by

Ini Ternyata yang Populer dari Maradona, Si Pebola Kontroversial

Penikmat bola yang lahir pada tahun 80an pasti kenal dengan nama Diego Armando Maradona, pemain asal Argentina yang memang cukup populer di kala itu. Apalagi sejak berkiprah di Piala Dunia 1986 Inggris. Yang mana, sang maestro mencetak gol unik dengan menggunakan tangan. Sehingga media menyebutnya ‘Gol Tangan Tuhan’.

Sejatinya masih banyak profil lain yang populer dari Maradona. Baik dari segi sepak terjangnya di lapangan hijau, maupun dari kehidupan pribadi-nya yang penuh kontroversi. Dinamika ini yang membuat popularitas dirinya semakin mentereng, termasuk dikenal oleh pencinta bola dari Indonesia.

Bagi Anda yang ingin mengetahui sosok Maradona yang lain, yuk baca artikel ini sampai selesai. Di sini akan dikupas sampai tuntas terkait dirinya, termasuk keistimewaannya saat menggocek bola. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Jago Dribbling

Diego Maradona merupakan pemain dengan kemampuan dribbling yang hebat. Jika sudah membawa bola, dipastikan pemain lawan akan kesulitan untuk merebutnya. Apalagi tubuhnya agak tambun sehingga Maradona sulit dijatuhkan. Lain daripada itu, ia juga mampu berlari cepat saat menggiring bola.

Gol kedua ke gawang Inggris di Piala Dunia 1986 menjadi bukti kepiawaian Maradona menggiring bola. Dia meliuk-liuk dari tengah lapangan dengan melewati 4 pemain bertahan. Dan akhirnya, gol pun tercipta melalui sepakan dari sudut yang sempit. Penonton pun bersorak, seakan menjadi penanda kalau si pemain akan bersinar dan layak menjadi legenda.

Maradona benar-benar menjadi momok bagi pemain bertahan lawan. Apalagi dia dilengkapi dengan akurasi shooting yang maksimal. Kontrolnya juga bagus bahkan bisa mengirim assist darinya. Alhasil, di kala itu, ia benar-benar menjadi ujung tombak Tim Tango.

2. Gol Tangan Tuhan

Maradona disebut pencetak gol tangan tuhan. Hal ini dinisbatkan ketika dirinya membela tim nasional Argentina di pentas World Cup England 1986. Pada waktu itu, striker tambun ini berhasil mencetak satu gol kontroversial. Karena tidak menggunakan kaki dan kepala melainkan menggunakan tangan. Sayangnya, wasit tidak melihat hal tersebut sebagai sebuah pelanggaran.

Baca Juga  Penyebab Indonesia Gagal Juara AFF yang Tidak Boleh Terulang

Kemelut ini terjadi, manakala tim Argentina mendapatkan tendangan sudut. Sedangkan Maradona sudah bersiap di depan gawang lawan untuk menyambut bola. Lalu datanglah bola lambung ke arahnya. Dia pun melompat untuk menyundul. Namun bola tidak menyentuh kepalanya, melainkan tersentuh tangan dengan sedikit dorongan. Gol tangan tuhan pun terjadi.

3. Terjerat Doping

Yang Populer dari Maradona yang berikutnya adalah kasusnya saat terjerat doping. Masalah ini terjadi, dikarenakan keraguan sebagian kalangan atas performa Maradona yang luar biasa. Bahkan, mereka menganggapnya sebagai pemain bertenaga kuda. Padahal tubuhnya terbilang bongsor, maka dari itu ada kecurigaan dia menggunakan obat-obat tertentu.

Oleh karena itu, Maradona pun diperiksa oleh otoritas kesehatan. Dan dia memang terbukti telah mengkonsumsi obat anti lelah atau doping. Akhirnya, ia dilarang untuk kembali berkiprah di lapangan hijau. Dari kasus ini juga, karier Maradona di kancah sepak bola mulai meredup sebelum akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu.

Sebelum memutuskan untuk pensiun dari sepak bola, Maradona masih beberapa kali mencoba menjadi pelatih. Termasuk menjadi pelatih Tim Tango Argentina. Namun sayangnya, sejak dipegang olehnya, Lionel Messi dan kawan-kawan tidak mendapatkan hasil yang terbaik. Akhirnya ia pun dipecat. Pemecatan itulah akhir karier dari seorang maestro bola dunia.

4. Popularitas yang Mendunia

Maradona merupakan pemain sepak bola dengan popularitas yang mendunia. Masyarakat Indonesia sendiri sempat kesemsem dengan pemain ini selain petinju Muhammad Ali dan Mike Tyson. Dan tidak dimungkiri, kalangan tua suka pada bola di era 80 dan 90an sebab ada pemain ini, bahkan sekarang pun masih banyak peminatnya. Mereka suka melihat gaya bermain Maradona melalui Youtube.

Menjadi hal yang wajar kalau Maradona diminati banyak orang di dunia. Gaya bermainnya memang berbeda apalagi kalau sedang membawa bola. Kehebatan berikutnya adalah, ia sulit dijatuhkan dan bahkan lawan yang jatuh sendiri. Di sisi lain, pemain berbadan tambun tetapi memiliki lari yang sangat cepat. Ini yang membuat masyarakat pebola menyukainya.

Baca Juga  Apa Itu Twisties Dalam Dunia Pesenam Serta Mengapa Bisa Mengancam Nyawa Seseorang?

Yang membuat popularitas Maradona menanjak berikutnya adalah terjadinya gol tangan tuhan. Sekalipun ini bersifat kecurangan, tetapi tetap ada keunikan yang dilahirkannya. Bagaimana seorang Maradona berhasil mencetak gol menggunakan tangan tanpa terlihat. Padahal kejadian tersebut terekam kamera dengan jelas. Makanya, karena kasus tersebut dia juga disebut si Tangan Ajaib.

5. Sosok yang Kontroversi

Diego Armando Maradona tidak hanya populer karena gaya dribbling-nya yang memukau. Namun lebih jauh dari itu, si pemain juga tergolong kontroversial. Bahkan sempat menjadi pemicu perkelahian ekstrim ketika masih berbaju Barcelona. Pemain eks Napoli ini, juga pernah menembakkan senapan angin kepada wartawan yang mewawancarainya. Belum lagi kasus doping dan lain sebagainya.

Saking kontroversial-nya, kematian si pemain pun menjadi sorotan. Bahkan memunculkan beberapa pandangan terkait penyebabnya. Ada yang mengatakan karena gangguan kardiovaskuler, tetapi juga ada yang menyebutkan penyebabnya adalah over dosis. Namun, yang santer beredar sang maestro menghembuskan napas terakhirnya karena serangan jantung.

Apa pun penyebabnya, Diego Armando Maradona tetap meninggal dunia. Pemain yang banyak mendapatkan gelar bergengsi secara pribadi ini ternyata gagal di tim nasional. Bersama Argentina, dia hanya mampu menyumbang satu trophy World Cup 1986. Sedangkan lawan yang dikalahkan adalah Inggris yang bertindak sebagai tuan rumah. Di pertandingan ini, nama Maradona mulai terdengar.

Itulah sekelumit dinamika yang populer dari Maradona. Anda telah mengetahuinya, baik gaya permainan, wajah dan tubuh serta cara menggoreng bola yang luar biasa. Pasti Anda akan merasa kalau masih belum ada pemain sederajat dengannya. Sekalipun Lionel Messi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya