketika dia semakin mahir membaca, dengan sendirinya kosakatanya akan bertambah. Pertambahan kosakata akan menunjang kemampuannya berkomunikasi, sekaligus berekspresi.

Barangkali kamu pernah melihat seorang anak mengoceh pada saat melihat suatu gambar. Misalnya, ketika melihat ilustrasi sebuah kota yang dilalui banyak kendaraan, anak akan bercerita dengan penuh semangat tentang kendaraan-kendaraan yang diilihatnya pada buku tersebut. Dia akan bercerita tentang ke mana dia akan pergi dengan kendaraan tersebut, bersama siapa dia pergi, bahkan dia pun akan memperagakan cara mengendarai kendaraan yang dimaksud.

Dengan bercerita, anak akan semakin kaya dan mantap menggunakan kosakata. Pada saat bercerita pun, dia akan menggunakan beragam ekspresi. Dia akan tertawa ketika bercerita tentang badut yang salah memakai kostum, menangis ketika bercerita tentang anak kucing yang terluka, berteriak ketika memanggil perompak di laut, dan sebagainya.

Baca Juga  5 Kalimat Filosofis Tentang Anak Menurut Islam

Yap! Akhirnya, sekarang kamu sudah mengetahui apa saja manfaat ilustrasi dalam buku anak. Ilustrasi dalam buku membuat anak memahami bahwa buku tersebut memang dibuat untuk mereka. Jika kamu adalah seorang ilustrator buku anak, tanamkan dalam hatimu betapa pentingnya menghasilkan ilustrasi yang bermanfaat bagi anak-anak.

Kemudian, jika kamu adalah orang tua yang suka membacakan buku cerita untuk anak, nikmatilah momen tersebut. Manfaatkan waktu untuk mengajari dan berkomunikasi dengan anak melalui ilustrasi pada buku. Jadilah saksi bagi bertumbuhnya kecerdasan anak berkat hobinya membaca buku yang full ilustrasi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publikasi Terkait Lainnya