oleh

Alternatif Kegiatan Favorit, Coba 10 Workout yang Digandrungi Generasi Milenial Ini yuk!

Workout apa yang akhir-akhir suka kamu lakukan? Atau… jangan-jangan kamu sudah lupa kapan terakhir kali melakukan workout? Padahal, workout perlu dijadikan sebagai aktivitas rutin sehari-hari, atau setidaknya aktivitas mingguan, loh. Mengapa? Karena dengan melakukan workout artinya kamu peduli pada kebugaran tubuhmu.

Jika alasanmu malas melakukan workout karena bosan dengan jenisnya yang itu-itu saja, cobalah cermati 10 jenis workout yang digandrungi generasi milenial ini. Jika kamu tidak termasuk sebagai generasi milenal, tidak apa-apa. Siapa pun boleh melakukan workut yang menantang ini.

1. Body Combat

Body combat adalah jenis latihan kebugaran kardio, yang gerakannya merupakan kombinasi dari berbagai teknik bela diri di seluruh dunia, seperti karate dan muay thai. Namun, dalam body combat kamu tidak berhadapan dengan lawan tanding (sparing partner), melainkan melakukan serangkaian gerak teknik bela diri seperti menendang dan meninju sambil diiringi musik. Penggemar body combat tidak hanya lelaki, tetapi juga perempuan karena dapat dengan cepat membakar lemak dan kalori.

 2. Parkour

Olahraga parkour termasuk jenis olahraga yang cukup ekstrem. Beberapa jenis gerakan yang digunakan dalam parkour, seperti berlari, memanjat, dan meloncat, dilakukan dengan cepat dan efisien.

Tujuannya adalah melatih kemampuan seseorang melewati berbagai rintangan di berbagai kondisi lingkungan urban. Gerakan dalam parkour harus dilakukan dengan benar agar ketika melompati pagar atau rumah, kamu tidak perlu khawatir mengalami cedera atau patah tulang. 

3. Zumba

penari menari di studio menari - zumba potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Zumba adalah olahraga jenis aerobik karena sebagian besar gerakannya menggunakan gerakan aerobik. Zumba semakin banyak digemari karena beragam keunggulan yang dimilikinya, seperti mampu membakar dan mengencangkan otot, selain menyenangkan untuk dilakukan berkat adanya iringan musik bernada menyenangkan.

Baca Juga  8 Tips Trekking yang Aman untuk Pemula

Adanya iringan musik dapat meningkatkan produksi hormon endorfin di dalam tubuh, sehingga tubuh lebih enerjik dan mampu membakar banyak kalori dalam tubuh. Dengan melakukan zumba selama satu jam, kalori tubuh akan terbakar sebanyak 360-532 kalori.

4. Crossfit

Banyak yang menganggap gerakan dalam crossfit cukup berat. Alasannya karena semua latihan crossfit didasarkan pada gerakan senam, angkat beban, berjalan, mendayung, dan sebagainya Jika kamu tertarik dengan workout ini, kamu dapat mencobanya dari gerakan paling sederhana terlebih dahulu, seperti push up dengan menggunakan barbel. Dua manfaat dari olahraga crossfit adalah dapat menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan stamina pada tubuh.

5. Pound Fit

Pound fit merupakan jenis olahraga yang menggunakan metode menabuh drum yang menggabungkan gerakan yoga, pilates, serta latihan kekuatan. Olahraga ini pertama kali diciptakan oleh Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom.

Mereka adalah mantan penabuh drum di California. Pound fit merupakan salah satu workout yang digandrungi generasi millenial karena memiliki banyak manfaat seperti menguatkan otot, menurunkan berat badan, dan menurunkan tingkat stres.

 6. Obstacle Run

Obstacle run adalah jenis workout yang berasal dari latihan fisik militer, seperti melompat dan memanjat menggunakan tali. Dalam olahraga ketangkasan militer, obstacle run lazim diperlombakan dalam acara ketanglasan militer. Tujuan utama dari obstacle run adalah melatih kekuatan otot tubuh. Metode yang digunakan sebenarnya sangat sederhana, yaitu menggunakan berbagai bentuk peralatan seperti kuda pelana dan palang kayu untuk melompati pagar rumah atau melewati selokan.

7. Running

Bagi kebanyakan generasi milenial, olahraga dapat berfungsi sebagai media untuk berinteraksi selain untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak mengerankan jika running kemudian menjadi salah satu macam workout yang digandrungi generasi milenial.

Baca Juga  Ternyata Inilah 6 Kondisi Medis Penyebab Kematian Nokturnal

Walaupun kerap disebut sebagai jenis olahraga yang paling mudah, olahraga lari atau running tetap harus dilakukan dengan tepat. Dengan demikian, manfaat lari dapat didapatkan secara maksimal, serta risiko terjadinya cedera dan lelah dapat diminimalkan.

Jika kamu sudah lama tidak berolahraga dan ingin kembali aktif, lakukan dahuiulu kegiatan berjalan kaki. Setelah berjalan kaki selama 30 menit, kamu dapat meningkatkan kecepatan.

8. TRX Training

Pada awalnya. TRX training dirancang bagi tentara militer Amerika Serikat yang membutuhkan olahraga dalam ruangan sempit. Olahraga ini memanfaatkan berat tubuhmu sendiri untuk membangun massa otot. Alat yang dibutuhkan dalam sesi latihannya adalah menggunakan seutas tali khusus.

Olahraga TRX (total body resistance) training sangat mengandalkan bobot tubuh yang bertumpu pada tali yang terjulur dari langit-langit. Menurut para ahli, melakukan TRX training selama satu jam dapat membakar kalori kurang lebih 350-550 kalori.

9. Pilates

Pilates pada awalnya adalah metode pemulihan cedera bagi para penari. Seiring berjalannya waktu, pilates berkembang menjadi latihan fisik yang mampu membantu menciptakan kekuatan, fleksibilitas, dan kualitas gerakan tertentu melalui keseimbangan otot yang terpusat. Gerakan pilates cukup sederhana, yaitu hanya dengan melakukan beberapa gerakan di atas matras, tetapi cukup mampu melatih keseimbangan tubuh seseorang.

10. Acroyoga

Acroyoga adalah jenis olahraga yang menggabungkan gerakan akrobat dan yoga, dengan menitikberatkan pada keseimbangan dan koneksi. Berbeda dari jenis yoga pada umumnya yang gerakannya dilakukan secara individual, workout ini dilakukan secara berpasangan ataupun beramai-ramai. Gerakan khasnya adalah mengangkat tubuh pasangan latihan menggunakan kaki. Acroyoga sangat baik dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Itulah 10 jenis workout yang digandrungi generasi milenial. Jika kamu tertarik melakukannya, pilihlah yang sesuai dengan kondisi tubuhmu. Jangan hanya karena ingin terlihat keren, lantas kamu memaksakan suatu jenis workout tertentu untuk kamu lakukan. Pada intinya, tidak ada kata terlambat bagi siapa pun yang ingin memulai hidup sehat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publikasi Terkait Lainnya