by

8 Manfaat Berlatih Pencak Silat Terkait Fisik dan Mental

Ada banyak manfaat berlatih pencak silat yang perlu diketahui pembaca. Namun, tidak satupun yang terkait dengan ajaran untuk suka berkelahi. Kalau ada yang berlatih hanya untuk tujuan ini, maka dia tidak akan mendapatkan hasil apa-apa, kecuali mara bahaya yang sedang mengancam.

Bagi siapapun yang ingin berlatih pencak silat, perbaiki niat dan tujuannya terlebih dahulu. Jangan sampai latihan diperuntukkan hal-hal yang negatif. Apalagi untuk berbuat kriminal yang merugikan diri dan orang lain. Jika niat sudah bagus, yuk baca manfaat berlatih olahraga pencak silat berikut ini:

1. Badan Menjadi Bugar

Pencak silat merupakan olahraga yang bisa membuat tubuh bugar. Sebab di dalamnya terdapat gerakan badan yang dilakukan secara intensif dan terstruktur. Semakin rajin berlatih, kebugaran juga semakin bagus. Bahkan, akan terhindar dari penyakit-penyakit ringan seperti masuk angin dan flu.

Badan bugar merupakan manfaat utama berlatih pencak silat. Maka dari itu, yang ikut latihan bukan anak muda saja, melainkan juga orang dewasa. Tentunya, kematangan jurus bukan tujuan. Apalagi sampai berniat untuk bisa tampil di kejuaraan, karena yang penting asal tubuh sehat saja.

2. Meningkatkan Kekuatan Otot

Orang yang rutin berlatih pencak silat, kekuatan ototnya pasti bagus. Karena ini program pertama sebelum masuk ke latihan jurus dan teknik. Latihan kuda-kuda dipenuhi drill terhadap hal tersebut. Terutama otot-otot bagian bawah seperti paha, betis dan kaki. Jangan harap naik kelas, kalau kuda-kudanya masih belum mapan.

Jika otot sudah kuat, latihan-latihan berikutnya akan jauh lebih mudah. Bahkan sudah layak dikenalkan jurus hingga teknik penguncian serangan. Namun untuk mencapainya, dibutuhkan waktu yang lama. Bahkan harus latihan selama bertahun-tahun. Maka dari itu, latihan pencak silat tidak akan berhasil tanpa kesabaran yang tinggi.

Baca Juga  Bisa Membawa Kegagalan, Ini 6 Sikap yang Harus Dihindari Saat Interview!
3. Sebagai Dasar Membela Diri

Sebagai dasar membela diri bukan manfaat pencak silat yang utama. Bahkan, sebisa mungkin jurus dan teknik yang dikuasai tidak boleh dikeluarkan dengan alasan apapun. Kecuali dalam keadaan darurat, yang tidak memungkinkan untuk menghindar dari perkelahian. Bukan dalam rangka mencari lawan.

Artinya, jurus silat boleh digunakan asalkan untuk membela diri. Namun tetap dalam rangka keterpaksaan. Jika ada kesempatan untuk menghindar lebih baik tinggalkan. Justru inilah yang dimaksud pemenang sejati, apalagi kalau sampai berhasil mengendalikan amarah.

4. Mengetahui Cara Mengolah Pernapasan

Di dalam pencak silat dibelajarkan olah pernapasan yang bagus. Ini materi penting karena ikut menunjang kesehatan jasmani. Ternyata, kalangan lansia juga banyak yang ikut berlatih. Terbukti, usia mereka cukup panjang dan sehat. Namun pastinya, hanya belajar pernafasan saja bukan yang lain.

Anak muda lebih direkomendasikan untuk berlatih pencak silat supaya memiliki teknik pernapasan yang baik. Sehingga, pikiran juga nyaman dan tidak gegabah ketika dihadapkan pada masalah. Ini juga manfaat yang cukup bagus. Maka dari itu, berlatihlah sekarang juga.

5. Gerakan Tubuh Lebih Lentur

Ada yang mengatakan, pencak silat merupakan gabungan antara tari dengan olahraga. Itu artinya, ada keluwesan di dalam gerakan. Kalau dilatih terus menerus, tubuh pun lebih lentur sekalipun berpostur kekar dengan otot yang kuat. Tak hanya itu, pergerakan juga lebih lincah dan tangkas.

Orang yang mampu bergerak dengan lincah, berarti ada keaktifan di dalam dirinya. Mereka juga tergolong cekatan ketika beraktivitas. Tentu hasilnya lebih bagus daripada yang memiliki gerakan kaku dan berat. Ini bisa ditemukan di pencak silat. Karena di sana juga dipelajari teknik mengelak dan menghindar.

Baca Juga  Mengenal Tentang ‘The Golden Cyrcle’ untuk Mahasiswa
6. Melatih Konsentrasi dan Titik Fokus

Orang yang sedang berlatih pencak silat, sejatinya diajari cara berkonsentrasi yang bagus karena dia harus melihat titik fokus anggota badan tertentu. Jadi, penglihatan tidak diarahkan pada seluruh gerakan lawan. Pasalnya, di sana masih ada tipuan serta di sisi lain memang variasi serangan.

Semakin sering melihat titik fokus, tentu konsentrasi akan semakin bagus. Ini berguna bagi si pesilat. Pasalnya, setiap kegiatan akan dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Ini berlaku untuk seluruhnya baik yang terkait dengan pertarungan maupun aktivitas yang lain. Pekerjaan serumit apapun mampu dia selesaikan dengan cepat dan akurat.

7. Mampu Menjaga Emosi

Manfaat berlatih pencak silat yang berikutnya ialah mampu menjaga emosi. Seharusnya memang demikian. Kalau ada pesilat yang masih temperamental, berarti latihannya masih belum maksimal. Apalagi yang selalu menggunakan jurus untuk menghardik orang.

Di medan laga saja, pesilat mampu menjaga emosi, apalagi di jalanan. Tentu lebih mudah lagi bukan justru mengajak orang untuk berkelahi. Bukan tidak mungkin, pendekar dengan sabuk tinggi, akan menghindar kalau dihadapkan pada peristiwa tersebut. Kecuali memang sedang terdesak dan kondisi darurat.

8. Memiliki Postur yang Ideal

Orang yang suka berlatih pencak silat biasanya memiliki postur yang ideal. Sekalipun ukuran badan tidak terlalu tinggi, tetapi perawakan tidak mungkin gemuk. Bahkan penampilan terlihat kokoh dan berwibawa. Seakan tidak ada lemak yang menempel di bawah kulit. Hal ini disebabkan oleh latihan fisik yang konsisten.

Pesilat yang sekaligus nge-gym, bentuk tubuhnya jauh lebih bagus lagi. Bahkan tampilannya lebih menarik dan gagah. Sebab itu, di setiap latihan silat selalu ada aktivitas ini. Selain untuk memperkuat pukulan dan tendangan juga untuk membentuk badan. Jika tidak ada, biasanya pesilat mencari gerai fitnes berbayar yang terdekat.

Baca Juga  Ada yang Baru Nih! Rekomendasi HP 5G Terbaik 2021

Jika membaca manfaat berlatih pencak silat di atas, berarti olahraga ini penting untuk dilakukan. Untuk itu, para orang tua harus mengizinkan jika anaknya ingin melakukannya. Walaupun demikian, harus dipastikan terlebih dahulu niatnya berlatih. Jika hanya untuk gagah-gagahan, lebih baik tidak diperbolehkan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya