by

Apa Itu Twisties Dalam Dunia Pesenam Serta Mengapa Bisa Mengancam Nyawa Seseorang?

Sobat LintasHaba, kembali lagi nih dengan bahasan terkait Olimpiade Tokyo 2020. Nah, sebelumnnya kita pernah membahas mulai dari fakta menarik hingga deretan fakta perjuangan oleh seorang atlet. Berbeda dari sebelumnya, bahasan kali ini berkaitan dengan ilmu psikologi loh yaitu, twisties. Jadi, jangan sampai ketinggalan dengan bahasan seputar Twisties ya!

Okay langsung saja, istilah twisties bermula dari sebuah interview oleh seorang atlet senam bernama Simone Biles asal Amerika Serikat. Hal ini dilakukan ketika ia mundur dari final olimpiade Tokyo 2020, yang disebabkanoleh gangguan psikologis yang dideritanya. Simone Biles mendeskripsikan keadaannya sebagai “having a little bit of the Twisties”.

Bagi dunia senam, istilah ini mungkin terdengar tak asing lagi tetapi di luar dari hal ini terutama publik, masih bertanya-tanya tentang apa itu Twisties. 

Jadi, yuk simak bahasan tentang apa itu Twisties yang sempat dialami Simone Biles hingga mundur dari final Olimpiade Tokyo 2020. Check it out!

Sebenarnya, Apa Itu Twisties?

“having a little bit of the twisties”, bagi pelaku olahraga gimnastik tentu pernyataan kalimat ini sudah cukup menggambarkan tentang bagaimana gentingnya kondisi yang dihadapi. Nah, berdasarkan laporan dari BBC (salah satu media massa di Amerika Serikat), istilah Twisties ini sering digunakan untuk mendeskripsikan suatu kondisi mental blok. 

Hal ini terjadi tanpa bisa diprediksi oleh siapa pun dan bisa muncul secara tiba-tiba. Secara mengejutkan, seorang pesenam mungkin mendadak kehilangan kendali atas permainan atau kemampuan yang ia miliki.

Tak hanya sampai di sini saja, seorang pesenam mungkin juga akan kehilangan rasa, ruang dan dimensi ketika ia berada di udara. Yang pada akhirnya akan menyebabkan seseorang kehilangan kendali atas tubuhnya.

Kasus terburuknya, mungkin seseorang akan melakukan putaran atau flip ekstra yang tidak mereka inginkan ketika di udara, dan secara tiba-tiba tidak dapat mendarat dalam keadaan aman, sehingga Twisties ini mampu mengancam keselamatan mereka.

Dan Twisties ini tidak membedakan setiap orang, jadi tidak lah terasa aneh jika seorang pesenam dengan pengalaman manuver selama bertahun-tahun, hingga telah terbiasa dengan gerakan itu tetapi secara tiba-tiba malah mengalami Twisties.

Lalu, Apa yang Terjadi dengan Simone Biles? 

Kisah Simone Biles ini dimulai ketika ia tampak mengalami disorientasi, pada saat melakukan lompatan dan tersandung ketika ia hendak mendarat, saat mewakili anggota tim senam Amerika Serikat kala itu. Dari kejadian itulah, Simone Biles memutuskan untuk keluar dari pertandingan final Olimpiade Tokyo 2020 dalam cabang olahraga senam gimnastik.

Oleh sebab itu, pengunduran dirinya menjadi hal yang dianggap penting sekaligus menyentuh hati, terutama oleh pelaku dunia gimnastik yang pernah mengalaminya sendiri, atau setidaknya bersimpati dengan hal yang sedang dirasakan oleh Simone Biles. 

Seorang mantan pesenam bernama Christina Myers, yang sekarang menjadi pelatih di Birmingham, Alabama menjelaskan Twisties yang seolah seperti otak dan tubuh seseorang itu tidak sinkron.

Ia menyampaikan, bahwa Twisties yang dialami Simone Biles ini diibaratkan sebagai terjun payung dan saat itu parasut tidak bisa dibuka.

Christina berpendapat bahwa menurutnya itu lebih terasa seperti otak yang tidak menginginkan apapun, selain melakukan keterampilan (gerakan) dengan benar, tetapi secara tiba-tiba tubuh merasa seperti memiliki pikirannya sendiri.

Dan kondisi inilah yang dikatakan dapat tergolong dalam gangguan psikologis, sehingga semakin keras seseorang berusaha memaksa dirinya maka Twisties akan kembali menyerangnya atau bahkan akan lebih buruk. 

Sebagai generasi pesenam yang memiliki banyak pengalaman, Christina menyampaikan jika sakit mental tidak dilihat atau dianggap sebagai alasan yang sah untuk istirahat dari olahraga. Karena itu, saat itu masih banyak para pesenam yang memaksa dirinya untuk bertahan dengan terus bertanding, namun siapa sangka hal ini malah menyebabkan cedera dan terpaksa mengakhiri kariernya. 

Mantan pesenam lainnya, Catherine Burns juga menyampaikan pendapatnya melalui cuitan twitter, ia mencoba membandingkannya dengan berada di jalan raya dan tiba-tiba kehilangan ingatan otot tentang cara mengemudi.

Catherine mengatakan bahwa kamu bergerak terlalu cepat lalu merasa kehilangan kendali, kamu mencoba berpikir tetapi kamu tahu kamu biasanya tidak harus berpikir untuk melakukan manuver ini, kamu hanya merasakannya dan melakukannya.’ Ujar Catherine melalui di akun Twitter pribadi miliknya

Pernah dialami banyak atlet senam lainnya

Simone Biles bukan satu-satunya atlet olimpiade yang pernah mengalami momen Twisties ini loh Sob! Pesenam berkewarganegaraan Inggris yaitu Claudia Fragapane, juga pernah merasakan momen buruk Twisties kala ia berkompetisi di Olimpiade Rio 2016.

Claudia Fragapane tanpa sadar telah jatuh di palang yang tidak rata dan balok keseimbangan saat babak kualifikasi dari kompetisi yang diikuti. Kemudian, pada bulan April 2021 Claudia kembali jatuh setelah mengalami mental blok. Sehingga menderita cedera kepala dan dinyatakan gagal untuk melanjutkan kualifikasi dalam olimpiade.

Saat itu, Claudia menyampaikan bahwa suasana hatinya benar-benar sedang naik turun. Dari lubuk hati terdalamnya, Claudia sebenarnya mengetahui bahwa momen itu bisa saja menjadi kesempatan terakhir untuknya, dalam mengikuti kualifikasi pesta olahraga terbesar dunia ini. Sehingga, ketika di berada di tengah kompetisi dan menyadari bahwa ia telah membuat beberapa kesalahan.

Claudia merasa sangat khawatir dan cemas dengan performa selanjutnya. Alhasil, ia berpikir harus memberikan segala hal yang terbaik untuk karya terakhirnya.

Dengan berbagai tekanan mental yang dirasakan Claudia. Alih-alih melakukan jungkir balik tunggal, ternyata dia mendapati dirinya atau tubuhnya mencoba untuk melakukan gerakan double dari slow run up. Hasilnya cukup mengerikan, dengan ia mendarat di kepala serta lehernya. Sehingga, Claudia harus dirawat di rumah sakit karena gegar otak yang dialaminua. Fakta yang sebenarnya terjadi, adalah bahwa ia bisa saja mengalami kelumpuhan karena cedera yang dideritanya.

Itulah tadi berbagai penggalan kisah dari dunia atlet pesenam tentang pengalaman dan pendapatnya mengenai topik Apa Itu Twisties. Jadi, meski tampak sepele bagi orang-orang non-pesenam tetapi nyatanya Twisties ini dapat mengancam nyawa seorang atlet pesenam. Sampai jumpa di bahasan lainnya!

Baca Juga  6 Olahraga Paling Murah yang Aman Lagi Menyehatkan

Comment

Artikel Terkait