by

Ketahui Klasifikasi Turnamen Bulutangkis Internasional: Tour BWF Super 100 hingga Super 1000

Indonesia menjadi tuan rumah gelaran turnamen bulutangkis internasional yaitu ajang Indonesia Open dan Indonesia Master. Indonesia Master akan berlangsung mulai tanggal 7 Juni-12 Juni 2022, sedangkan Indonesia Open akan berlangsung mulai tanggal 14 Juni-19 Juni 2022. Perhelatan turnamen internasional super 500 dan super 1000 ini digelar di Istora Senayan, Jakarta.

Mungkin kita sudah tidak lagi asing dengan istilah super 100, super 300, super 500, dan seterusya dalam perhelatan bulutangkis Internasional. Tapi, apa saja sebenarnya yang termasuk dalam klasifikasi level dalam turnamen bulutangkis internasional, dan apa saja turnamen bulutangkis Internasional yang termasuk dalam level-level tersebut?

Yuk simak info turnamen bulutangkis Internasional level 100 hingga level 1000 yang perlu kamu ketahui!

1. Turnamen Bulutangkis super 100

Klasifikasi turnamen bulutangkis internasional yang pertama adalah kategori super 100. Turnamen ini masuk dalam Tour Dunia BWF (Federasi Bulutangkis Internasional). Tour super 100 ini juga mengikuti poin pemenang untuk menambah poin, sebagai berikut mengikuti Final Tur Dunia atau puncak yang biasanya setiap akhir tahun dan akhir tahun dari kalender pada tahun tersebut.

Turnamen yang termasuk dalam kategori super 100 ini berjumlah 11 turnamen. Apa saja turnamen itu? Kesebelas turnamen itu adalah, Orlean Masters, China Masters, Canada Open, Japan Masters, Hyderabad Open, Indonesia level 6, Bitburger Masters, Scottish Russian Open, Vietnam Open, dan Dutch Open.

Hadiah yang didapatkan turnamen bulutangkisdi level super 100 adalah usd 75 ribu atau setara dengan Rp 1 Miliar rupiah).

2. Turnamen Bulutangkis Super 300

Yang kedua, ada turnamen bulutangkis internasional super 300. Di tahun 2022 ini sendiri, ada 7 turnamen super 300 yang digelar dari bulan Januari hingga bulan Desember 2022. Di antaranya adalah, Swiss Open, Korea Masters, Chinese Taipei Open, US Open, Macau Open, Hylo Open, dan New Zealand Open.

Baca Juga  Keren Banget, Prilly Punya Klub Bola di Tanggerang!

Turnamen bulutangkis super 300 ini menikmati hadiah sebesar USD 150 ribu, atau jika dikonversi ke skala rupiah senilai dengan Rp 2,1 miliar. Selain hadiah yang cukup menjanjikan, level turnamen ini juga turut memyumbang poin untuk World Tour Final nih bulutangkis lovers! 

 3. Turnamen Bulutangkis Super 500

Turnamen bulutangkis internasional super 500 ini menjanjikan hadiah, yang lebih besar lagi yaitu sebesar USD 350 ribu dolar atau setara dengan Rp 4,9 miliar pecinta bulutangkis!

Nah untuk turnamen yang masuk dalam turnamen super 500 ini ada 7, di antaranya adalah Hongkog Open, India Open, Indonesia Masters, Korea Open, Malaysia Master, Singapura Open dan Thailand Open

4. Turnamen Bulutangkis Super 750

Turnamen Bulutangkis yang masuk dalam klasifikasi super 750 ini membuka 5 turnamen. Kelima turnamen tersebut adalah Denmark Open, Fuzhou Tiongkok Open, Japan Open, Malaysia Open dan Prancis Open.

Turnamen ini menjanjikan hadiah sebesar USD 600 ribu atau setara dengan Rp 8,5 Miliar.

5. Turnamen Bulutangkis Super 1000

Turnamen bulutangkis internasional super 1000 merupakan turnamen puncak yang menjanjikan hadiah sangat besar. Turnamen super 1000 ini tidak digelar sesering turnamen level lainnya dan merupakan ajang yang amat bergengsi. bayangkan saja, hadiah yang hebat untuk turnamen ini sebesar USD 850 ribu atau setara dengan Rp 12,01 miliar. Jumlah yang fantastis bukan?

Turnamen yang sangat bergengsi ini hanya digelar sebanyak 3 kali dalam setahun, di antaranya adalah All England, Indonesia Open yang akan digelar mulai tanggal 14 Juni-19 Juni mendatang di Istora Senayan, dan Tiongkok open.

Nah itu dia 5 klasifikasi turnamen bulutangkis internasional mulai dari level super 100 sampai super 1000 yang perlu kamu ketahui. Kita patut berbangga sebagai kebanggaan Indonesia sering memenangkan dan menduduki podium tertinggi, dari berbagai macam bulutangkis internasional mulai dari super 100 bahkan hingga super 1000!

Baca Juga  Hal-Hal Penting yang Harus diperhatikan Sebelum Olahraga

Sebut saja kebanggaan Indonesia, Putri Kusuma Wardani yang baru-baru ini berhasil memenangkan Orleans Master 2022 super 100. Putri Kusuma Wardani atau yang akrab disapa Putri KW berhasil oleh para bulutangkis, berhasil naik podium tertinggi di berhasil Orlean Masters setelah mengalahkan Amerika Serikat, Iris Wang dengan skor 7-21, 21-19, 21-18.

Ada juga pemain tunggal kebanggaan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting yang berhasil menduduki podium tertinggi turnamen super 1000 China Open 2018. Yang lebih luar biasa lagi, Anthony Sinisuka Ginting berhasil menumbangkan peringkat satu tunggal putra dunia yang berasal dari Jepang, Kento Momota.

Ada juga ganda putra kebanggaan Indonesia yang sampai saat ini tetap konsisten berada di peringkat satu ganda putra dunia, yaitu Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Gideon Fernaldi. Kebanggaan Indonesia yang akrab disapa the minions oleh para bulutangkis lovers Indonesia ini, dalam tahun 2019 saja berhasil menyabet gelar juara 2 turnamen super 1000 yaitu China Open 2019 dan Blibli Indonesia Open 2019.

Selain 3 andalan Indonesia di atas masih sangat lagi atlet-atlet bulutangkis Indonesia, yang turut menyumbangkan gelar bagi Indonesia di berbagai turnamen bulutangkis Internasional dari super 100 super 1000. Sebut saja nama-nama besar Jonatan Christie, Praveen Jordan/Melati Daeva, Greysia Polii / Apriani Rahayu, dan tak ketinggalan ganda putra legenda dunia Ahsan/Hendra, serta masih banyak lagi pemain-pemain emas kebanggaan Indonesia lainnya.

Selain turnamen yang ada dalam tur dunia BWF, Indonesia juga sangat aktif mengirimkan andalannya untuk mengikuti berbagai pelatihan bulutangkis di luar acara BWF atau Federasi Bulutangkis Dunia. Misalnya saja dalam sea games yang baru-baru ini, Asean Games, Olimpiade, beregu seperti Thomas Cup dan Uber Cup yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Baca Juga  6 Manfaat Bermain Voli bagi Kawula Muda

Prestasi yang sangat membanggakan lainnya yang baru-baru ini diraih oleh atlet-atlet bulutangkis kebanggaan Indonesia, adalah ketika tim Thomas Cup Indonesia berhasil Runner Up dalam perhelatan olahraga bulutangkis tahunan ini.

Comment

Artikel Terkait