by

Jarang Olahraga Karena Sibuk? Eits, Masih Ada Olahraga yang Bisa Dilakukan di Tempat yang Sempit loh!

Olahraga menjadi salah satu hal yang pasti disebutkan mengenai cara mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Olahraga ini hendaknya dilakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Apabila tidak ada waktu untuk berolahraga karena memiliki jadwal yang padat, kamu bisa menyiasatinya dengan berolahraga di rumah atau di tempat-tempat tertentu, yang penting tempat tersebut nyaman dan aman.

Oleh karena itu, berikut ini ulasan mengenai olahraga yang bisa dilakukan di tempat yang sempit untuk kamu.

1. Jumping Jack
Adult man doing physical exercise Jumping Jack at home Adult man doing physical exercises Polichinelo at home, in the living room, with dawn light Jumping Jack stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Olahraga pertama yang bisa kamu lakukan di tempat yang sempit yaitu jumping jack. Buat kamu yang belum tahu apa itu gerakan jumping jack, gerakan yang satu ini dilakukan dengan berdiri tegak lurus, dengan kaki yang saling menempel dan rapatkan kedua tangan masing-masing ke sisi kanan dan kiri tubuh.

Kemudian dalam satu gerakan, lompatkan kaki kamu ke arah samping kanan dan kiri sampai kaki bisa terbuka lebar, sembari mengangkat tangan ke atas kepala membentuk gerakan tepuk tangan, lalu segera kembali ke posisi awal.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari gerakan lompat ini ialah untuk melatih kekuatan tubuh, serta kardiovaskular karena gerakan mengangkat tangan ke atas kepala sembari merentangkan kaki, bisa meningkatkan detak jantung dan merangsang aliran darah untuk mengalir ke seluruh tubuh.

2. Wall Sit
Sports man in face mask doing leg exercises at home Young sporty man fitness coach in medical face mask squatting against wall on balcony. Confident sports man in protective mask doing wall leg sit exercise at home gym. COVID-19 quarantine, workout Wall Sit stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Seperti namanya, yaitu duduk di dinding, kamu bisa melakukan gerakan wall sit ini dengan berdiri sekitar setengah meter dari dinding dengan punggung yang menghadap kea rah dinding, kemudian kamu geser punggung kamu ke arah bawah dan menempel pada dinding, sampai kaki kamu bisa menekuk dengan sudut 90 derajat, atur bahu, kepala bagian belakang, dan punggung bagian atas untuk tetap menempel pada dinding dan kedua kaki harus bisa rata di lantai atau tanah.

Baca Juga  Ini Dia Aplikasi Pembuat Video Musikalisasi Puisi Paling Populer di Dunia Maya

Lalu tahan posisi tersebit selama 30 detik atau kamu juga bisa melebihkannya sesuai dengan kekuatan kamu.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari gerakan wall sit ini, ialah kamu bisa membangun daya tahan serta kekuatan otot tubuh bagian bawah kamu.

3. Push Up

Push up merupakan gerakan olahraga yang paling tidak asing bagi semua orang. Selain mudah dilakukan, gerakan ini juga kerap diajarkan di sekolah-sekolah, sehingga tampak begitu akrab bagi anak-anak. Manfaat yang bisa diperoleh dari melakukan push up ini juga sangatlah banyak, di antaranya ialah bisa mengencangkan otot bagian dada, lengan, trisep dan bahu bagian depan.

Gerakan push up ini bisa kamu lakukan dengan mengatur posisi tubuh dengan tengkurap terlebih dahulu, kemudian atur tangan sedikit melebar tapi tetap segaris dengan bahu, atur kaki agar tetap berdekatan.

Kemudian, angkat tubuh kamu menggunakan lengan serta biarkan berat badan untuk ditopang tangan dan pangkal jari kaki atau lutut, sesuai dengan kekuatan kamu.

Kemudian setelah kamu mengangkat tubuh kamu bisa menurunkan kembali tubuh kamu sampai dada, pastikan untuk tidak menempel pada lantai dan siku tetap terselip di dekat batang tubuh.

4. Squat
Young female athlete training at home with resistance bands A young female athlete is training at home with resistance bands. Squat stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Olahraga yang bisa dilakukan di tempat yang sempit selanjutnya ialah olahraga squat. Squat merupakan gerakan olahraga, yang bisa kamu lakukan dengan berdiri tegak dengan posisi kaki yang dibuka selebar dengan pinggul, tubuh kamu turunkan sampai yang kamu bisa dengan cara pinggul kamu dorong ke arah belakang, kamu harus ingat jika tidak mendorong lutut!

Kemudian lengan kamu naikkan dan lurus ke depan dengan tujuan agar bisa menjaga keseimbangan. Tubuh bagian bawah kamu harus bisa sejajar dengan lantai dan dada kamu busungkan ke depan, kamu tidak boleh membungkuk juga, lalu kamu bisa mengangkat tubuh kamu sebentar dan kembali lagi ke posisi awal.

Baca Juga  Tampil Cantik Dengan Tips Mix Match Baju Lebaran Berikut Ini

Sama seperti push up tadi, kamu juga bisa mendapatkan banyak manfaat dari gerakan squat ini, di antaranya ialah squat ini merupakan gerakan yang baik untuk bisa melatih tubuh bagian bawah serta inti  otot.

Apabila kamu latihan secara teratur, kamu juga bisa mengencangkan otot paha dan juga bokong, dan dengan gerakan ini pula kamu bisa meningkatkan sirkulasi pencernaan kamu.

5. Plank
Workout while in isolation Women at home during pandemic isolation doing workout to stay in shape plank stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Banyak orang yang bilang plank merupakan salah satu gerakan gampang tapi saat dilakukan terasa sangatlah berat. Mungkin bagi kamu yang tidak terbiasa melakukan gerakan ini, kamu akan setuju dengan pernyataan tersebut, tetapi bagi kamu yang sudah terbiasa, gerakan plank ini mungkin akan terasa gampang.

Plank sendiri manfaatnya sangat banyak untuk tubuh, di antaranya ialah bisa membangun kekuatan tubuh utamanya pada bagian inti, atas dan bawah. Kemudian plank juga bisa membantu tubuh untuk meningkatkan fleksibilitas, dengan meregangkan otot dan juga bisa memperbaiki postur tubuh.

Plank ini bisa kamu lakukan dengan cara: pertama-tama ambil posisi berbaring di lantai dengan tubuh bagian depan berada di atas lantai, letak lengan kamu pada lantai sehingga berat badan kamu menjadi bertumpu pada lengan, jari-jari kaki kamu tekuk dan tubuh kamu harus berada dalam posisi lurus mulai dari bahu sampai pergelangan kaki, tahan perut kamu dan lakukan posisi ini selama beberapa menit atau sesuai dengan kekuatan yang kamu miliki.

6. Push Up and Rotation
Man's fitness - TRX exercising Muscular man exercising in health club. Using TRX bands, doing push-ups and torso rotations with legs suspended. Push Up and Rotation stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Sama seperti push up biasanya, gerakan ini memang dilakukan dengan gerakan push up yang kemudian saat badan naik, tubuh bagian atas kamu putar ke kanan atau kiri sembari meluruskan lengan ke atas, setelah itu kembali lagi ke posisi awal atau posisi push up, kemudian kamu bisa mengulangi gerakan ini beberapa kali lagi. Untuk manfaatnya, beberapa manfaat dari gerakan push up and rotation ini juga sama dengan manfaat push up.

Baca Juga  Cara Memulai Bisnis Sederhana dengan Instagram Dalam Waktu Singkat 

Itu tadi beberapa olahraga yang bisa dilakukan di tempat yang sempit. Kesehatan merupakan suatu kenikmatan yang Tuhan berikan pada kita, kesehatan ini tidak ternilai harganya, oleh sebab itu kamu harus bisa menjaganya sebaik mungkin.

Comment

Artikel Terkait