by

7 Tempat Snorkeling Terbaik di Indonesia yang Patut Kita Syukuri

Kegiatan snorkeling adalah kegiatan olahraga air yang umum dilakukan untuk mendapati sensasi alam di perairan bawah laut. Melakukan snorkeling lebih paripurna jika dilakukan di tempat-tempat yang tepat. Maka dari itu, inilah dia tempat snorkeling terbaik yang bisa kamu dapati di Indonesia.

1. Pulau Waigeo di Raja Ampat


Pulau Waigeo adalah salah satu pulau terbaik Indonesia yang terletak di bagian Timur Nusantara, bertepatan di wilayah Papua Barat. Bagi seorang penikmat snorkeling, pulau Waigeo merupakan sasaran tepat yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menikmati keindahan alam, di bawah permukaan air yang dingin dan juga segar.

Panorama yang ditawarkan di pulau Waigeo juga tidak main-main. Kemurnian karang dan variasi jenis ikan, menjadi hiburan istimewa yang pastinya akan disuguhkan.

2. Taman Nasional Wakatobi

Ingin meneropong keadaan mahkluk hidup di bawah air lewat kegiatan snorkeling, maka Taman Nasional Wakatobi adalah rekomendasi terbaik yang akan membuat seorang snorkeling, bisa bertemu dengan ikan-ikan cantik maupun bintang laut yang lucu.

Melakukan snorkeling di tempat ini, memberi kepastian tidak menyesal bagi para snorkeling. Yang ada para snorkeling justru akan berakhir di kata sangat memuaskan. Bagaimana tidak? Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu pulau yang mempunyai pulau khusus untuk para penyu.

Pulau ini pun telah diakui secara Internasional, hingga tidak heran mengapa para turis menggebu-gebu mengunjungi Taman Nasional Wakatobi. Jadi, bagi kamu yang ingin melakukan kegiatan snorkeling dalam waktu dekat ini, cobalah pergi ke Taman Nasional Wakatobi, karena disini kamu akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda, antara ikan dan terumbu karang serta penyu-penyu yang beribu.

3. Taman Laut Bunaken

Memiliki luas sekitar 75.265 hektar, Taman Laut Bunaken memiliki sebuatan sebagai surga snorkeling dan diving. Keistimewaan Taman Laut Bunaken ada pada jenis terumbu karang dan bermacam sepesies hewan laut yang ada di dalamnya.

Baca Juga  5 Istilah di Dalam Olahraga Voli yang Harus diketahui

Bagi para snorkeling yang lupa membawa kamera ketika melakukan kegiatan snorkeling di Taman Laut Bunaken, maka para snorkeling bisa  mengandalkan jasa penyewaan kamera laut, yang bisa kamu gunakan untuk mengabadikan momen keseruan di bawah air.

Begitu juga kalau lupa mempersiapkan perlengkapan snorkeling. Taman Laut Bunaken siap melengkapi kebutuhan kamu dan pastinya oke banget, sebagai sasaran empuk untuk melakukan kegiatan snorkeling.

4. Pulau Karimunjawa

Pulau Karimunjawa, ialah pulau mengesankan yang terletak di wilayah Jawa Tengah. Disebut juga sebagai Taman Nasional, Pulau Karimunjawa menjadi salah satu pulau yang mengkoleksi ratusan spesies biota laut, serta aneka jenis terumbu karang yang wajib sekali para snorkeling kenali.

Selain cocok sebagai tempat memuaskan hasrat snorkeling, Pulau Karimunjawa bisa dijadikan sebagai tempat tembakan kedua untuk kegiatan diving juga loh.

Jadi nggak usah ragu kalau memilih Pulau Karimunjawa. Oh iya, di Pulau Karimunjawa juga ada beberapa tempat spot foto yang memesona, tempat ini bisa dipilih secara bebas oleh para snorkeling.

Adapun tempat-tempat yang dimaksud ialah Pulau Menjangan Kecil, Pulau Cemara Kecil, Pulau Tengah serta Pulau Kecil. Bagi kamu yang sedikit bingung pada tempat-tempat spot di atas, gunakan saja jasa tour. Menggunakan jasa tour akan menghadirkan keseruan yang lebih menyenangkan, dan menghantarkan kamu pada tujuan yang kamu inginkan.

5. Pulau Komodo

Tempat memukau selanjutnya yang sangat baik disinggahi para snorkeling ialah Pulau Komodo. Di Pulau Komodo, ekosistem alam perairannya benar-benar masih alami. Bahkan keindahan alam di Pulau Komodo pun sangat menakjubkan. Sehingga rasa bosan tidak akan terlintas sedikitpun dalam benak pikiran kamu.

Terlebih keadaan terumbu karang dan variasi ikan yang ada, membuat para snorkeling ingin berlama-lama di dalam air. Di sisi lain, para snorkeling juga bisa melanjutkan keseruan dengan melihat hewan endemik yang ada di Pulau ini. Tak lain ialah Komodo, spesies hewan langka dan tergolong purba.

Baca Juga  Yuk Intip Masjid Terindah di Dunia yang Sangat Megah dan Mempesona
6. Pulau Menjangan Bali

Bali merupakan sebuah destinasi wisata yang sangat mencolok di Indonesia. Hamparan pasir putih yang indah, ditambah dengan pemandangan sunrise juga sunset yang menggoda, menjadikan Bali ramai dikunjungi hampir disetiap harinya.

Keindahan tempat lain yang ada pada Bali terdapat di Pulau Menjangan. Pulau Menjangan adalah pulau yang sering digunakan sebagai tempat dalam kegiatan snorkeling maupun diving. Berlimpahnya aneka ragam hayati laut di Pulau Menjangan, membuat Pulau ini laris sekali dikunjungi oleh para snorkeling. Terlebih lagi terumbu karangnya yang berbaris membentuk beragam formasi, menambah nilai plus akan indahnya Pulau Menjangan.

7. Gili Labak, Jawa Timur

Melakukan kegiatan snorkeling di Gili Labak, memberi peluang hemat yang cukup menyenangkan dibanding tempat-tempat lainnya. Meski ramah kantong, tempat ini tetap tertata indah seperti tempat-tempat lainnya.  Lautnya yang biru, sudah pasti akan memanjakan mata bagi mereka yang menikmatinya.

Kira-kira sobat Lintashaba sudah tahu tidak, alasan kenapa Pulau Bilik ini dikatakan terjangkau? Nah, jadi, total pengeluaran yang akan snorkeling keluarkan untuk menikmati keindahan alam Gilik hanya berkisar Rp 500-600 ribuan saja. Harga tersebut sudah mencakup sewa perahu, sewa supir dan peralatan diving dalam seharian.

Kapasitas perahu nelayannya juga cukup banyak, tak lain sekitar 10 sampai dengan 15 orang. Jadi kalau dihitung-hitung, benar-benar irit dan hemat dompet banget. Namun jika mau yang individu, para snorkeling bisa mengambil jalur mandiri, yang akan dikenakan Rp 100-200 ribu per orang. Pokoknya sesuaikan saja pada kebutuhan yang kamu butuhkan.

Sungguh, kita sudah sepatutnya bersyukur kepada Sang Pencipta, yang telah memberi keindahan yang cukup istimewa bagi Indonesia. Terlebih pada banyaknya tempat snorkeling terbaik, yang kian berderet di tanah air ini.

Comment

Artikel Terkait